-->

9 Tips Menulis Sebuah Teks Review yang Baik

9 Tips Menulis Sebuah Teks Review yang Baik - Teks review ialah sebuah teks yang berisi pendapat si penulis terhadap sebuah produk barang / jasa tertentu. Tujuan dari jenis teks ini ialah untuk mengevaluasi atau menyampaikan pendapat kita akan suatu hal. Dalam kehidupan sehari – hari niscaya kita berpendapat wacana sesuatu. Sebagai pola, kalau sahabat – sahabat memiliki grup musik favorit atau acara televisi favorit pasti kalian akan menyampaikan pendapat kalian perihal band atau kegiatan tersebut. teladan lainnya yaitu ketika kalian pergi ke supermarket tertentu dan kalian memberi komentar ihwal supermarket itu. Secara tidak sadar kalian telah mengatakan pendapat / me-review suatu hal. 

Ketika sahabat – sahabat menulis sebuah teks review, kalian haruslah menyatakan pendapat kalian sendiri berdasarkan pengalaman kalian menggunakan sebuah produk. supaya teks review yang sahabat – sahabat tulis terlihat baik dan menarik, berikut ialah 9 tips dalam menulis sebuah teks review.

1. Baca, tonton, atau dengarkan sebuah produk lebih dari satu kali

Ketika teman – sahabat membaca sebuah novel atau menonton suatu film baru, hal pertama yang harus kalian lakukan ialah mengerti keseluruhan dongeng dalam novel atau film tersebut dan menceritakan ihwal apakah dongeng dalam novel / film tersebut. kemudian, sahabat – sahabat sanggup memikirkan wacana apa saja kelebihan dan kekurangan dalam produk tersebut. Kalian mampu membaca novel atau menonton film tersebut kembali untuk meyakinkan diri kalian wacana pendapat awal dikala pertama kali membaca novel atau menonton film tersebut. saat kalian membaca novel atau menonton film tersebut untuk kedua kalinya, jangan lupa untuk mencatat hal – hal penting terkait kisah tersebut. 

2. Tulislah aneka macam berita penting terkait produk tersebut

Dalam menyampaikan review perihal suatu produk, tulislah hal – hal utama terkait produk tersebut. Tulislah judul / nama produk tersebut dengan lengkap dan siapakah pembuat / penulisnya. jikalaulaulau ada, tulislah juga nama penerbit, tanggal dipublikasikan / tanggal rilis, dan informasi lain ihwal produk tersebut atau warta dimana para pembaca / konsumen sanggup membeli / menemukan produk tersebut. Hal – hal penting lainnnya yang sanggup kalian tulis yaitu berita terkait produk tersebut yang telah kalian catat sebelumnya. Berilah juga beberapa fakta supaya tabrakan pena kalian terlihat lebih akurat.

3. Cari tahu siapa yang akan membaca teks review yang kalian tulis

Teks review mampu ditemukan dimana saja. Kalian sanggup menemukan jenis teks ini dalam penerbitan lokal dan nasional, online review, dan juga dalam beberapa jurnal atau dalam koran – koran. Oleh karena itu, sebelum menulis teks review, cari tahu terlebih dahulu dimana kalian akan menerbitkan tulidan kalian. sehabis itu, kalian akan mampu menuliskan sebuah teks review yang sesuai dengan para pembaca yang akan membaca hasil tabrakan pena kalian.

Advertisement
4. Pilihlah di posisi mana kalian berada (positif / negatif) terhadap produk tersebut

Sebelum menuliskan pendapat dalam sebuah teks review, pastikan terlebih dahulu dimana posisi kalian dikala beropini terhadap produk tersebut. Sebuah teks review mampu berisi pendapat negatif, aktual, atau keduanya. Hal yang harus kalian lakukan setelah memilih posisi kalian yaitu mengatakan bukti atau informasi lainnya yang akan mendukung pendapat kalian. Selain terlihat lebih akurat, hal ini juga akan menegaskan posisi kalian dan mengapa kalian menentukan posisi tersebut.

5. Jelaskan bagaimana Tutorial kalian menyampaikan pendapat ihwal produk tersebut

Dalam teks review kalian, jelaskan juga kriteria dan standar yang akan kalian gunakan dalam menyampaikan pendapat / judge wacana sebuah produk (buku, film, lagu, kuliner, atau produk lainnya). Sebagai teladan, teman – sahabat mungkin beropini bahwa sebuah novel akan sukses jikalaulau huruf dan jalan kisahnya menarik dan menciptakan para pembaca ingin tau. Jelaskan hal – hal yang menjadi pendapat kalian sehingga para pembaca mengerti apa yang kalian tuliskan.

6. Jangan lupa mengatakan bukti untuk mendukung pendapat kalian

Teman – sahabat akan membutuhkan beberapa bukti untuk mendukung pendapat kalian terkait produk yang kalian review. Bukti pendukung tersebut sanggup berupa cuplikan kalimat / gambar, atau deskripsi dari sebuah scene (dari sebuah film). Kalian juga sanggup menggunakan bukti yang diambil dari sumber lain namun terkait dengan produk tersebut. Sebagai pola kalian sanggup memakai potongan pendapat yang diutarakan dari teks review orang lain wacana produk yang sama. Namun pastikan kalian mencantumkan nama penulis teks review tersebut kalaulau kalian ingin menggunakannya sebagai bahan tumpuan (rujukan).

7. Cari tahu apa saja yang harus terlibat dalam sebuah jenis produk

Setiap jenis dari produk seni pasti mempunyai unsur – unsur yang spesifik. Sebagai tumpuan, sebuah kisah misteri pasti mempunyai unsur horor / menyeramkan, sedangkan sebuah kisah romantis pasti mempunyai huruf – aksara yang tertarik satu sama lain. Pikirkanlah wacana tema, struktur, karakter, tempat, percakapan, dan faktor – faktor lain terkait produk yang kalian review. Pahamilah apa saja yang seharusnya terlibat dalam jenis produk tersebut.

8. grup bandingkanlah produk tersebut dengan produk lain yang sejenis

Perbandingan sanggup menjadi Cara yang sangat baik untuk mengevaluasi suatu produk. Namun dikala kalian akan membandingkan sebuah produk, pastikan kalian membandingkan produk tersebut dengan produk yang memiliki jenis yang sama sehingga para pembaca akan lebih praktis mengerti perbedaan yang dimiliki produk tersebut.

9. Hindarilah merangkum semua plot dalam teks review

Untuk produk berupa buku, novel, film, dan kegiatan televisi pasti memiliki awalan, pertengahan, dan akibat dongeng. Orang – orang membaca jalan dongeng tersebut lantaran mereka ingin tahu apa yang terjadi. Namun dalam teks review, kalian cukup menuliskan jalan dongeng tersebut secara umum dan singkat, dan jangan mengatakan serpihan yang menarik (terutama potongan jadinya).

Demikianlah 9 tips dalam menulis sebuah teks review. biar beberapa tips di atas mampu bermanfaat dalam penulisan teks review sahabat – sahabat. terima kasih and good luck!

0 Response to "9 Tips Menulis Sebuah Teks Review yang Baik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel