-->

4 rujukan Paragraf Argumentasi karena akibat dan Ciri-Cirinya

4 rujukan Paragraf Argumentasi alasannya akhir dan Ciri-Cirinya - bila dilihat dari makna katanya “argument” yaitu sebuah alasan atau pendapat seseorang, Makara yang dimaksud dengan paragraf argumentasi ialah suatu paragraf yang mengandung pendapat – pendapat pribadi penulisnya wacana suatu permasalah yang terjadi disertai dengan data atu bukti untuk memperkuat pendapat tersebut.

Paragraf argumentasi hampir sama dengan paragraf eksposisi. Hal yang membedakan ialah paragraf ini cenderung lebih membuat pembacanya biar meyakini apa yang sedang mereka baca. Sedangkan paragraf eksposisi hanya memberi informasi saja tanpa memaksa pembaca untuk meyakininya.

 

Ciri – Ciri Paragraf Argumentasi


Agar tidak terjadi salah konsepsi antara paragraf argumentasi dengan eksposisi, berikut ini yaitu ciri – ciri paragraf argumentasi.

1. Mengemukakan wangsit ihwal suatu permasalahan yang sedang hangat – hangatnya terjadi di dalam masyarakat.
2. Berisi perihal pendapat – pendapat penulis yang dijabarkan dengan sangat terang dan disertai dengan bukti berupa data, fakta, maupun pola.
3. Pendapat – pendapat yang disampaikan harus jernih, sehat, kritis atau logis.
4. Data – data yang disajikan berupa hasil dari sebuah observasi atau pengamatan. Dengan kata lain, bukan data asal – asalan.
5. Menyajikan kesimpulan di balasan paragraf berupa inti dari permasalahan tersebut.

 

Jenis – Jenis Paragraf Argumentasi


Ada dua macam bentuk pengembangan paragraf argumentasi, diantaranya ialah argumentasi alasannya yaitu – balasan, dan argumentasi balasan – alasannya. Pada kesempatan ini, penulis akan membahas paragraf argumentasi alasannya – balasan.
Advertisement

 

Paragraf Argumentasi alasannya yaitu - balasan


Paragraf argumentasi alasannya yaitu – akhir adalah paragraf argumentasi yang pengembangannya berasal dari suatu permasalahan yang diawali dengan alasannya – karena terjadinya permasalahan tersebut kemudian mengarah pada suatu konklusi yang berbentuk balasan yang timbul dari alasannya adalah alasannya yang telah diuraikan sebelumnya.

Contoh 1

Perilaku cukup umur ketika ini telah keluar sangat jauh dari nilai – nilai budpekerti yang berlaku di masyarakat. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor yang pertama adalah bebasnya budaya barat yang masuk ke Indonesia. Budaya – budaya yang masuk tersebut ditiru dan dijadikan suatu kebiasaan baru oleh remaja ketika ini, sayangnya sikap – perilaku yang ditiru yaitu perilaku buruk dari budaya tersebut, teladannya seks bebas, narkoba dan lain – lain. Faktor yang kedua yaitu lemahnya ilmu agama yang dimiliki oleh para remaja. Padahal, ilmu agama sangatlaah berguna lantaran mampu mengontrol diri untuk menghindari suatu perbuatan yang jelek. Yang terakhir yaitu kurangnya pengawasan dari orang bau tanah. Orang busuk tanah sangat bertanggung jawab atas perilaku anak – anaknya. Orang tua yang tidak mempedulikan anaknya akan membuat mereka merasa tidak disayangi akibatnya mereka mencari rasa sayang itu di luar. Hal ini lah yang akan membuat mereka terjerumus ke dalam pergaulan yang salah. akhir dari faktor – faktor tersebut, walhasil sikap dewasa ketika ini menjadi bertolak belakang dengan nilai – nilai yang ada.

Contoh 2

Saat ini sampah berserakan di mana – mana. Hal ini bisa kita lihat di sekeliling kita. Sampah – sampah tersebut biasanya berasal dari orang – orang yang tidak bertanggung jawab dan malas membuang sampah pada tempatnya. Sampah – sampah yang berkumpul itu menimbulkan bau yang tidak sedap sehingga mencemarkan udara. Selain itu, tumpukan sampah tersebut menjadi sarang banyak sekali macam penyakit yang sangat berbahaya. Sumber penyakit tersebut akan terbawa dengan udara sehingga akan terhirup oleh kita. karenanya, kita akan menjadi sakit dan tentunya juga akan menular kepada orang lain yang menghirup udara yang sama tersebut.

Contoh 3

Biaya pendidikan di Indonesia sangatlah mahal. Meskipun pemerintah telah mengatakan bantuan, tetapi tetap saja para murid harus membayar beberapa biaya untuk keperluan sekolah, seperti baju, buku, dan lain – lain. Mahalnya biaya pendidikan ini tidak hanya sebatas pada Sekolah Dasar saja, tetapi hingga di sekolah tinggi tinggi. Bahkan biaya untuk menempuh pendidikan di kampus amat sangat mahal lantaran pemerintah tidak mengatakan donasi langsung kepada perguruan tinggi – perguruan tinggi tinggi. Banyak anak – anak yang sesudah lulus dari SMA lebih menentukan untuk mencari pekerjaan saja daripada melanjutkan di perguruan tinggi. jadinya, pendidikan di Indonesia tidaklah merata dan hanya terkonsentrasi kepada orang yang mampu saja. Sedangkan bagi orang yang kurang sanggup, pendidikan tinggi hanyalah sebuah angan.

Contoh 4

Narkoba mengandung beberapa zat – zat yang sangat berbahaya bagi badan. Salah satunya yaitu zat addiktif. zat inilah yang akan menggangu sistem saraf kita. Zat addiktif yang telah masuk ke dalam badan akan menuntut otak untuk terus mengkonsumsinya. risikonya, para pengkonsumsi narkoba akan menjadi sakaw dan tak sanggup terlepas dari narkoba.

0 Response to "4 rujukan Paragraf Argumentasi karena akibat dan Ciri-Cirinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel