-->

5 contoh Paragraf Deduktif wacana Kesehatan

5 referensi Paragraf Deduktif perihal Kesehatan - Paragraf deduktif yaitu paragraf yang gagasan utamanya terletak di kalimat utama pada awal paragraf yang isinya mengemukakan topik-topik utama dan selanjutnya diikuti oleh kalimat-kalimat penjelas.

 

5 contoh Paragraf Deduktif


Paragraf 1

Junk food atau disebut juga dengan makanan sampah sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Junk food sangat tidak sehat karena proses pengolahannya yang tidak baik. hidanganrut pakar kesehatan, kuliner yang digoreng memiliki kandungan gula dan garam yang banyak. Bahkan kuliner – kuliner ini mengandung kolesterol yang sangat tinggi yang akan membahayakan kesehatan. contohnya pada makanan burger yang terlihat seakan-akan makanan sehat memiliki kalori lebih dari 1.200 kalori. Kalori-kalori tersebut mampu mengendap di dalam darah dan membuat darah tersumbat sehingga akan mengakibatkan penyakit jantung coroner bahkan stroke. kalau kuliner ini terus – menerus dikonsumsi, maka tubuh kita akan semakin rentan terkena penyakit – penyakit tersebut.

Paragraf 2

Kesehatan merupakan suatu hal yang paling berharga di dunia ini. Tanpa kesehatan, manusia akan sangat kesulitan. Meskipun kita memiliki uang yang sangat banyak, semua itu tidak ada gunanya bila kita sedang sakit. Bahkan orang – orang rela untuk menukar segala harta benda yang dimilikinya agar menjadi sehat kembali. Kesehatan menjadi sangat berharg karena biayanya yang mahal. Bahkan muncul jargon – jargon nyeleneh di masyarakat seakan-akan “sehat itu mahal”, “orang miskin dilarang sakit”, dan lain – lain. Meskipun pemerintah telah mengadakan aktivitas BPJS, Askes, dan lain – lain, tetap saja tidak bisa membuat kesehatan menjadi murah. Hal ini sangatlah masuk kebijaksanaan karena harga obat – obatan yang beredar sangatlah mahal, dan juga biaya untuk menjadi seorang dokter atau perawat amat sangat mahal. Semua biaya - biaya tersebut pada karenanya dibebankan kepada pasien sehingga biaya pengobatan menjadi sangat mahal.

Advertisement
Paragraf 3

Olahraga yang teratur ialah Tutorial yang paling baik dan murah dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Tubuh yang tetap bergerak akan menghasilkan energi yang cukup hasil dari pembakaran atau oksidasi kuliner yang ada di dalam tubuh. Energi ini akan digunakan untuk hidangannjang aktifitas kita sehari – hari. Selain menghasilkan energy, proses pembakaran tersebut juga akan menghasilkan glukosa yang merupakan cadangan energy. Glukosa ini akan disimpan dalam bentuk otot sehingga tubuh kita akan menjadi proposioanal. Disamping menghasilkan energi dan membentuk massa otot, olahraga juga mampu membakara lemak yang hidanganmpuk di tubuh sehingga tubuh kita akan mempunyai berat badan yang proposional. Namun, berolahragalah dengan teratur dan jangan hingga berlebihan lantaran malah akan merusak tubuh kita.

Paragraf 4

Buah alpukat yaitu buah yang sangat baik untuk kesehatan, terutama untuk acara diet. Buah yang berasal dari Amerika latin ini sangat cocok untuk sajian diet bagi orang yang ingin menghilangkan berat tubuh. Hal ini dikarenakan buah ini banyak mengandung nutrisi penting seperti  protein, karbohidrat, vitamin C, vitamin A  dan lemak. Nutrisi – nutrisi tersebut sangat diharapkan selama menjalani diet. Mengkonsumsi buah alpukat juga mampu menciptakan kita tidak lapar dalam waktu yang lama lantaran buah ini mempunyai serat yang banyak dan lemak yang baik. Lemak baik inilah yang akan memberikan cadangan kuliner dan serat inilah yang akan membuat tubuh kita kenyang dalam waktu yang lama. Selain kandungan – kandungan mineral di atas, buah ini juag mempunyai kandungan glukosa yang rendah dan menstabilkan gula darah. Orang – orang yang sedang diet tentunya menghindari konsumsi gula yang berlebih sehingga buah ini sangat cocok digunakan sebagai pengganti nasi. 

Paragraf 5

Sinar matahari sangat baik untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan sinar matahari akan memecah pro vitamin D yang ada di dalam tubuh menjadi vitamin D. Pro vitamin D perlu dirubah menjadi vitamin D supaya sanggup diserap oleh tubuh. Vitamin D inilah yang akan membantu pertumbuhan tulang dan gigi sehingga tulang dan gigi kita akan menjadi besar lengan berkuasa. Namun tidak semua sinar matahari baik bagi kesehatan, sinar matahari pagi antara jam 8 dan 9 lah yang baik lantaran tidak mengandung sinar ultar violet yang akan merusak kulit. Di samping harus terpapar sinar matahari, kita juga harus mengkonsumsi kuliner yang mengandung pro vitamin D seperti susu dan biji – bijian lantaran fungsi matahari hanyalah membantu proses pengubahannya saja.

0 Response to "5 contoh Paragraf Deduktif wacana Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel