-->

Pengertian, Tutorial menciptakan, dan acuan Surat Pernyataan

Pengertian, Tutorial membuat, dan pola Surat Pernyataan - Surat pernyataan ialah surat yang menyatakan ihwal kesanggupan melaksanakan sesuatu, dan sebaliknya bisa juga untuk menyatakan bahwa seseorang itu tdak pernah melaksanakan suatu hal. Surat pernyataan sanggup bersifat resmi dan eksklusif. Dalam surat penyataan resmi, sebelum ditandatangani, surat pernyataan diberi materai terlebih dahulu kemudian baru ditandatangani. Materai dalam surat pernyataan berungsi untuk menambah keabsahan berkas atau surat dan terikat aturan. Sehingga, apabila yang membuat surat melanggar surat pernyataan tersebut, maka pihak yang menerima surat tersebut mampu mengajukan pertanggungjawaban secara aturan kepada yang menciptakan pernyataaan tersebut. Surat pernyataan mampu dibuat sendiri, juga mampu dibuatkan oleh pihak ketiga.

Contoh surat pernyataan meliputi surat keterangan berkelakuan baik, surat pengalaman kerja, surat keterangan kerja, surat keterangan tidak sanggup, surat keterangan sehat, sehat keterangan bebas narkoba, dan lain-lain.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat pernyataan:

1. memilih surat pernyataan yang akan dibentuk

Banyak jenis surat keterangan. Tentunya hal ini diadaptasi dengan kepentingan dan keperluannya.

2. Menulis dengan baik dan benar,

Kita harus mengikuti aturan-aturan yang ada dalam menulis surat pernyataan. Ada surat pernyataan yang harus ditulis tangan, namun ada juga yang harus diketik. Dalam menulis surat pernyataan, gunakanlah bahasa yang baku dan tegas, tidak berbelit-belit dan pribadi pada pokok permasalahan yang dituju. Namun, jangan lupa untuk mencantumkan data diri sebagai yang menulis surat pernyataan sesuai dengan urutan yang ada. Tulislah tujuan surat pernyataan tersebut secara terang, siapa yang seharusnya menerima surat tersebut. 

Advertisement
4. Menulis dengan tulis tangan. 

Apabila surat tersebut diminta untuk ditulis tangan, maka kita harus memperhatikan bentuk goresan pena tangan kita. Menulislah dengan gesekan pena tangan yang rapi, bersih, dan terang sehingga surat itu simpel dibaca dan dipahami oleh yang menerimanya.

5. Tidak ambigu, terperinci, dan padat.

Mengapa kita dianjurkan untuk menciptakan tulisan yang bahasa nya mudah dipahami tidak berbelit-belit? lantaran untuk menghindari makna yang ambigu atau tidak jelas. Dengan begitu, kita bias menuliskan surat pernyataan secara padat dan terperinci.

Bagian-Bagian yang Menyusun Surat Pernyataan

Sususan penting yang terdapat dalam surat pernyataan dibagi menjadi tiga belahan, yaitu:

a. Judul surat pernyataan.
b. Inti surat pernyataan yang meliputi identitas, tujuan penulisan surat pernyataan, atau informasi wacana pihak lain apabila diharapkan sesuai dengan kepentingan dan tujuannya.
c. penutup surat pernyataan yang mencakup kalimat epilog surat dan ucapan terima kasih, kawasan dan tanggal dibuatnya surat, identitas yang menciptakan surat, nama terang, tanda tangan, keterangan lainnya seakan-akan nomor induk pegawai, jabatan, dan lain-lain.

Contoh Surat Pernyataan diri : 

SURAT PERNYATAAN KONTRAK KERJA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

N a m a :
Tempat dan tanggal lahir :
Agama :
Alamat :

Dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya, bahwa kami :

1. akan menjalankan kewajiban pekerjaan dengan sungguh-sungguh dan sebaik-baiknya;
2. akan menaati segala peraturan yang berlaku di kantor serta menjaga nama baik kantor dengan tidak melakukan hal-hal yang dapat mencoreng kantor, tidak menyebarkanberita tidak benar ihwal kantor;
3. akan merampungkan kurun kerja sesuai dengan berita yang tertera dalam berkas terlampir;
4. bersedia tidak menikah sampai abad kontrak kerja berakhir;
5. apabila melaksanakan pelanggaran dalam poin-poin diatas akan dikenakan denda atau hukuman sesuai dengan informasi dalam berkas terlampir.

Demikian pernyataan ini admin buat dengan sebenar-benarnya, dan saya bersedia dituntut secara hukum serta bersedia mendapat segala sanksi dan tindakan yang diambil oleh pihak kantor kalau dikemudian hari terdapat hal-hal yang tidak sesuai dengan yang admin tulis dalam surat ini.

                                                                   Bandung, ...... ......................... 2015
                                                                   Yang membuat pernyataan,

                                                                   (tanda tangan dan nama terang)
                                                                    .............................................

0 Response to "Pengertian, Tutorial menciptakan, dan acuan Surat Pernyataan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel