Contoh Percakapan Antara Guru dan Murid Di Kelas
Contoh Percakapan Antara Guru dan Murid Di Kelas - Pada artikel- artikel sebelumnya telah diberikan beberapa teladan percakapan yang terjadi antara dua atau lebih orang yang sedang membicarakan sesuatu. Pada kali ini akan diberikan pola percakapan yang terjadi antara guru dengan murid di kelas. Percakapan ini mampu melibatkan dua atau lebih orang, mengingatkondisi kelas yang beragam.perbincangan antara guru dengan murid di dalam kelas tentu tak jauh dari kepentingan ilmu pengetahuan. Berikut cuplikan dialog yang terjadi antara guru dan murid di dalam kelas.
Guru: oke murid- murid, adakah dari kalian yang belum mengerti mengenai bahan sel yang kita pelajari hari ini???
Semua murid melamun
Guru: Mengapa kalian hanya membisu??? saya anggap sudah mengerti. baiklah kalau begitu kita akan tes uji pemahaman, bila tidak ada yang ingin bertanya.
Murid gelisah, sampai pada kesannya, murid mengajukan pertanyaan.
Murid1: Tunggu Bu, kami masih sedikit belum mengerti.
Guru: cantik Anton, setidaknya kamu akan mengulur waktu tes untuk sebentar. Apa yang tidak kau mengerti mengenai materi sel kali ini???
Murid1: (tersenyum licik), begini Bu, kami masih sulit memahami teori yang dikemukakan oleh Schleiden dan Schwann, bahwa sel merupakan unit struktural dan fungsional suatu kehidupan. bisakah ibu menjelaskannya kembali?
Guru: setuju, Kaprikornus begini. Sel merupakan unit struktural setiap makhluk hidup, artinya bahwa setiap benda mampu dikatakan menjadi makhluk hidup apabila tubuhnya tersusun atas sel, yang mana mempunyai penggalan – serpihan (organel) yang menyusunnya. Oleh lantaran itu, virus tidak mampu dapat digolongkan menjadi makhluk hidup lantaran tubuhnya tidak disusun atas sel.
Murid2: kemudian bagaimana dengan unit fungsional kehidupan Bu?
Guru: kamu tidak sabaran ya Dimas. saya terangkan perlahan supaya kalian sanggup mengerti dan memahami hal tersebut. Mengenai unit struktural apakah sudah jelas??? Anton??? Lainnya???
Murid1: kami mengerti Bu, Jadi kami, Ibu, dan sahabat-teman serta makhluk hidup itu pasti tubuhnya tersusun atas sel ya Bu??? Berarti Sel yang menyusun kita ukurannya lebih besar dari ukuran sel basil ya Bu? Sehingga basil tak tampak oleh mata telanjang.
Guru: manis jika kamu sudah mengerti. Ukuran sel sangat bervariasi bergantung pada jenisnya. Meski ukuran sel kita lebih besar dari sel kuman, namun sel kita pun tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.
Murid3: Tapi Bu, kenapa kita mampu terlihat dengan mata telanjang???
Guru: Hmmm, begini. Kaprikornus kenapa kita mampu terlihat dan basil tidak terlihat dengan mata telanjang, begitukan ajeng maksud pertanyaanmu???
Murid3: Betul Bu.
Guru: Di dunia ini ada dua tipe makhluk hidup berdasarkan jumlah selnya. Ada makhluk uniseluler, artinya tubuhnya hanya tersusun atas satu sel saja. Dan makhluk multiseluler yang tersusun atas banyak sel, multi berarti banyak. Kenapa basil dan beberapa makhluk lainnya tidak mampu dilihat dengan mata telanjang itu lantaran tubuhnya hanya tersusun atas satu sel saja. Sedangkan kita dan makhluk hidup lainnya yang terlihat dengan mata telanjang badannya dibangun atas banyak sel. Makara mampu dibayangkan seakan-akan sebuah bangunan yang tersusun atas banyak batubata. Disini kita bayangkan watu bata sebagai sebuah sel. dengan analagi ini apa kalian sudah mengerti???
Advertisement
Semua murid mengangguk.
Guru: Baik jikalau sudah mengerti saya akan menjelaskan arti dari unit fungsional sebuah sel pada suatu kehidupan. Kalian siap???
Murid-murid mengangguk
Guru: sama halnya seolah-olah unit struktural, sel merupakan unit fungsional suatu kehidupan. Maksudnya ialah fungsi-fungsi kehidupan seakan-akan bernafas, tumbuh dan berkembang, bererproduksi, ekskresi, pembiasaan, iritabilitas, dan fungsi vital lainnya dilakukan oleh sel. pada makhluk uniseluler fungsi-fungsi tersebut lebih sedrhana karena tubuhnya hanya terdiri dari satu sel. namun, pada makhluk multiseluler seolah-olah kita, perlu adanya kerjasama sel. sel-sel tertentu akan mengelompok membentuk suatu kesatuan untuk menjalankan suatu fungsi. Satu sama lain saling mendukung fungsi kerja kelompok lain. Hal ini untuk mempertahankan keseimbangan tubuh.
Tiba-tiba bel istirahat berbunyi .. Teeeeeettttttttt.... teeeeetttttt
Guru: (melihat jam) sudah habis ya jam kami. Apakah kalian mengerti dengan klarifikasi admin barusan????
Murid-murid termangu kebingungan..
Guru: belum mengerti??? oke admin jelaskan kembali, Makara....
Murid4: Ibu!!! (sambil mengkode sahabat-temannya) kami sudah mengerti
Guru: benarkah?????
Murid-murid saling memandang satu sama lain dan sepakat mengatakan: Iya Ibu, kami sudah mengerti...
Guru: sepakat bila begitu, berhubung jam admin sudah habis, maka admin akan tetap mengadakan ujian tes pemahaman ahad depan. berguru dengan baik ya. kami akan meminta kalian untuk menjelaskan uraian detail mengenai teori sel yang admin terangkan barusa. setuju, terima kasih, assalamualaikumwr.wb. selamat beristirahat.
Murid-murid: waalaikumusalamwarahmatullahiwabarakatuh. Iya ibu. Hati- hati di jalan.
Sekian teladan obrolan antara guru-murid. semoga membantu.
Guru: oke murid- murid, adakah dari kalian yang belum mengerti mengenai bahan sel yang kita pelajari hari ini???
Semua murid melamun
Guru: Mengapa kalian hanya membisu??? saya anggap sudah mengerti. baiklah kalau begitu kita akan tes uji pemahaman, bila tidak ada yang ingin bertanya.
Murid gelisah, sampai pada kesannya, murid mengajukan pertanyaan.
Murid1: Tunggu Bu, kami masih sedikit belum mengerti.
Guru: cantik Anton, setidaknya kamu akan mengulur waktu tes untuk sebentar. Apa yang tidak kau mengerti mengenai materi sel kali ini???
Murid1: (tersenyum licik), begini Bu, kami masih sulit memahami teori yang dikemukakan oleh Schleiden dan Schwann, bahwa sel merupakan unit struktural dan fungsional suatu kehidupan. bisakah ibu menjelaskannya kembali?
Guru: setuju, Kaprikornus begini. Sel merupakan unit struktural setiap makhluk hidup, artinya bahwa setiap benda mampu dikatakan menjadi makhluk hidup apabila tubuhnya tersusun atas sel, yang mana mempunyai penggalan – serpihan (organel) yang menyusunnya. Oleh lantaran itu, virus tidak mampu dapat digolongkan menjadi makhluk hidup lantaran tubuhnya tidak disusun atas sel.
Murid2: kemudian bagaimana dengan unit fungsional kehidupan Bu?
Guru: kamu tidak sabaran ya Dimas. saya terangkan perlahan supaya kalian sanggup mengerti dan memahami hal tersebut. Mengenai unit struktural apakah sudah jelas??? Anton??? Lainnya???
Murid1: kami mengerti Bu, Jadi kami, Ibu, dan sahabat-teman serta makhluk hidup itu pasti tubuhnya tersusun atas sel ya Bu??? Berarti Sel yang menyusun kita ukurannya lebih besar dari ukuran sel basil ya Bu? Sehingga basil tak tampak oleh mata telanjang.
Guru: manis jika kamu sudah mengerti. Ukuran sel sangat bervariasi bergantung pada jenisnya. Meski ukuran sel kita lebih besar dari sel kuman, namun sel kita pun tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.
Murid3: Tapi Bu, kenapa kita mampu terlihat dengan mata telanjang???
Guru: Hmmm, begini. Kaprikornus kenapa kita mampu terlihat dan basil tidak terlihat dengan mata telanjang, begitukan ajeng maksud pertanyaanmu???
Murid3: Betul Bu.
Guru: Di dunia ini ada dua tipe makhluk hidup berdasarkan jumlah selnya. Ada makhluk uniseluler, artinya tubuhnya hanya tersusun atas satu sel saja. Dan makhluk multiseluler yang tersusun atas banyak sel, multi berarti banyak. Kenapa basil dan beberapa makhluk lainnya tidak mampu dilihat dengan mata telanjang itu lantaran tubuhnya hanya tersusun atas satu sel saja. Sedangkan kita dan makhluk hidup lainnya yang terlihat dengan mata telanjang badannya dibangun atas banyak sel. Makara mampu dibayangkan seakan-akan sebuah bangunan yang tersusun atas banyak batubata. Disini kita bayangkan watu bata sebagai sebuah sel. dengan analagi ini apa kalian sudah mengerti???
Semua murid mengangguk.
Guru: Baik jikalau sudah mengerti saya akan menjelaskan arti dari unit fungsional sebuah sel pada suatu kehidupan. Kalian siap???
Murid-murid mengangguk
Guru: sama halnya seolah-olah unit struktural, sel merupakan unit fungsional suatu kehidupan. Maksudnya ialah fungsi-fungsi kehidupan seakan-akan bernafas, tumbuh dan berkembang, bererproduksi, ekskresi, pembiasaan, iritabilitas, dan fungsi vital lainnya dilakukan oleh sel. pada makhluk uniseluler fungsi-fungsi tersebut lebih sedrhana karena tubuhnya hanya terdiri dari satu sel. namun, pada makhluk multiseluler seolah-olah kita, perlu adanya kerjasama sel. sel-sel tertentu akan mengelompok membentuk suatu kesatuan untuk menjalankan suatu fungsi. Satu sama lain saling mendukung fungsi kerja kelompok lain. Hal ini untuk mempertahankan keseimbangan tubuh.
Tiba-tiba bel istirahat berbunyi .. Teeeeeettttttttt.... teeeeetttttt
Guru: (melihat jam) sudah habis ya jam kami. Apakah kalian mengerti dengan klarifikasi admin barusan????
Murid-murid termangu kebingungan..
Guru: belum mengerti??? oke admin jelaskan kembali, Makara....
Murid4: Ibu!!! (sambil mengkode sahabat-temannya) kami sudah mengerti
Guru: benarkah?????
Murid-murid saling memandang satu sama lain dan sepakat mengatakan: Iya Ibu, kami sudah mengerti...
Guru: sepakat bila begitu, berhubung jam admin sudah habis, maka admin akan tetap mengadakan ujian tes pemahaman ahad depan. berguru dengan baik ya. kami akan meminta kalian untuk menjelaskan uraian detail mengenai teori sel yang admin terangkan barusa. setuju, terima kasih, assalamualaikumwr.wb. selamat beristirahat.
Murid-murid: waalaikumusalamwarahmatullahiwabarakatuh. Iya ibu. Hati- hati di jalan.
Sekian teladan obrolan antara guru-murid. semoga membantu.
0 Response to "Contoh Percakapan Antara Guru dan Murid Di Kelas"
Post a Comment