-->

Hal – Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menulis sebuah Laporan

Hal – Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menulis sebuah Laporan - Menulis sebuah laporan terkadang merupakan hal yang sulit lantaran membutuhkan waktu dan proses yang usang. Selain itu sebuah laporan juga membutuhan data dan fakta sehingga tida mampu ditulis begitu saja. Sebelum menulis sebuah laporan, ada beberapa hal yang harus teman – sahabat ketahui semoga menulis laporan menjadi lebih praktis. Berikut yaitu hal – hal yang perlu diperhatikan sebelum menulis sebuah laporan.

A. Hal – Hal yang Perlu Dilakukan ketika menentukan Topik


1.   Mengerti akan Tugar yang Diberikan

Jika sahabat – sahabat diberi peran oleh guru, dosen, atau bahkan atasan kalian di tempat kerja untuk membuat sebuah laporan, maka hal yang paling pertama kalian harus lakukan ialah pahami baik – baik laporan yang bagaimana dan jenis apa yang diminta. Umumnya, bila sahabat – sahabat diminta untu menulis sebuah laporan pada jenjang sekolah dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama, atau Sekolah Menengan Atas, kalian akan diminta untuk mempresentasikan sebuah topik tanpa menambahkan pendapat sahabat – sahabat terkait topik tersebut. Namun, ada kalanya pada jenjang Sekolah Menengan Atas atau perkuliahan, sahabat – sahabat akan diminta untuk memberikan pendapat kalian dan mengajak para pembaca untuk melaksanakan hal tertentu (mempengaruhi para pembaca) terkait topik laporan yang kalian tulis. Tak jarang kalian pun akan diminta untuk menganalisis sebuah topik. Oleh lantaran itu, bila sahabat – sahabat diberi kiprah untuk menulis sebuah laporan, pahami baik – baik dan kalaulau perlu tanyakanlah hal yang belum kalian pahami kepada guru, dosen, atau ataan kalian.

2.   Pilih Sebuah Topik yang Kalian Suka dan Menarik

Ketika sahabat – sahabat menentukan sebuah topik yang kalian suka, tentu kalian akan bersemangat mengerjakan kiprah laporan. Topik yang kalian pilih hendaknya yang menarik semoga para pembaca ingin tahu lebih dalam wacana apa yang kalian tulis dalam laporan tersebut. bila topik sebuah laporan sudah ditentukan, maka cobalah cari hal – hal terkait topik tersebut yang mampu memberi semangat kepada kalian untuk mengerjakannya. teman – sahabat juga sanggup berkonsultasi dengan guru atau dosen kalian wacana topik terkait sehingga kalian akan lebih memahami ihwal topik yang diberikan sehingga akan menerima pencerahan bagaimana untuk menyelesaikan laporan tersebut.

3.   Ingatlah bahwa Topik mampu Diganti

Jika dalam peran laporan teman – sahabat tidak ditentukan topiknya, hanya lingkup tema nya saja, maka hal ini baik untuk kalian. Kalian sanggup menentukan topik yang sesuai dengan kemampuan sahabat – sahabat. kalau sahabat – sahabat sudah menentukan sebuah topik, namun kemudian kalian tidak / sulit menemukan berita yang relevan / terkait topik tersebut, topik terlalu luas, atau sumber berita terlalu sedikit, maka kalian dapat mengganti topik tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya sebelum sahabat – sahabat menulis sebuah laporan, tentukan dulu sebuah topik kemudian cari aneka macam sumber warta terkait topik tersebut. kalau terjadi perkara seolah-olah yang disebutkan sebelumnya, sahabat – teman masih mempunyai banyak waktu untuk mengganti topik laporan kalian atau untuk menentukan topik yang lebih spesifik (jika topik laporan terlalu luas).
Advertisement

B. Lakukan Penelitian terhadap Topik yang Dipilih


1.   Telitilah Topik yang Telah Dipilih

Langkah selanjutnya adalah meneliti topik yang telah dipilih. Sebelum memulai langkah ini, pastikan sahabat – sahabat mempunyai sumber dan info yang cukup untuk mendukung penulisan laporan kalian. kalaulaulau kalian menulis laporan yang bekerjasama dengan sejarah, maka jangan lupa untuk menambahkan time line (waktu kejadian secara kronologis). bila sahabat – sahabat ditugaskan untuk menulis sebuah laporan wacana seseorang, telitilah kurun kemudiannya, seperti apa masa kanak – kanaknya, hal / momen apa saja yang penting dalam hidupnya, dan seolah-olah apa keluarganya. bila kalian menulis laporan perihal suatu aktivitas (event), cari tahu kegiatan apa saja yang berkaitan dengan aktivitas yang akan kalian bahas dalam laporan. Teliti juga apa saja yang terjadi dalam kegiatan tersebut, siapa saja yang terlibat, apa lantaran dan akhir dari kegiatan tersebut, serta apa dampaknya.

2.   Kunjungi Perpustakaan

Perpustakaan yaitu tempat terbaik untuk mencari dan menemukan aneka macam macam sumber isu yang terkait dengan topik laporan kalian. Banyak buku, laporan lain, koran, dan sumber – sumber lain yang sanggup kalian temukan dalam perpustakaan. Kalian juga sanggup meminta kontribusi petugas perpustakaan untuk mencari data yang berkaitan dengan topik laporan kalian. Salah satu Cara terbaik untuk menerima berita yang relevan / terkait yaitu dengan mencari beberapa buku yang sesuai dengan topik laporan yang akan kalian tulis, kemudian lihat siapa penulis buku tersebut dan bukalah pecahan referensi buku tersebut. Dalam acuan tersebut kalian akan melihat lebih banyak sumber yang terkait dengan topik laporan kalian.

3.   Pastikan Sumber warta Online yang digunakan Tidak Abal – Abal

Jika sahabat – sahabat memakai sumber data / isu online dari berbagai website, maka pastikanlah website tersebut bukan merupakan website yang ala kadarnya. Pastikan untuk selalu mengecek ulang ihwal data / fakta yang kalian temukan dalam suatu website. Jangan hanya mengandalkan satu sumber saja, namun carilah beberapa sumber terkait data / fakta yang hendak kalian ingin temukan. Dengan begitu sahabat – teman akan mendapatan data yang akurat. Selain melakukan pengecekan, sellau perhatikan juga website apa yang kalian telusuri. Sebagai sumber tumpuan penulisan laporan, sebaiknya sahabat – sahabat mencari dari website resmi, seolah-olah website wacana jurnal penelitian atau website resmi pemerintah. Hindarilah menelurusi website yang berisi forum – lembaga untuk mengatakan pendapat.

4.   Tulis Semua gosip yang Didapat

Penting bagi sahabat – sahabat untuk menulis semua sumber info yang telah didapat sebagai sumber tumpuan penulisan laporan kalian. Tulis dari mana, kapan, dimana kalian mendapat informasi tersebut, dan juga nama penulis serta nama kota dan penerbit (buku).

Demikianlah hal – hal yang perlu diperhatikan sebelum menulis sebuah laporan. Beberapa hal di atas sangatlah direkomendasikan untuk dilakukan sehingga saat sahabat – sahabat menulis sebuah laporan tidak akan menjadi begitu sulit. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Hal – Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menulis sebuah Laporan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel