-->

Penjelasan Mengenai Jenis-Jenis Sastra Secara Lengkap

Penjelasan Mengenai Jenis-Jenis Sastra - Sastra merupakan kata serapan dari Bahasa Sansekerta, “Shastra”, yang berarti teks yang mangandung isyarat, pedoman, ajaran. menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI), sasatra adalah karya tulis yang apabila dibandingkan dengan karya tulis lainnya mempunyai ciri khas, keunggulan, keindahan, keaslian dalam kontent yang mencakup gaya bahasa yang digunakan. Para hebat pun banyak yang telah mendeskripsikan makna sastra supaya simpel dipahami. menurut M. Esten, sastra merupakan suatu karya imaginatif yang diungkapkan melalui bahasa yang khas serta memiliki nilai positf terhadap kehidupan insan. Sedangkan berdasarkan Sudjiman sastra adalah sebuah karya verbal ataupun goresan pena yang memiliki nilai-nilai keindahan, dengan keaslian yang terkandung di dalamnya. Dengan demikian, sastra mampu dikatakan segala sesuatu baik lisan ataupun goresan pena yang mengandung nilai keindahan, seni, bersifat imajinatif serta kreativ seseorang dengan mempertahankan nilai originalitas serta artistik sebagai suatu keunggulan.

Yang termasuk sastra ialah:

- Novel, merupakan sastra tertulis yang dapat bercerta fiksi atau menuliskan pengalaman seseorang.
- Cerpen, seolah-olah novel, hanya saja lebih ringkas.
- Syair, berupa pantun, puisi, atau lirik yang menunjukan perasaan seseorang terhadap sesuatu.
- Lukisan, merupakan sastra dalam bentuk gambar.
- Drama, sastra seni kiprah yang mementasakan seni kiprah suatu dongeng mengenai tragedi, legenda, atau kehidupan sehari-hari.
- dan lain-lain

Sastra kian berkembang seiring kemajuan Cara berpikir manusia. sejarah menuliskan perkembangan seni sastra dari kala ke kurun. Menurut Aristoteles, seni sastra mampu dibedakan menjadi beberapa macam, beliau membagi sastra menjadi dua macam:

1. sastra kisah, merupakan kelompok sastra yang menceritakan sesuatu tapa adanya unsur-unsur lakon di dalamnya dengan demikian, jarang ditemukan dialog di dalamnya. Disebut juga sastra naratif.

2. sastra drama, kebalikan dari sastra cerita, dalam sastra drama akan lebih didominasi dengan dialog-dialog. Dalam sastra drama, kisah dibawakan dalam bentuk seni peran yang dimainkan oleh lebih dari dua orang dengan dialog masing-masing.  Meski demikian, terdapat seni lakon tanpa teks, yaitu pantonim, yang mengandalkan gerak mimik wajah. Meski demikian, penonton akan mengerti akan cerita yang dibawakan melalui gerak mimik yang terang.

Advertisement
Macam-macam sastra yang berkembang dibedakan menjadi tiga golongan:

1. Sastra naratif

Sastra naratif merupakan sastra yang mengisahkan bencana, sejarah yang Tutorial penyampaiannya hanya sekedar dongeng, tidak bersifat obrolan.  Sastra naratif dalam dijumpai dalam bentuk novel, cerpen, lirik, prosa.

2. Sastra dramatik

Merupakan teks yang bersifat dialog yang mengungkapkan sebuah kisah melalui rangkaian kronologis dengan alur tertentu. Sastra ini misalnya film, drama, dan lain-lain.

Drama merupakan karya sastra berbentuk lakon- lakon yang menceritakan suatu kisah kehidupan.

3. Sastra poetik

Atau sastra puisi merupakan jenis sastra yang ersifat monolog denga tidak memperhatikan alur namun lebih memperhatikan tekbik penulisan serta penggunaaan bahasa yang sering menggunakan bahasa kiasan untuk mengatakan suatu maksud. contohnya ialah puisi.

Sastra dibedakan menjadi beberapa macam bila dilihat dari isinya:

1. Epik, merupakan bentuk sastra karangan yang melukiskan sesuatu secara objektif dengan tidak melibatkan pikiran, perasaan, ataupun emosi jiwa eksklusif dari si pengarang.
2. Lirik, bentuk sastra yang merupakan buah pikiran dari si pengarang yang dipengaruhi emosi jiwa, dipadupadankan dengan irama untuk memerkuat makna dan membangkitkan emosi pendengat.
3. Didaktif,merupakan bentuk sastra yang berisi pesan- pesan adab, bertujuan untuk mendidik serta memberikan nilai-nilai kebaikan dalam kehidupan.
4. Drama, karya sastra yang mengungkapkan suatu peristiwa yang dikembangkan sedemikian rupa seolah-olah terdengar sangat hebat.

Sedangkan apabila dilihat dari sejarahnya, sastra terbagi menjadi tiga pecahan:

1. Sastra lama,
2. Sasra peralihan
3. Sastra modern

0 Response to "Penjelasan Mengenai Jenis-Jenis Sastra Secara Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel