-->

Definisi Paragraf Padu dan misalnya

Definisi Paragraf Padu dan polanya - Paragraf ialah rangakaian kalimat yang membentuk suatu gagasan utama. semoga menjadi paragraf yang baik, suatu paragraf harus memiliki syarat – syarat kelengkapan, kesatuan, dan kepaduan. Pada kesempatan ini, penulis akan membahas paragaraf padu.

Paragraf padu merupakan paragraf yang kalimat – kalimatnya tersusun atau terjalin dengan logis dan serasi. Untuk membentuk suatu paragraf yang padu, kalimat – kalimat tersebut harus disusun dengan urutan yang logis dan disambungkan dengan kalimat lainnya dengan menggunakan konjungsi atau kata sambung.

 

Cara Menyusun Paragraf Padu


1. Mengulang kata atau kelompok kata yang telah disebutkan pada kalimat sebelumnya.
2. menggunakan kata penunjuk “itu”, “ini”, “tersebut”, dan lain-lain dan menggunakan kata ganti orang.
3. Membangun urut-urutan wangsit yang logis.
4. menggunakan kata sambung intra kalimat dan antar kalimat.

Kata sambung intra kalimat ialah konjungsi yang menghubungkan antara kalimat induk dan anak kalimat seolah-olah : “karena”, “dan”, “tetapi”, dan lain – lain.

Kata sambung antar kalimat yaitu konjungsi yang menghubungkan antara kalimat dalam satu paragraf seakan-akan : “oleh karena itu”, “oleh karena itu”, “Namun”, “Terlebih lagi”, dan lain – lain.

Perhatikan pola berikut! Susunlah kalimat – kalimat berikut menjadi sebuah paragraf yang padu.

Aku berdiri tidur jam 5 pagi
Aku mengenakan pakaian
Aku merapikan tempat tidur
Aku berangkat sekolah
Aku mandi
Aku sarapan

Hari ini kami bangkit jam 5 pagi. sesudah bangun aku merapikan kawasan tidurku. Sehabis semuanya rapih, lalu saya mandi pagi. lalu saya mengenakan seragam sekolahku.  setelah itu, kami segera sarapan bersama orang tuaku. setelah semua siap, kami pun berangkat ke sekolah.

Paragraf di atas telah padu. Semua gagasan pada kalimat – kalimat di atas tersusun dengan logis dan sesuai urutan. Selain tersusun dengan logis, kalimat – kalimat di atas terjalin dengan memakai konjungsi sehingga terkesan tidak rancu dan enak dibacanya.
Advertisement

Contoh – contoh Paragraf Padu


Contoh 1

Jakarta adalah kota yang sangat padat. Populasinya hampir mencapai 30 ribu jiwa penduduk. Kepadatan penduduk ini bukan lantaran penduduk asli Jakarta itu sendiri, melainkan karena penduduk luar yang tiba berbondong – bondong ke Jakarta. Fenomena ini disebut dengan Urbanisasi. Mereka tiba ke Jakarta dengan mimpi – mimpi yang besar. Namun, kebanyakan para pendatang tersebut tidak mempunyai bekal yang berupa kemampuan atau skill sehingga mereka tidak mampu bersaing dan menjadi gelandangan. hasilnya mereka mendirikan perkampungan kumuh di sudut – sudut kota, teladannya di bawah jembatan, di belantaran kali, di pingir jalan tol, dan lain – lain. Oleh lantaran itu, ibu kota terlihat sangat padat di seluruh sudut kota.

Contoh 2

Proses menanam singkong sangatlah mudah dan cepat. Kita hanya membutuhkan batang singkong dan sebidang tanah. Namun, sebelum ditanam, batang singkong perlu disiapkan terlebih dahulu, yaitu batang singkong harus dipotong dengan panjang sekitar 5 cm dengan ujung yang diruncingkan. Sebelum ditanam, potongan batang itu harus didiamkan di daerah yang lembab selama satu ahad untuk menghilangkan getahnya. Selagi menunggu batang singkong mengeluarkan tunas, siapkanlah lahan dengan mengemburkannya terlebih dahulu supaya oksigen masuk ke dalam tanah. sehabis batang singkong mengeluarkan tunas dan lahan telah disiapkan, tanamlah batang singkong dengan jarak 10 cm antar batangnya supaya tidak menggangu pertumbuhan umbinya. lalu langah selanjutnya yaitu menyampaikan pupuk dan merawatnya. sehabis berumur 6 bulan singkong telah siap untuk dipanen.

Contoh 3

Berenang yaitu olahraga yang sangat baik bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan saat berenang semua otot tubuh bergerak. risikonya tubuh menjadi lebih segar dan bugar sehabis final berenang. Selain menciptakan tubuh segar dan bugar, berenang juga mampu menambah ukuran tinggi seseorang. Otot – otot yang bergerak akan meregang, terutama kepingan otot tulang belakang akan memanjang. Oleh lantaran itu, olahraga renang sangatlah bermanfaat.

Latihan

Susunlah kalimat – kalimat berikut semoga menjadi paragraf padu!

(1) Indonesia tetap melaksanakannya untuk memberikan pengaruh jera pada para pengedar narkoba.
(2) Bahkan Brazil dan Australia mengancam akan menarik duta besarnya dari Indonesia.
(3) Pelaksanaan sanksi mati gelombang ke dua yang dilakukan oleh Indonesia mendapat protes dari beberapa Negara.
(4) Meskipun hukuman mati telah ditentang oleh dunia
(5) Mereka tetap melakukan hukuman mati terhadap para pelaku tersebut.
(6) Namun, pemerintah Indonesia tidak terpengaruh dengan aneka macam tekanan tersebut.
(7) Protes – protes tersebut datang dari Negara – Negara yang warganya menjadi salah satu tersangka yang akan dihukum seperti Brazil. Australia, philipina, dan Perancis.

Kunci tanggapan:

3 – 7 – 2 – 6 – 5 – 4 – 1 

0 Response to "Definisi Paragraf Padu dan misalnya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel