-->

Pengertian Membaca dan Memindai Teks

Pengertian Membaca dan Memindai Teks - Membaca dan memindai, atau dalam bahasa Inggris disebut scanning, adalah Tutorial membaca yang digunakan untuk mencari materi, data, atau kata yang ingin kita ketahui secara cepat. Membaca memindai adalah Tutorial membaca cepat dari atas sampai bawah halaman tanpa memperhatikan arti kalimat yang terkandung dalam baris-baris atau paragraf pada teks atau bacaan tertentu hingga tujuannya tercapai yaitu menemukan kata atau penggalan kata kalam satu ukiran pena yang panjang.

Membaca memindai ini dilakukan dengan Tutorial membaca dari atas ke bawah, namun sentra pandangan dihentikan berpindah-pindah. Usahakan untuk selalu terpusat ditengah-tengah teks ata pada cuilan teks yang sedang dicari. Anda sanggup melebarkan sudut pandangan sehingga Anda sanggup melihat semua kata dihalaman mulai dari kiri hingga yang paling kanan. Dengan Tutorial itu, Anda mampu membaca seluruh baris kalimat dalam waktu singkat. Pertama, Kita tentukan terlebih dahulu kata apa yang akan kita cari dari suatu sumber bacaan tersebut. Kemudian, kita mulai membaca dari baris yang paling atas hingga yang paling bawah. sesudah menemukan kata yang dicari, maka kita tandai kata tersebut dan jikalau perlu atau penting, bias kita catat nomor halaman atau pada paragraf keberapa sehingga kita mampu dengan Mudah menemukannya kembali. 

Sebelum kita mencari kata yang kita tuju, perlu kita lakukan investigasi dengan memperhatikan judul buku, kemudian pikirkan kata kunci dari apa yang kita cari. sehabis itu, cobalah mencarinya dalam daftar “index” yang biasanya diletakkan dilampirang belakang buku. Carilah sesuai karakter. contohnya kita ingin mencari kata “reboisasi”, maka kita mampu pribadi mengarah pada huruf “R” dalam daftar index. bila ada dalam daftar index nya, maka pribadi lihat nomor halamannya dan buka halaman tersebut. Dengan mengunakan daftar Index, waktu yang kita butuhkan hanya kurang dari 15 detik untuk satu halaman, namun ini juga tergantung pada banyaknya jumlah halaman yang ditunjukkan dalam indeks.

Advertisement
Cara Kerja Membaca Memindai:

1. Ketahui apa yang harus Anda cari. memutuskan satu kata atau penggalan kata untuk menjadi kata kunci.
2. Carilah halaman dimana anda sanggup menemukan kata kunci tersebut, gunakan indeks yang ada dihalaman lampiran belakang buku. 
3. Persempit jangkauan pencarian bila kata kunci tidak ada di indeks. Periksa juga kesesuaian dengan daftar isi dan topic yang kita cari.
4. Baca dan pindai halaman yang di temukan dan bila ditemukan kata kunci yang dimaksud, baca satu kalimat atau satu paragraf daerah kata kunci tersebut berada.

Hal-Hal yang sanggup memperlambat dalam membaca memindai:

• Pandangan mata yang mengikuti kata perkata, dari kiri kekanan. 
• Membaca keras dengan mengeluarkan suara. Dalam membaca cukup gunakan pandangan per baris. Gunakan juga otak dan pikiran untuk menelaah kata-kata yang ditangkap.
• Membaca dengan mulut yang komat-kamit. Meskipun tidak bersuara, ekspresi yang komat-kamit mampu mengganggu proses membaca dan memindai. 
• Membaca dengan memakai penunjuk. Membaca dengan menggunakan alat penunjuk ini bisa mengganggu dalam membaca cepat
• Tergerak untuk membca keseluruhan isi bacaan. Meskipun topik teks yang Anda baca menarik, kontrol diri Anda untuk tidak membacanya. Tetaplah fokus untuk melalukan scanning saja sehingga Anda tidak banyak terbuang. Catat halaman, paragraph, dan baris dimana kata kunci yang Anda cari ditemukan sehingga Anda sanggup dengan simpel menemukannya lagi.

0 Response to "Pengertian Membaca dan Memindai Teks"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel