-->

Cara Menulis Teks Laporan yang Baik dan Benar

Cara Menulis Teks Laporan yang Baik dan Benar - Sebuah teks laporan yaitu goresan pena yang berisi ihwal ilustrasi/ deskripsi wacana suatu hal. Yang membedakan antara teks laporan dan teks deskripsi yaitu umumnya teks laporan ini membutuhkan data dan juga fakta dalam penulisannya. Oleh lantaran itu, penulisan laporan ini haruslah dengan Tutorial yang benar. Berikut adalah Tutorial menulis teks laporan yang baik dan benar.

A. Hal – Hal Sebelum Penulisan Laporan


1. Tulislah pernyataan yang berisi pandangan gres utama

Sebuah teks laporan haruslah memiliki pandangan gres utama. sahabat – sahabat mampu menuangkan pandangan gres utama tersebut dalam sebuah pernyataan yang merangkum apa yang akan kalian tulis dalam teks laporan tersebut. Pernyataan yang berisi wangsit utama tersebut sebaiknya cukup umum (general) biar sanggup mencakup sub-topik yang sahabat – sahabat tulis dalam laporan. Hal yang perlu diperhatikan adalah kalaulau kalian menulis sebuah laporan yang berisi usul atau sebuah laporan ihwal analisis suatu hal, maka pandangan gres utama perlu berisi sebuah argumen / pendapat kalian yang ingin dibuktikan dalam laporan tersebut.

2. Buatlah sebuah outline

Outline yaitu sebuah ilustrasi awal bagaimana seharusnya laporan ditulis dan mampu membantu teman – sahabat apa yang harus dan tidak harus ditulis dalam sebuah laporan. Outline sanggup berupa daftar, jaring wangsit, atau peta konsep yang berisi poin – poin utama dan sub judul dari laporan yang akan ditulis. ketika kalian telah menulis sebauh pernyataan berisi wangsit utama, kalian lalu dapat membuat sebuah outline berisi beberapa gagasan utama yang mendukung wangsit utama tersebut. Selanjutnya, teman – sahabat mampu menulis detail perihal gagasan utama tersebut.

3. Pilihlah format untuk teks laporanmu

Format sebuah teks laporan akan tergantung pada topik laporan yang sahabat – sahabat pilih. Sebagai acuan, bila kalian menulis sebuah teks laporan ihwal seseorang, kalian perlu menuliskan laporannya secara kronologis.

B. dikala Penulisan Laporan


1. Tulislah potongan perkenalan (Introduction)

Advertisement
Bagian perkenalan (introduction) ialah pecahan dimana sahabat – teman memperkenalkan topik laporan dan menyatakan wangsit utama. cuilan ini haruslah ditulis semenarik mungkin supaya para pembaca tertarik untuk membaca lebih lanjut teks laporan yang kalian tulis. Berilah beberapa berita terkait latar belakang dan tulislah wangsit utama dari topik yang kalian pilih untuk laporan dalam bentuk sebuah pernyataan. Pernyataan pandangan gres utama tersebut sebaiknya dibagian tanggapan dari penggalan perkenalan ini semoga para pembaca tahu apa yang akan kalian bahas dalam teks laporan tersebut. Hal lain yang perlu diingat yaitu jangan memakai pengulangan / membahas kembali hal yang telah disebutkan sebelumnya dalam satu paragraf yang sama.

2. Tulishlah penggalan paragraf isi

Bagian isi dari teks laporan terdiri dari beberapa paragraf berisi pernyataan – pernyataan perihal aneka macam bukti yang mendukung pernyataan wangsit utama yang telah kalian tulis dalam serpihan perkenalan (introduction). Dalam penggalan isi laporan kalian juga sanggup menuangkan dan membahas semua hal terkait topik. Setiap paragraf pasti mempunyai gagasan utama dan beberapa kalimat pendukung. Gagasan utama dalam setiap paragraf hendaknya mengandung topik ihwal laporan kalian, serta merujuk kembali kepada keseluruhan ide utama. 

3. Tulislah kalimat – kalimat pendukung gagasan utama

Setelah teman – sahabat menulis gagasan utama untuk setiap paragraf isi, hal selanjutnya yang dilakukan yaitu menulis beberapa kalimat pendukung untuk gagasan utama pada setiap paragraf. kalian sanggup menyampaikan data, warta, atau bukti dari penelitian yang telah dilakukan sebagai kalimat pendukung gagasan utama. Bukti – bukti atau info tersebut juga mampu berupa ilustrasi ihwal hal – hal yang disebutkan dalam gagasan utama, kata – kata dari para andal tekait topik yang dibahas, atau data – data yang telah sahabat – sahabat cari sebelumnya dari aneka macam sumber.

4. Tulishlah serpihan kesimpulan

Bagian jawaban dari sebuah teks laporan ialah kepingan kesimpulan. Paragraf ini berfungsi untuk mengatakan rangkuman ihwal wangsit utama yang ditulis dan menyajikan pendapat si penulis (pendapat kalian) ihwal topik laporan. Dalam serpihan ini juga sahabat – sahabat sebaiknya menyatakan kembali apa yang poin utama yang harus diketahui oleh para pembaca sehabis membaca laporan kalian.

5. Jangan lupa mencantumkan kepingan rujukan

Referensi merupakan pecahan dimana penulis mencantumkan semua sumber yang digunakan dalam penulisan sebuah teks, termasuk teks laporan. Sebelum membuat belahan tumpuanm sahabat – sahabat sanggup menanyakan kepada guru atau dosen yang memberi peran wacana format rujukan yang biasa dipakai oleh mereka, apakah itu berupa APA style atau Chicago style. jikalau guru atau dosen kalian tidak menyampaikan arahan wacana format rujukan yang digunakan, kalian mampu menuliskan cuilan tumpuan tersebut sesuai dengan jenis format yang kalian sukai. Format standar untuk penulisan akademik (termasuk teks laporan) yaitu jenis huruf Times New Roman atau Arial, ukuran karakter 12, double-spaced lines, dan margin 1 inch pada setiap cuilan. 

C. sehabis Penulisan Laporan


1. Check and re-check

Cek lah hasil goresan penamu jika ada penggunaan kata yang salah, salah penulisan huruf, salah ketik, dan sebagainya. Sebuah teks yang baik hendaknya tidak memiliki kesalahan dalam potongan formatting dan penulisan.

2. Mintalah orang lain untuk membaca hasil laporanmu

Setelah akibat menulis laporan, mintalah seseorang (angota keluarga atau sahabat kalian) untuk membaca kembali laporan yang telah kalian tulis. Dengan begitu, kalian akan menerima aneka macam masukan yang akan membuat penulisan laporan kalian menjadi lebih baik karena setiap orang memiliki perspektif (sudut pandang) yang berbeda – beda. Tanyakan kepada mereka beberapa pertanyaan terkait laporanmu, misalnya apakah mereka mengerti apa yang dibahas dalam laporan tersebut, apakah semua hal yang tertulis dalam laporan tersebut sudah cukup terang, apakah ada cuilan yang perlu diganti, dan sebagainya.

Demikianlah Tutorial menulis teks laporan yang baik dan benar. Tutorial di atas diperlukan sanggup membantu teman – sahabat dalam penulisan laporan semoga tidak menjadi terlalu sulit. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Cara Menulis Teks Laporan yang Baik dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel