-->

Pengertian dan acuan Latar Belakang perkara Penelitian

Pengertian dan contoh Latar Belakang kasus Penelitian - Latar belakang masalah adalah gosip-informasi terkait dengan kasus yang akan diteliti dan tersusun secara sistematis. Di dalam latar belakang kasus, pembaca akan diarahkan ke alasan berpengaruh mengapa suatu kasus akan diteliti dan mengapa suatu metode penelitian dipakai. 

Misalkan, sebuah skripsi akan meneliti mengenai meningkatkan kualitas membaca siswa menggunakan teknik skimming dan scanning. Maka, di dalam latar belakang perkara, akan diberikan penjelasan mengapa peneliti harus meningkatkan kualitas membaca siswa dan apa alasannya ialah teknik skimming serta scanning harus digunakan.

Poin-poin atau isi latar belakang kasus secara lebih spesifik yaitu sebagai berikut:

1. Alasan rasional dan esensial berdasarkan data, fakta, dan referensi. Alasan tersebut digunakan sebagai referensi ketertarikan peneliti.

2. tanda-tanda-gejala yang ada di lapangan sehingga memunculkan permasalahan untuk kemudian diteliti secara lebih lanjut.

3. Permasalahan-permasalahan kompleks dan pelik yang akan muncul apabila dibiarkan begitu saja dan tidak segera dicari solusinya.

4. Pendekatan yang ditinjau dari segi teoritis serta ditujukan untuk mengatasi perkara. 

Advertisement

Contoh Latar Belakang masalah Penelitian


Bahasa adalah alat yang begitu penting bagi setiap sendi kehidupan. perannya sebagai alat komunikasi, tentu tidak mampu dilepaskan dalam setiap detik hidup kita. Bahkan, ketika berpikir sekalipun, kita masih memakai bahasa.

Di dalam sebuah bahasa, khususnya bahasa Indonesia, terdapat empat kemampuan pokok yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Diantara empat kemampuan berbahasa tersebut, kemampuan menulis merupakan kemampuan paling sulit dimana membutuhkan kemampuan-kemampuan lain untuk mencapai tingkat jago. Untuk mampu menulis secara sistematis, Anda harus menjadi pendengar, pembicara, dan pembaca yang juga sistematis. 

Di tingkat sekolah menengah atas, salah satu aspek keterampilan menulis yang harus dikuasai siswa dengan baik ialah menulis teks laporan observasi. Ini adalah teks yang dihasilkan dari acara-aktivitas pengamatan dan kemudian disusun memakai bahasa-bahasa yang sistematis sehingga menjadi sebuah laporan kegiatan. 

Kemampuan menulis teks laporan observasi merupakan hal yang penting lantaran dengan adanya pemahaman penulisan, maka siswa mampu secara peka melakukan pengamatan terhadap apa yang ada di sekelilingnya, serta kemudian mempublikasikan dalam bentuk karya menggunakan susunan bahasa serta potongan-bab dengan kaidah yang baik. 

Kendati demikian, kemampuan siswa SMA dalam hal menulis teks tersebut dirasa masih sangat kurang. Ini ditandai dengan banyaknya kebingungan ihwal bagaimana Cara melaporkan kegiatan observasi dengan baik. Pemahaman yang berbeda dalam hal struktur-struktur laporan observasi, menciptakan siswa belum menemukan referensi pasti dalam pembuatan laporan. Selain hal teknis tersebut, terdapat perkara lain dimana siswa memang belum sanggup menemukan konsep tentang bagaimana mengkonversi hasil observasi ke dalam bahasa-bahasa teks laporan observasi. 

Jika perkara ini berlangsung secara terus-menerus, dikhawatirkan siswa menjadi insan-insan akademik yang tidak mempunyai dasar dalam meneliti. Padahal, di masa depan mereka diharuskan menemukan solusi-solusi terhadap permasalahan publik, mereka akan menjadi ilmuwan yang seharusnya mempunyai dasar ilmu penelitian yang baik. 

Inilah yang membuat penulis mengangkat tema Kajian Teks Laporan Observasi.

0 Response to "Pengertian dan acuan Latar Belakang perkara Penelitian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel