-->

Macam-Macam Paragraf Eksposisi dan misalnya

7 Macam Paragraf Eksposisi dan teladannya - Paragraf eksposisi yaitu paragraf yang bertujuan untuk memberikan suatu gosip secara terperinci kepada para pembacanya. Paragaraf eksposisi sendiri terbagi menjadi beberapa kelompok, diantaranya ialah paragraf eksposisi laporan, perbandingan atau pertentangan, ilustrasi, penjabaran, proses, dan definisi. Di bawah ini yaitu pengertian dan acuan – teladan paragraf eksposisi.

1. Eksposisi laporan

Eksposisi laporan adalah paragraf eksposisi yang mengemukakan laporan dari sebuah warta atau penelitian tertentu.

Contoh:

Amoeba berkembang biak dengan Cara membelah diri. Proses ini tidak membutuhkan perkawinan. Dengan kata lain, Amoeba tidak perlu amoeba lainnya untuk berkembang biak. Hal ini dikarenakan hewan ini mempunyai sebuah sel yang disebut dengan inti sel. Sel ini lah yang nantinya akan membelah menjadi dua. Sel tersebut akan memisah dan membentuk dua kutub yang saling menjauh. Pada ketika sel inti hampir benar – benar terpisah, terbentuklah dua buah amoeba yang akan saling melepas satu sama lain. Proses pembelahan sel ini memakan waktu yang relatif lama.

2. Eksposisi perbandingan

Eksposisi perbandingan merupakan eksposisi yang gagasan utamnya disajikan dengan membandingkannya dengan hal lain.

Letusan gunung Krakatau bukanlah letusan paling dahsyat yang pernah tercatat dalam sejarah umat insan. Letusan yang terjadi pada tahu 1883 ini belum ada apa – apanya jikalau dibandingkan dengan letusan gunung tambora, dan letusan gunung toba yang sangat dahsayat. Bahkan letusan gunung toba membentuk sebuah danau yang sangat besar di tengah – tengahnya. Namun, letusan gunung krakatu terjadi pada dikala jumlah populasi insan di bumi telah banyak sehingga dampaknya lebih terasa. Oleh karena itu, letusan gunung Krakatau tercatat mengakibatkan dampak yang lebih besar meskipun masih kalah dahsayat dengan letusan gunung lainnya.

3. Eksposisi kontradiksi

Paragraf ini hampir sama dengan eksposisi perbandingan, tetapi eksposisi ini berisi wacana kontradiksi akan suatu hal dengan hal lainnya.

Olahraga jalan cepat bukanlah olahraga lari. Olahraga ini hampir sama dengan olahraga lari. Namun, yang membedakan yaitu olahraga ini selalu memungkinkan telapak kaki untuk meneyentuh tanah. Sedangkan pada olahraga lari ada kalanya kedua kaki tidak menyentuh tanah. Terlebih lagi, olahraga jalan cepat juga tidak memerlukan energi yang sangat besar bila dibandingkan dengan olahraga lari.

4. Eksposisi ilustrasi

Eksposisi ini memaparkan gagasan utamanya dengan Tutorial mengilustrasikannya dengan hal lain yang mempunyai kesamaan.

Contoh:

Proses pembentukan energi di dalam tubuh insan sama dengan proses kimiawi yang ada pada kendaraan beroda empat. Pada mobil materi bakar yang berupa bensin atau solar dibakar sehingga menghasilkan energi listrik yang kemudian dirubah menjadi energi gerak yang bisa menggerakan kendaraan beroda empat. Begitu pula yang terjadi pada manusia, tetapi energi yang diharapkan ialah makanan yang akan dibakar dan dirubah menjadi glukosa yang akan menjadi sumber energi bagi insan.
Advertisement

5. Eksposisi penjabaran

Eksposisi ini memiliki gagasan utama yang memiliki atau dapat dikelompokan ke dalam suatu group atau kelas.

Contoh:

Makanan yang kita konsumsi sehari – hari tanpa kita sadari terbagi menjadi beberapa kelompok. Yang pertama ialah kuliner bergizi, makanan ini sangat penting bagi tubuh kita lantaran mengandung berbagai zat atau mineral yang sangat baik untuk badan. rujukannya adalah, ikan, buah, buahan, daging, susu, dan lain – lain. kuliner yang kedua ialah makanan kurang bergizi, makanan ini tidak berbahaya untuk dimakan karena hanya akan memberikan imbas kenyang saja, tetapi makanan ini mengandung sedikit atau bahkan tidak mengandung mineral atau vitamin, polanya umbi jalar, singkong, dan nangka muda. Yang terakhir ialah kuliner berbahaya, makanan ini tidak baik untuk tubuh jika dikonsumsi secara berlebih. Disamping tidak memiliki gizi, makanan ini juga mengandung zat – zat berbahaya seolah-olah pengawet, pewarna, dan perasa. teladannya yaitu junk food, mie instan, dan lain – lain.

6. Eksposisi proses

Eksposisi ini mempunyai gagasan utama yang menyajikan wacana proses Tutorial terjadinya atau Cara membuat sesuatu. 

Hujan ialah jatuhnya air dari atmosphere bumi. Namun bagaimana Tutorialnya air mampu hingga di atas atmosphere bumi? ternyata hujan yaitu jawaban dari pemanasan yang dilakukan oleh matahari pada permukaan air di bumi seakan-akan bahari, sungai, dan lain – lain. Pemanasan ini menyebabakan penguapan sehingga partikel – partikel air menjadi gas yang terbang dan berkumpul di atmosphere. Kumpulan partikel – partakel ini lalu menjadi awan dan akan tertiup oleh angin menuju daerah lainnya. bila konsentrasi awan tersebut menjadi jenuh, partikel – partikel gas tersebut mengalami kondensasi sehingga berubah bentuk kembali menjadi air dan jatuh ke bumi. Itulah sebabnya terjadi hujan di muka bumi ini.

7. Eksposisi definisi

Eksposisi ini mempunyai gagasan utama yang berupa pengertian atau defines wacana suatu hal.

Contoh:

Jahe ialah tumbuhan serbaguna. tanaman ini mempunyai banyak sekali manfaat. Salah satunya ialah bahan penyedap makanan. Jahe sanggup membuat rasa pedas pada makanan sehingga makanan akan terasa lebih nikmat. Selain menjadi materi makanan, jahe mampu digunakan sebagai obat – obatan. tanaman ini dipercayai mampu mengobati dan mencegah penyakit seperti masuk angin. Hal ini dikarenakan jahe mempunyai suatu senyawa yang memiliki kegunaan bagi badan insan.

0 Response to "Macam-Macam Paragraf Eksposisi dan misalnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel