-->

Contoh Paragraf Deskripsi Objektif dan Subjektif

Contoh Paragraf Deskripsi Objektif dan Subjektif - Paragraf deskripsi ialah paragraf yang gagasan utamanya menggambarkann atau melukiskan sesuatu dengan sejelas-jelasnya agar pembacanaya mencicipi atau mengalami sendiri apa yang sedang dibacanya. Ada dua macam paragraf deskrispi, yaitu paragraf deskrispsi objektif dan paragraf deskripsi subjektif.

 

1. Paragraf Deskripsi Objektif


Paragraf deskripsi objektif ialah paragraf deskripsi yang melukiskan suatu objek secara terperinci dan apa adanya tanpa adanya kesan pribadi si penulisnya.

Contoh 1

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan salah satu daerah wisata yang ada di Indonesia, tepatnya di kota Jakarta. tempat wisata yang bertemakan budaya Indonesia ini memiliki luas sekitar 150 hektare atau 1.5 kilometer persegi. Taman ini merupakan rangkuman budaya – budaya yang ada di Indonesia dari Sabang sampai Merauke. tempat wisata ini menampilkan rumah – rumah tabiat, pakaian etika, dan tarian – tarian tradisional dari berbagi penjuru Indonesia. Taman Mini Indonesia Indah ini memiliki banyak sekali macam kemudahan yang lengkap seperti toilet, rest area, dan masih banyak lagi. Selain, rumah – rumah budpekerti, di sini juga terdapat danau yang membentuk miniatur kepulauan Indonesia, kereta gantung, banyak sekali museum, Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku. daerah wisata ini dibangun pada tahun 1972 dan diprakasai oleh ibu Negara ketika itu, Ibu Tien Soeharto.

Contoh 2

Candi Borobudur ialah sebuah situs purbakala peninggalan kerajaan Budha di Indonesia. Candi ini terletak di  Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi yang berbentuk stupa ini dibangun pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra yang merupakan penganut Budha Mahayana sekitar tahun 800 masehi. Candi ini terdiri dari enam teras berbentuk bujur sangkar yang terdapat tiga pelataran melingkar di atasnya. Dinding – dinding di candi ini dihiasi oleh 2.672 panel relief dan 504 arca Budha. Stupa utama candi ini terletak di tengah – tengah bangunan dan dikelilingi oleh tiga barisan stupa yang melingkar dan berjumlah 72 stupa. Stupa – stupa tersebut berlubang yang di dalamnya terdapat arca Budha yang sedang duduk bersila dalam posisi teraratai sempurna.

Contoh 3

Pak Raden yaitu salah satu guru di sekolahku. Rambut Pak Raden berwana hitam dan pendek. Warna rambut tersebut terlihat sangat kontras dengan warna kulitnya yang putih. Pak Raden memiliki mata yang sangat besar dan berwarna biru. beliau juga mempunyai alis yang sangat tebal. dia memiliki badan yang tinggi dan besar. Tingginya sekitar 170 cm dengan berat 60 kg. badannya yang sangat proposioanal itu membuat Pak Raden bercita – cita sebagai seorang tentara, tetapi nasib yang membawanya menajdi seorang guru. Tak heran Pak Raden sering sekali terlihat mengenakan topi bermotif tentara. sekarang Pak Raden menjadi salah satu guru Matematika di sekolahku.
Advertisement

2. Paragraf Deskripsi Subjektif


Paragraf deskripsi subjektif yaitu paragraf deskripsi yang melukiskan suatu objek sesuai dengan apa yang dirasakan oleh penulisnya. Dengan kata lain, penulis melukiskan suatu objek atas dasar perspektifnya eksklusif.

Contoh 1

Taman Mini Indonesai Indah (TMII) yaitu tempat wisata terbaik yang ada di Jakarta. Taman ini mempunyai koleksi budaya Indonesia yang sangat lengkap. Tak hanya itu, di taman ini juga banyak sekali kemudahan – kemudahan yang bisa memanjakan pengunjungnya seolah-olah danau, museum, theter, dan fasilitas - kemudahan lain yang tak kalah bagusnya. Selain kemudahannya yang lengkap, kita juga akan dimanjakan dengan banyak sekali pertunjukan yang sangat menarik, diantaranya ialah tarian tradisioanl dari banyak sekali akhlak, pawai baju adab, dan marching band. Oleh karena tempatnya yang indah dan kemudahannya yang lengkap, tak heran tempat wisata ini menjadi tujuan utama wisata yang ada di Jakarta timur.

Contoh 2

Candi Borobudur yaitu candi yang sangat Indah yang dimiliki oleh Indonesia. Bahkan situs ini pernah masuk ke dalam tujuh keajaiban dunia. Candi ini berbentuk bujur sangkar yang dihiasi dengan stupa – stupa yang indah. Tepat di tengah – tengah stupa-stupa yang melingkar elok tersebut terdapat stupa utama yang cukup besar seolah – olah memahkotai candi itu sendiri. Situs ini mempunyai 2.672 panel relief dan 504 arca Budha sehingga menjadikannya sebagai situs peninggalan kerajaan Budha yang terlengkap di dunia. sampai sekarang candi Borobudur terawat dan tertata dengan sangat baik sehingga cocok dijadikan sebagai tempat wisata. Selain mendapatka pengetahuan tentang sejarah, kita juga akan menerima sebuah pemandangan yang sangat menakjubkan.

Contoh 3

Pak Raden yaitu salah satu guru yang sangat tegas di sekolahku. dia mempunyai tinggi sekitar 170 cm dan bobot sekitar 60 kg sehingga terlihat seolah-olah beruang yang sangat besar. Pak Raden mempunyai rambut hitam dan kulit yang berwana putih. Meskipun dia terlihat bergairah dan tegas, Pak Raden yaitu guru yang sangat baik dn ramah. dia menciptakan siswanya menyukai pelajaran matematika lantaran Tutorial mengajarnya yang menarik dan asik. Tak heran Pak Raden menjadi guru terfavorit di sekolahku.

0 Response to "Contoh Paragraf Deskripsi Objektif dan Subjektif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel