-->

Penjelasan Singkat dan acuan Teks Laporan dalam Bahasa Indonesia

Penjelasan Singkat dan teladan Teks Laporan dalam Bahasa Indonesia - Salah satu jenis teks dalam bahasa Indonesia yaitu teks laporan. Jenis teks ini sering kita temukan dalam banyak sekali macam buku laporan kegiatan, laporan perjalanan / wisata, dan sebagainya. Salah satu hal yang menjadi ciri dari teks laporan yaitu teks ini menceritakan wacana suatu kejadian / peristiwa secara kronologis. biar lebih jelasnya, berikut ini yaitu penjelasan singkat dan pola teks laporan dalam bahasa Indonesia.

A. penjelasan wacana Penulisan Teks Laporan


Terdapat beberapa pecahan yang harus dietahui sebelum menulis sebuah teks laporan yaitu sebagai berikut.

1. Judul

Cantumkan nama penulis dan tanggal

2. Rangkuman 

Tulislah hal – hal yang penting dalam suatu tragedi/ insiden yang ingin dilaporkan. Tulislah semua hal yang penting terkait dengan tragedi tersebut namun tidak dengan bahasa yang berbelit – belit. Cukup gunakan bahasa yang sederhana saja namun sudah meliputi semua info penting yang ingin disampaikan kepada pembaca.

3. Pendahuluan

Pendahuluan beliaulah pecahan penting dalam penulisan teks laporan. Pada umumnya, potongan ini ditulis di lembar pertama. Dalam penggalan ini, jelaskanlah kepada pembaca tentang kasus apa yang ada dalam peristiwa tersebut dan tulislah alasan kenapa teks laporan tersebut dibuat. Pada serpihan ini juga, jelaskanlah beberapa kosakata yang sekiranya tidak dimengerti oleh masyarakat umum dan juga jelaskan bagaimana kau akan menguraikan isi laporanmu.

4. Isi

Bagian ini merupakan kepingan utama dalam penulisan laporan. Pada cuilan ini biasanya terdapat sub belahan dengan sub judul yang berbeda. Sub kepingan tersebut umumnya disusun sesuai dengan tingkat kepentingannya. Sub penggalan yang mempunyai info paling penting ditulis di potongan awal.

5. Kesimpulan

Pada pecahan ini, hindari menulis atau menambahkan sebuah topik gres. pecahan kesimpulan yaitu potongan dimana kau menulis poin utama mengapa kau menulis laporan tersebut. kepingan ini biasanya berdampingan dengan penggalan rangkuman dan terletak setelahnya.

6. Rekomendasi

Bagian ini berisi saran – saran / rekomendasi yang ingin kamu sampaikan kepada para pembaca terkait dengan hal yang telah kau uraikan dalam potongan isi laporan. Jangan lupa untuk mengurutkannya sehingga mampu dimengerti dengan baik oleh para pembaca.

Advertisement

B. teladan Teks Laporan Singkat


Berikut ini yaitu 2 teladan teks laporan singkat pada penggalan rangkuman.

Contoh 1

Contoh tes laporan untuk majalah sekolah yang menggambarkan pekan raya Budaya yang diadakan di sekolah dan beberapa sekolah di kota ikut serta dalam pameran tersebut.

TEKS LAPORAN
FESTIVAL BUDAYA
-Robin Dey-
24 Oktober 2014

Pada 22/10/2014, Cultural Fest yang penuh warna dan berkesan diselenggarakan di sekolah admin. aktivitas ini sepanjang hari dan iadakan di auditorium sekolah admin. Dalam aktivitas besar ini, banyak sekolah dari kota admin ambil serpihan.

Pertunjukan akbar dimulai dengan kedatangan aneka macam tim dari sekolah. Kemudian Kepala Tamu, Kolektor Distrik, dari Distrik admin, datang bersama istrinya. Ada sambutan warna-warni yang diikuti oleh pencahayaan lampu. Itu disertai oleh Vandana Saraswati merdu, memanggil dewi pengetahuan dan budi. Itu diikuti oleh pidato sambutan yang diberikan oleh Kepala Sekolah admin. Kemudian ada buket presentasi kepada para tamu usul dan kegiatan akbar dimulai. Itu ialah pertunjukan yang benar-benar memukau ketika tim-tim dari aneka macam sekolah menyajikan banyak kegiatan. ada nyanyian, tarian, pembacaan puisi, sandiwara, mimikri, pertunjukan mono, kombinasi klasik dan modern dari beberapa angka penyadapan kaki. Semua orang duduk terpaku pada pertunjukan. Ketua Tamu sangat memuji seluruh aktivitas. ia membimbing dengan kata-kata inspirasinya dan mengilhami untuk melaksanakan yang lebih baik. Itu diikuti oleh pengumuman tim pemenang, Sekolah ABC kota admin. Tim dari sekolah admin mengantongi posisi kedua dan semua orang saling memuji. Itu diikuti oleh suara terima kasih formal dan aktivitas berakhir.

Kami benar-benar menikmati banyak hal dan menyebar dengan impian yang ikhlas bahwa aktivitas-acara besar seperti itu harus diselenggarakan berulang kali dan memberi siswa kesempatan untuk menampilkan bakat mereka.

Contoh 2

Contoh laporan untuk surat kabar yang menggambarkan kemacetan di mana banyak pengemudi terjebak selama berjam-jam.

TEKS LAPORAN
KEMACETAN kemudian LINTAS
-Shailey John-
24 Oktober 2014

Kemarin pada 23/10/2014, jalan raya utama yang menghubungkan dua pinggiran utama kota kami menyaksikan kekacauan nyata dalam bentuk kemacetan lalu lintas di mana ribuan orang ditangkap selama beberapa jam,

Saat itu sekitar jam 5 sore dan pengunjung kantor, bus sekolah dari aneka macam sekolah dan pedagang bersama dengan yang lainnya kembali dari rute yang sibuk. kemudian lintas berjalan lancar tetapi datang-tiba kendaraan berhenti tiba-tiba. Ada kebingungan di antara semuanya. kemudian lintas tidak bergerak bahkan satu inci pun. Segera kemarahan meletus di antara banyak orang. Kesabaran perlahan meleleh dan ada pertengkaran, pembicaraan panas, dan bahkan beberapa keluar dari kendaraan mereka dengan murka. Dengan murka, semua orang jengkel mengetahui penyebab kemacetan itu. Orang-orang terburu-buru untuk mencapai tujuan mereka, tetapi bahkan tidak ada satu pun petugas polisi kemudian lintas yang terlihat di sekitarnya. Kemudian beberapa anak muda yang bersemangat melompat ke daerah tragedi dan mulai membersihkan daerah insiden. Mereka sampai di kawasan pemberhentian dimulai. Seseorang yang terluka parah terlihat pingsan di dalam kendaraan beroda empat yang rusak. Situasi dipahami dan segera ambulans dipanggil oleh penonton. Dalam waktu singkat, ambulans tiba diikuti oleh polisi juga. Butuh dua jam untuk membersihkan kemudian lintas. Tetapi akibatnya orang yang terluka dibawa ke ambulans, mobil yang rusak diambil oleh polisi dan kemudian lintas bergerak.

Demikianlah klarifikasi singkat dan teladan teks laporan dalam bahasa Indonesia. Semoga penjelasan singkat tersebut mampu menambah pengetahuan sahabat – sahabat wacana jenis teks ini. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Penjelasan Singkat dan acuan Teks Laporan dalam Bahasa Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel