-->

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Bahasa Indonesia

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Bahasa Indonesia - Beberapa teks yang sahabat – sahabat baca dalam koran atau pun majalah mungkin sanggup berupa teks eksplanasi. Apakah itu teks eksplanasi? Teks eksplanasi ialah sebuah teks yang berisi penjelasan perihal terjadinya suatu bencana / fenomena. Jenis teks ini juga sanggup ditemukan di ensiklopedia. Untuk memahami jenis teks ini, berikut ini adalah pola teks eksplanasi singkat bahasa Indonesia.

Contoh 1


Bagaimana Pengangguran Terjadi

Pengangguran ialah keadaan di mana seseorang tidak mempunyai pekerjaan, berada dalam umur untuk bekerja, dan dikala ini sedang mencari pekerjaan. Tingkat pengangguran digunakan dalam studi ekonomi dan indeks ekonomi seolah-olah Indeks Conference Leading Indicators Amerika Serikat. Tingkat ini ditentukan sebagai persentase dari mereka yang berada dalam angkatan kerja tanpa pekerjaan. Ada beberapa jenis pengangguran yang umum disebutkan yaitu sebagai berikut.

Pertama, pengangguran friksional. Jenis pengangguran ini terjadi dikala seorang pekerja berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain. Sementara dia mencari pekerjaan, ia mengalami pengangguran friksional. Ini yaitu potongan produktif dari ekonomi, meningkatkan kesejahteraan jangka panjang pekerja dan efisiensi ekonomi.

Kedua, pengangguran klasik. Jenis pengangguran friksional atau upah riil terjadi ketika upah riil untuk suatu pekerjaan ditetapkan di atas tingkat kliring pasar. Hal ini sering beliaunggap berasal dari intervensi pemerintah, seolah-olah dengan upah minimum, atau serikat pekerja.

Ketiga, pengangguran struktural. Pengangguran jenis ini disebabkan oleh ketidaksesuaian antara pekerjaan yang ditawarkan oleh pemberi kerja dan pekerja potensial. Ini mungkin berkaitan dengan lokasi geografis, keterampilan, dan banyak faktor lainnya. bila ketidaksesuaian seolah-olah itu ada, pengangguran friksional cenderung lebih signifikan juga.

Keempat, pengangguran demam informasian terjadi dikala suatu pekerjaan tidak diminati pada berita terkini-musim tertentu. Pengangguran jenis ini juga iakibatan dengan ketidaksesuaian antara kemampuan dan jenis pekerjaan yang ditawarkan sehingga meski ada lowongan pekerjaan, jumlah pengangguran tetap besar.

Terakhir, pengangguran siklis atau juga dikenal sebagai pengangguran yang kekurangan usul. Jenis pengangguran ini terjadi ketika tidak ada ajakan agregat yang cukup untuk tenaga kerja. Ini disebabkan oleh resesi siklus bisnis dan upah tidak turun untuk memenuhi tingkat keseimbangan.

Advertisement

Contoh 2


Asal-usul Bahasa Slang

Slang yaitu penggunaan kata-kata dan verbal informal untuk menggambarkan suatu objek atau kondisi. Kata slang yaitu kosa kata yang dimaksudkan untuk ditafsirkan dengan cepat tetapi tidak harus secara harfiah, lantaran kata-kata atau istilah slang sering merupakan metafora atau alegori.

Pertama, salah satu penggunaan bahasa gaul yaitu untuk menghindari tabu sosial, karena bahasa utama cenderung menghindar dari membangkitkan realitas tertentu. lantaran alasan ini, kosa kata bahasa gaul sangat kaya dalam bidang-bidang tertentu, seolah-olah kekerasan, kejahatan dan yang lainnya. Fakta menarik ihwal kata slang yaitu bahwa kata itu awalnya merupakan istilah slang untuk frasa lama bahasa Prancis "sale langue", yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris berarti "bahasa kotor". Bahasa ini mampu tumbuh hanya dari keakraban dengan hal-hal yang dijelaskan. Sebagai pola, di antara para penikmat anggur, Cabernet Sauvignon mungkin dikenal sebagai "Cab Sav", Chardonnay sebagai "Chard" dan seterusnya; ini berarti bahwa penamaan anggur yang berbeda menghabiskan upaya yang tidak berlebihan. Ini juga berfungsi sebagai aba-aba bersama di antara para penikmatnya.

Kemudian, bahkan dalam satu komunitas bahasa tunggal, bahasa gaul cenderung sangat bervariasi di seluruh strata sosial, etnis, ekonomi, dan geografis. Bahasa gaul terkadang tumbuh semakin umum sampai menjadi Cara secara umum dikuasai untuk mengatakan sesuatu, yang pada ketika itu dianggap sebagai bahasa umum yang mampu diterima (mis., Kata Spanyol caballo), sementara di waktu lain bahasa tersebut mungkin tidak digunakan lagi. Banyak istilah slang masuk ke pidato arus utama informal, dan kadang abad ke pidato formal, meskipun ini mungkin melibatkan perubahan makna atau penggunaan.

Selain itu, bahasa gaul sangat sering melibatkan penciptaan makna novel untuk kata-kata yang ada. Sangat umum untuk makna novel seolah-olah itu untuk menyimpang secara signifikan dari makna standar. 

Istilah slang sering dikenal hanya dalam klik atau dalam kelompok kecil. polanya, Leet ("Leetspeak"), awalnya hanya populer di kurunngan sub-budaya Internet tertentu, seolah-olah cracker ("peretas" jahat) dan gamer video online. Namun, selama tahun 1990-an dan 2000-an, Leet menjadi semakin umum di Internet, dan bahkan telah menyebar di luar komunikasi berbasis Internet dan ke dalam bahasa lisan. Jenis lain dari bahasa gaul, dengan akar dalam budaya Internet, yaitu bahasa teks (txt atau chatspeak), yang banyak dipakai dalam pesan instan di Internet (berbicara AOL) dan ponsel (bahasa SMS).

Contoh 3


Kemiskinan

Kemiskinan ialah suatu kondisi yang umumnya mengacu pada kondisi dikala seseorang tidak memiliki uang untuk menopang kebutuhan dasar insan mereka seakan-akan makanan, kawasan tinggal, pakaian, air minum yang kondusif. Kemiskinan juga ditandai oleh kurangnya akses ke pendidikan, berita, dan perawatan kesehatan. 

Tidak seolah-olah apa yang dipikirkan banyak orang, masalah kemiskinan tidak terbatas pada negara-negara berkembang saja. Bahkan di serpihan dunia maju, sebagian kecil dari populasi sering hidup dalam kemiskinan. Di dunia sekarang ini, dengan kesenjangan yang semakin lebar antara si kaya dan si miskin, fraksi ini berkembang dengan kecepatan yang meningkat. Di Hong Kong, sebagai rujukan, dari 1996 hingga 2006, jumlah orang di bawah skema donasi Jaminan Sosial Komprehensif meningkat secara drastis dari 223.384 menjadi 521.611.

Demikianlah pola teks eksplanasi singkat bahasa Indonesia. agar beberapa pola teks eksplanasi tersebut mampu bermanfaat bagi sahabat – sahabat semua. Terima kasih.

0 Response to "Contoh Teks Eksplanasi Singkat Bahasa Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel