-->

8 Poin yang Perlu Diperhatikan dalam Menulis Cerpen

8 Poin yang Perlu Diperhatikan dalam Menulis Cerpen - Menulis cerpen yang baik merupakan keterampilan dari latihan secara terus-menerus. Untuk menerima kemampuan maksimal, Anda bisa mengikuti tips yang berisi poin-poin penting dalam menulis cerpen berikut ini. 

1. Ide kisah


Ide termasuk bagian yang paling penting lantaran dia lah yang menjiwai seluruh karangan. Untuk memulai menulis, janganlah terpaku pada judul . Namun, tulis saja semua ide yang ada di kepala Anda. Tulislah ide-ide tersebut secara mengalir tanpa memikirkan apakah ide tersebut elok atau tidak. lantaran, apabila di awal menulis cerpen Anda sudah memikirkan baik atau buruk ide tersebut, Anda akan stuck dan merasa sulit untuk melanjutkan menulis. setelah itu, bacalah lagi apa yang sudah Anda tulis. Anda mampu memfilter ide-ide tersebut dan apabila mungkin untuk saling disambungkan, Anda sanggup menuliskannya kembali dengan mengatakan kalimat atau ide penghubung lainnya. Tetapi apabila tema cerpen telah ditentukan, maka cobalah untuk membuat outline dari alur dongeng yang ingin Anda tulis. Dengan begitu, Anda akan menjadi lebih praktis menumpahkan ide-ide Anda.

Apabila Anda sulit untuk menemukan ide kisah untuk cerpen Anda, maka cobalah perhatikan lingkungan dan orang-orang disekitar Anda, buat catatan kecil wacana fenomena apapun yang Anda temui di lingkungan sekitar Anda. Biasanya, orang-orang akan tertarik untuk membaca dongeng yang tampak dekat dengan lingkungan mereka, bersahabat dengan keseharian mereka, atau perihal pengalaman yang menyerupai dengan pengalaman mereka.

Selain itu, Anda juga bisa melalukan research kecil-kecilan dengan bertanya pada orang-orang mengenai sudut pandang mereka wacana hal-hal yang berkaitan dengan kisah yang ingin Anda tulis. Hal tersebut sanggup memiliki kegunaan untuk mendalami  lagi cerita yang akan Anda tulis.

2. Narasi 


Dalam menulis dan menyusun narasi dongeng, Anda harus membuatnya semenarik mungkin. Bahasa yang digunakan mampu memvisualiasikan tragedi-peristiwa dalam kisah secara tepat, namun tidak membosankan dan berbelit-belit.

3. Deskripsi


Berikanlah deskripsi mengenai tokoh, latar waktu, tempat, ataupun suasana yang ada di dalam kisah Anda sehingga pembaca mampu menyelami kisah yang Anda tulis dengan lebih baik, juga kisah Anda akan menjadi lebih hidup.

4. dialog


Dialog juga termasuk penggalan yang sanggup menghidupkan cerita. Lewat obrolan, Anda sanggup menyampaikan ilustrasi lebih wacana tabiat dan sifat tokoh dalam dongeng, apa yang dirasakan dan dipikirkan tokoh tersebut, tidak hanya itu, obrolan juga mampu dijadikan alat untuk memberikan penghayatan pada kisah.

Namun, Anda tidak perlu menciptakan obrolan yang mana kata-kata atau anutan tersebut telah disebutkan dalam narasi. Anda harus menciptakan obrolan berbeda dengan narasi, bukan repetisi.

Advertisement

5. Konflik 


Dengan adanya konflik, pembaca akan menjadi penasaran perihal bagaimana kisah selanjutnya atau bagaimana akhir dari dongeng yang Anda tulis. Konflik akan menciptakan kisah menjadi tidka monoton atau datar-datar saja. 

6.  Wawasan


Anda mampu memasukan pengetahuan di dalam dongeng yang Anda tulis. Tentu saja hal ini akan lebih menarik perhatian pembaca, lantaran selain disuguhkan kisah yang apik, pembaca juga diberikan pengetahuan pelengkap. Ini juga mengatakan kesan bahwa si penulis/pengarang kisah berwawasan luas. Kita sanggup mengambil contoh Filosofi Kopi karya Dee Lestari, dimana ia menyampaikan beberapa pengetahuan kepada pembaca perihal biji kopi.

7.   Memperhatikan EyD


Penting bagi penulis untuk mampu menulis sesuai dengan EYD, terutama ihwal penggunaan tanda baca. lantaran, semakin baik penggunaan EYD nya, maka semakin simpel pembaca memahami isi goresan pena.

8. Banyak Membaca dan Menulis


Dengan banyak membaca karya orang lain, Anda mampu belajar bagaimana menulis cerpen yang baik dan juga Anda akan menerima banyak ide menulis. Dan yang terakhir, tidak ada Cara lain untuk mampu menulis dengan baik dan menghasilkan karya tulisan yang manis kecuali dengan menulis itu sendiri. Banyaklah menulis, kemudian minta pendapat orang lain sehingga Anda mendapat koreksi untuk perbaikan ukiran pena Anda kedepannya.

0 Response to "8 Poin yang Perlu Diperhatikan dalam Menulis Cerpen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel