-->

5 contoh Paragraf Proses Singkat dalam Bahasa Indonesia

Contoh Paragraf Proses Singkat dalam Bahasa Indonesia - Paragraf proses ialah salah satu bentuk dari pengembangan paragraf eksopisi. jika paragraf eksposisi merupakan paragaf yang bertujuan untuk menyampaikan topik berupa gosip kepada pembacanya, maka paragaraf proses yaitu paragraf yang menyampaikan infomasi wacana langkah, Cara atau petunjuk menciptakan sesuatu, atau ihwal ilustrasi proses perihal terjadinya sesuatu.

Ciri – ciri

1. menyampaikan sebuah informasai yang berupa proses atau langkah membuat/terjadinya sesuatu.
2. Biasanya sering memakai transisi kronologi antar kalimat, contohnya, “pertama”, ”kemudian”, “selanjutnya”, dan lain – lain.

Contoh – teladan paragraf eksposisi proses

Contoh 1
Beras yang menjadi kuliner pokok kita sehari – hari harus melalui beberapa proses pengolahan terlebih dahulu sebelum menjadi nasi. Proses tersebut lumayan panjang dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Proses ini diawali dengan mempersiapkan sawah yang akan ditanami bibit padi. Petani harus membajak sawahnya dengan menggunakan kerbau atau traktor supaya menjadi subur. setelah itu, petani akan menciptakan garis – garis pola untuk menanam padi. Hal ini dilakukan biar bibit yang ditanam tersusun rapih dan jaraknya tidak terlalu bersahabat. Kemudian petani akan menanam bibit padi tersebut sesuai dengan kawasan yang telah ditandai. Mereka menanamnya secara mundur supaya tidak menginjak bibit yang telah diitanam. sehabis semua bibit tertanam, proses selanjutnya adalah perawatan. Petani akan menunggu sawahnya kurang lebih selama enam bulan sambil melaksanakan perawatan, seakan-akan memberi pupuk, mengairi, dan memberantas hama. setelah padi menguning, mereka akan memanennya. hingga jadinya padi dirubah menjadi beras dan barulah mampu kita masak sampai menjadi nasi.

Contoh 2
Bencana alam, Tsunami yang terjadi di Aceh 9 tahun yang lalu begitu mengerikan. Tsunami ini terjadi begitu cepat sehingga penduduk tidak sempat untuk menghindar. Mula – mula tragedi ini diawali oleh gempa bumi. Gempa tersebut mengguncang seluruh daratan Aceh sampai mencapai daratan di permukaan bahari. Guncangan tersebut mengakibatkan patahan di permukaan laut dan membentuk sebuah lubang besar. Kemudian lubang tersebut dipenuhi dengan air maritim sehingga menciptakan air bahari menjadi surut. sesudah beberapa ketika, lubang itu menutup kembali dan menciptakan air di dalamnya memberikan tekanan yang luar biasa besarnya yang menyebabkan air tersebut terdesak keluar dan menyebabkan gelombang yang besar. Gelombang ini terus merambat semakin membesar hingga ke daratan. Gelombang besar itulah yang disebut dengan Tsunami yang menyapu seluruh daratan.
Advertisement

Contoh 3
Minuman es juice jeruk sangat disukai oleh orang banyak. Hal ini dikarenakan rasanya yang elok dan proses pembuatannya yang simpel dan cepat. Untuk menikmati minuman ini, langkah yang harus dilakukan pertama kali adalah menyiapkan alat dan bahan, seolah-olah jeruk, es batu, blender, sendok, dan pisau buah. sesudah semua alat dan bahan siap, kupaslah buah jeruk dan basuh daging buahnya. Langkah yang selanjutnya yaitu, memisahkan biji dan daging buahnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari rasa pahit dari biji tersebut. Langkah yang ketiga ialah memasukan daging buah jeruk dan es kerikil secukupnya ke dalam blender. lalu campur hingga halus. setelah halus, tuangkan es ke dalam gelas. sesudah itu barulah es juice jeruk siap dinikmati.

Contoh 4
Lidah buaya atau Alloevera sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut. tumbuhan ini mengandung zat - zat yang bisa menyampaikan kelembaban pada rambut sehingga rambut tidak menjadi kering dan patah. Tutorial menggunakannya sangat mudah yaitu dengan memilih lidah buaya yang masih muda. Kemudian buang kulitnya dengan menggunakan pisau. setelah terkelupas, belahan dalam pengecap buaya yang mirip agar akan mengeluarkan lendir. Kemudian usapkanlah lendir tersebut ke rambut yang telah dibasahi sebelumnya. kemudian diamkan selama 3 menit. setelah itu, rambut dibilas denga air bersih. melaksanakan perawatan pengecap buaya ini secara rutin akan membuat rambut menjadi sehat.

Contoh 5
Tentunya tempe sudah tidak gila lagi di telinga kita. makanan ini adalah makanan traditional yang telah lama menjadi makanan sehari – hari orang Indonesia. Namun, tahukah Anda Cara pembuatannya? ternyata proses pembuatan tempe tidaklah sulit. Untuk membuat tempe, yang harus pertama dilakukan yaitu mencuci biji kacang kedelai lalu direbus sampai airnya mendidih. Biasanya sehabis proses perebusan, kulit kedelai akan terlepas. sesudah itu, bersihkan kacang kedelai denga air yang mengalir agar kulitnya ikut terbuang. Kemudian letakan ke dalam sebuah wadah dan campurkan denga ragi, kemudian aduk sampai merata. sehabis itu, masukan kedelai yang telah diberi ragi ke dalam wadah plastik dan diamakan selama dua hari sampai kedelai menjadi tempe.

0 Response to "5 contoh Paragraf Proses Singkat dalam Bahasa Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel