-->

Ciri-Ciri Paragraf Deduktif dan 4 rujukan Lengkap

Ciri-Ciri Paragraf Deduktif dan 4 pola Lengkap - Paragraf deduktif yaitu paragraf yang gagasan utama atau topik utamanya terletak pada kalimat utama pada awal kalimat di dalam sebuah paragraf.

Paragraf ini dikembangkan dengan pola umum khusus yaitu dengan memaparkan hal – hal umum terlebih dahulu yang merupakan gagasan utama dan kemudian dikembangkan dengan hal – hal khusus pada kalimat penjelas.

 

Ciri – Ciri Paragraf Deduktif


Berikut ini adalah ciri – ciri paragraf deduktif!

1. Gagasan utama pada paragaf deduktif terletak pada kalimat utama yang berada di awal paragraf.
2. Paragraf ini mempunyai pola pengembangan umum khusus.

Contoh:

Pak Rozak menjual barang – barang elektro. (Umum)
Di tokonya tersedia lemari es dua pintu. (Khusus)
Dia juga menjual TV 21 Inchi. (Khusus)
Tak hanya itu, di sana juga tersedia mesin cuci. (Khusus)
Mesin cuci yang dijual tersedia dengan aneka macam tipe. (Khusus)

Paragraf di atas beliauwali dengan menyajikan suatu hal yang umum yaitu, barang – barang elektronik. Kemudian gagasan tersebut dikembangkan dengan menyajikan hal – hal khusus seolah-olah lemari es, TV, mesin cuci.

Penalaran deduktif biasanya digunakan dalam beberapa jenis pola paragraf berikut ini:

1. Silogisme
2. Entimem

 

Contoh – referensi Paragraf Deduktif


Contoh 1

Kemacetan di kota besar disebabkan oleh beberapa hal. Faktor pertama ialah menjamurnya kendaraan – kendaraan bermotor di jalan raya. Hal ini dikarenakan simpelnya kanal untu mendapatkan kendaraan bermotor. Hanya dengan uang sebesar 1 juta saja saat ini telah mampu mendapatkan sebuah sepeda motor dengan sistem kredit. Faktor selanjutnya adalah tidak seimbangannya jumlah motor dengan pembangunan jalan yang ada. Meningkatnya jumlah kendaraan bermotor ini tidak diikuti dengan perluasan jalan raya. jadinya, jalan semakin menyempit lantaran kendaraan yang membeludak. Faktor yang terakhir ialah banyaknya lahan yang beliaulih fungsikan seolah-olah trotoar yang digunakan sebagai pasar kaget, merebaknya pedagang kaki lima, dan lain – lain.

Contoh 2

Negeri Indonesia yaitu Negara kepulauan. Negeri ini disebut demikian karena mempunyai ribuan pulau yang terbentang dari sabang hingga merauke. Hampir semua pulau – pulau tersebut telah mendapatkan nama dan berpenghuni. Namun, ada juga pulau yang belum mempunyai nama dan tidak berpenghuni. Ribuan pulau tersebut terdiri dari pulau – pulau kecil dan pulau besar. Indonesia mempunyai 5 pulau besar beliauntaranya ialah pulau sumatera, pulau jawa, pulau Kalimantan, pulau Sulawesi, dan pulau irian jaya. Sedangkan untuk pulau kecil Indonesia kira – kira mempunyai ribuan pulau.
Advertisement

Contoh 3

Membuat mie goreng instan sangatlah mudah dan simpel. Hal pertama yang harus dilakukan ialah memanaskan air. Air dipanaskan di dalam panci kira – kira lima belas menit hingga mendidih. sesudah mendidih, celupkan mie instan ke dalam air mendidih, kemudian aduk hingga mie menjadi lunak. Kemudian angkat mie dari panci lalu tiriskan airnya hingga kering. Selagi menunggu mie menjadi agak hangat, siapakan bumbu – bumbu yang ada lalu tuangkan ke dalam piring. Langkah selanjutnya adalah tuangkan mie ke dalam piring yang telah dibumbui kemudian aduk sampai rata. sehabis semua bumbu tercampur, berikan aksesori sesuai selera Anda teladannya bakso, sosis, daging ayam, dan lain – lain.

Contoh 4

Hari ini merupakan hari yang paling spesial bagiku. Banyak sekali kebahagiaan yang admin dapatkan. Dimualai dari ayahku yang tiba – tiba mengetuk pintu kamarku dengan membawa hadiah pagi ini. Hadiah itu merupakan benda yang sangat aku inginkan dalam beberapa minggu terakhir ini. Kebahagiaan ku terus berlanjut hingga di sekolah. Hari ini hasil ujian matematika ku keluar dan admin menerima nilai 9. Sungguh kami tak menyangka admin bisa mendapat nilai sebesar itu, tetapi bagaimanapun juga kami harus bersyukur. sesudah pulang dari sekolah, admin mendapat kejutan dari sahabat – sahabatku. Mereka membawakan ku kue ulang tahun dan kado yang sangat banyak. lalu pada malam harinya admin dan keluargaku merayakan ulang tahunku dengan mengadakan aktivitas makan malam di luar.

Contoh 5

Tekhnologi komunikasi telah berkembang dengan sangat pesat. Pada awalnya insan mengirimkan kabar kepada koleganya yang jauh dengan memakai merpati. sesudah beberapa dekade, manusia mulai menemukan Cara baru yaitu dengan menggunakan surat. Penggunaan surat ini bertahan cukup lama, tetapi sehabis ditemukannya tekhnologi komputer dan satelit barulah tekhnologi komunikasi tercipta yaitu handphone. penemuan ini memudahkan manusia dalam hal berkomunikasi. Mereka kini sanggup mengirimkan kabar kepada koleganya kapanpun dan dimanapun.

0 Response to "Ciri-Ciri Paragraf Deduktif dan 4 rujukan Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel