-->

9 acuan Paragraf epilog Essay dan Pidato

Contoh Paragraf penutup Essay dan Pidato - Paragraf epilog ialah paragraf balasan dalam sebuah ringkasan atau tabrakan pena yang berupa kalimat – kalimat kesimpulan, saran, pesan maupun salam epilog.

Paragraf epilog tidak bisa disepelekan atau dianggap tidak penting  dalam ukiran pena lantaran paragraf ini merupakan belahan krusial yang akan menyampaikan kesan konkret bagi para pembacaanya. Berikut ini ialah paragaf penutup dalam essay dan pidato:

1. Paragraf penutup essay
Paragraf penutup dalam essay berisi kesimpulan yang diambil dari ringkasan poin – poin yang telah dibahas dalam badan essay sebelumnya. Di bawah ini yaitu Cara membuat paragraf epilog essay:
1. Mulailah paragraf penutup dengan kata taransisi seperti “Oleh lantaran itu”, “Oleh lantaran itu”, “berdasarkan …”, “jadi”, dan lain – lain.
2. Ringkaslah poin – poin utama secara singkat dengan memakai kalimat lain untuk memperkuat kesimpulan yang akan dibuat.
3. Buatlah kesimpulan yang bagus dan menarik dalam satu kalimat.

 

A. pola Paragraf penutup Essay


Paragraf penutup essay pendidikan

Berdasarkan poin – poin di atas, maka mampu disimpulkan bahwa ujian nasional melalui sistem online bukanlah solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang ada dikala ini lantaran pada kenyataannya malah menimbulkan permasalahan gres seperti ketidaksiapan sekolah – sekolah, kekurangan fasilistas, dan menimbulkan kemungkinan kebocoran yang lebih praktis. Oleh lantaran itu, pelaksanaan ujian nasional online ini harus direvisi kembali semoga dunia pendidikan kita menjadi lebih baik.

Paragraf penutup essay ekonomi

Oleh lantaran itu, pertumbuhan ekonomi mikro sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di suatu Negara. Hal ini dikarenakan ekonomi mikro akan mempercepat laju peredaran uang, menghasilkan devisa Negara, dan mengangkat pendapatan perkapita penduduk di dalam suatu Negara. Makara, kalaulau pertumbuhan ekonomi masyarakatnya baik, maka tidak diragukan lagi pertumbuhan ekonomi suatu Negara juga akan membaik.

Paragraf penutup essay budaya

Berdasarkan uraian di atas, dapat diketahui bahwa budaya akan mempengaruhi sikap manusia dalam bersosialisasi di masyarakat. Budaya sanggup membentuk aksara seseorang, mengarahkan kehidupan seseorang dan menciptakan suatu kebiasaan. Oleh lantaran itu, kiprah budaya tidak mampu lepas dalam membentuk suatu kehidupan bermasyarakat baik hal yang buruk maupun baik.

Paragraf penutup essay kesehatan

Tak diragukan lagi bahwa merokok mampu mengakhiri hidup para pengkonsumsinya karena di dalam rokok terkandung zat – zat berbahaya seolah-olah nikotin, tar, Co, dan ammoniac yang sangat mematikan. Oleh lantaran itu, rokok yaitu pembunuh masal yang berdarah acuh taacuh bagi insan.
Advertisement

B. Paragraf penutup Pidato


Paragraf penutup pada pidato sama pentingnya dalam essay lantaran paragraf ini yang akan menentukan kesan pendengar akan pidato yang telah disampaikan. Pada umumnya, paragraf epilog di dalam pidato berisi kesimpulan pidato, saran yang berupa permintaan, dan salam penutup. Di bawah ini ialah Tutorial menutup pidato:

1. Ringkas kembali pidato yang telah disampaikan dengan bahasa yang berbeda dan singkat.
2. bisa juga ditambahkan kutipan, peribahasa, atau doa.
3. Sampaikan kesimpulan dan saran.
4. akibati dengan titik puncak atau nada yang tinggi untuk membangkitkan semangat dalam pidato tertentu.
5. balasani dengan salam penutup.

Contoh paragraf penutup pidato

Paragraf penutup pidato dengan doa

Demikianlah pidato yang mampu admin sampaikan pada kesempatan kali ini. Marilah kita peringati maulid Nabi Muhammad SAW ini dengan meneladani sikap dan perilaku ia. Semoga apa yang telah saya sampaikan kali ini sanggup bermanfaat bagi kita semua dan kalau ada kesalahan dalam penayampaian, kami mohon maaf dan kepada Allah kami mohon ampun. akhirul kalam. Wallahul muwafik, ilaa aqwamith thariiq, Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh"

Paragraf penutup pidato dengan persuasif 

Hadirin yang berbahagia,

berdasarkan uraian – uraian yang telah saya sampaikan di atas, dapat kita simpulkan bahwa menjaga kebersihan lingkungan sangatlah penting karena akan menyebabkan efek yang baik bagi kita. Oleh lantaran itu, marilah kita bersama – sama membersihkan lingkungan dengan memulainya dari lingkungan kita sendiri supaya kita terhindar dari penyakit. Demikianlah pidato yang sanggup saya sampaikan kali ini semoga apa yang admin sampaikan mampu berkhasiat bagi kita semua. admin akibati wassalamualaikum wr . wb.

Pargaraf penutup pidato dengan membangkitkan semangat

Demikianlah pidato singkat yang bisa admin sampaikan kali ini. Di hari kemerdekaan ini, marilah kita Jadikan momentum untuk kembali bersatu untuk mempertahankan negeri kita ini dan marilah bangun negeri ini semoga bisa sejajar dengan bangsa – bangsa lain yang ada di dunia ini.

SEKALI  MERDEKA TETAP MERDEKA! MERDEKA!

Saya balasani wassalamualaikum wr. wb.

Pargaraf penutup pidato dengan mengutip suatu kutipan

Hadirin yang berbahagia,

Seperti pepatah aneh yang mengatakan “Men Sana in corpore sano” di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Oleh lantaran itu ayolah berolahraga yang teratur semoga tubuh sehat dan menjadi besar lengan berkuasa sehingga kita sanggup mewujudkan apa yang telah kita cita – citakan. Kurang lebihnya aku mohon maaf dan saya balasani wassalamualaikum wr. wb.

Paragraf penutup dengan menambahkan peribahasa

Hadirin yang berbahagia,

Jika ada sumur di ladang bolehlah kita menumpang mandi, dan bila ada umur yang panjang semoga kita berjumpa kembali. Demikianlah pidato kali ini, Sekali lagi saya mengucapkan terimakasih kepada guru, dan sahabat – sahabat sekalian dan  semoga  hari perpisahan ini bukanlah hari terakhir kita berjumpa tetapi awal dimana kita menata kembali pertemuan yang lebih bermakna. jika ada kesalahan admin mohon maaf dan admin balasani wassalamuwallaikum wr. wb.

0 Response to "9 acuan Paragraf epilog Essay dan Pidato"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel