-->

Contoh Paragraf Induktif Analogi Lengkap

Contoh Paragraf Induktif Analogi Lengkap - Paragraf induktif analogi adalah paragraf yang dikembangkan dengan menggunakan pola induktif, yaitu pengembangan paragraf yang memaparkan suatu hal - hal khusus terlebih dahulu, lalu pada pecahan akibat disimpulkan dalam bentuk suatu kesimpulan yang umum. Paragraf ini mengatakan gagasan utamanya dengan Cara membandingkan dua hal yang berbeda yang mempunyai banyak kesamaan. Persamaan – persamaan itu kemudian akan disimpulkan ke dalam satu kesimpulan umum.

Contoh Paragraf analogi antara roda dan kehidupan

Roda selalu berputar. Kadang sisi yang di atas menjadi di bawah dan kadang sisi yang di bawah akan berada di atas. Perputarannya pun tak mampu diprediksi, kadang perputarannya cepat dan ada eranya berputar sangat usang. Begitu juga dengan kehidupan di dunia ini. Kadang kita berada di dikala – ketika yang menyenangkan dan kadang pula kita berada di abad – masa sulit. kalau kita sedang merasa bahagai berarti kita sedang berada di atas, tetapi janganlah lupa daratan lantaran sewaktu – waktu kehidupan akan berputar kembali dan menempatkan kita pada posisi yang sulit. Begitu juga bila kita sedang berada di posisi yang sangat rendah, janganlah merasa putus asa atau kecewa, yakinlah bahwa kita akan bergeser dari posisi tersebut. Tetapi, berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkannya. Oleh lantaran itu, Kehidupan di dunia ini sama seakan-akan perputaran roda yang akan terus berputar.

Contoh paragraf analogi antara warna dan insan

Di dunia ini aneka macam warna yang berbeda – beda. Warna – warna tersebut bersatu padu untuk menghiasi dunia ini menjadi sangat indah. bilalau mereka dipisahkan, maka keindahan tersebut tidak akan tercipta lantaran akan terjadi kemonotonan warna. Hal ini sama juga dengan insan. Kita diciptakan oleh dewa dengan berbeda – beda, baik bangsa, bahasa maupun warna kulit. Tetapi perbedaan ini bukanlah suatu yang harus diperdebatkan lantaran sesungguhnya perbedaan itu sangatlah indah dan perbedaan inilah yang memberi warna bagi kehidupan ini. Coba bayangkan periodeu di dunia ini semua insan mempunyai ciri – ciri fisik yang sama, tentunya dunia akan menjadi dingin tanpa suasana. Oleh karena itu, jangalah memandang perbedaan sebagai suatu hal yang ajaib karena bantu-membantu perbedaan itu menciptakan sesuatu yang indah.
Advertisement

Contoh paragraf analogi antara rayap dan koruptor

Rayap beliaulah binatang yang sangat merugikan bagi insan. Mereka selalu menggerogoti perabotan rumah tangga yang terbuat dari kayu. Mereka selalu memakan barang – barang tanpa henti dan rakus hingga habis tanpa tersisa. Begitu juga dengan para koruptor yang ada di negeri ini. Mereka tak lebih dari seekor rayap yang selalu menggerogoti uang rakyat, tanpa memikirkan akhirnya. Para koruptor ini tak memperdulikan rakyat yang telah memilihnya. Mereka lebih mementingkan perut mereka sendiri dan kelompoknya. Oleh lantaran itu, para koruptor tak lebih dari seekor binatang yang sangat kejam dan kotor.

Contoh paragraf analogi antara anak manusia dan anak burung

Seekor anak burung tidak bisa lepas dari induknya ketika mereka baru menetas. Mereka akan selalu di rawat oleh induknya. Bahkan untuk makan pun mereka selalu disuap. Induk mereka tak akan pernah berhenti menyampaikan kasih sayangnya kepadanya. Namun, ketika mereka sudah mampu terbang, mereka akan meninggalkan sarangnya untuk mencari kehidupannya sendiri. Hal ini juga sama dengan kehidupan anak insan. Ketika kecil, kita selalu bergantung dengan orang kedaluwarsa tanah. Mereka selalu mengatakan kasih sayangnya yang tak terhingga hingga kita dewasa. Kita akan terlepas dari tanggungan orang renta kita dan mencari kehidupan kita sendiri. Akan tetapi, janganlah seakan-akan anak burung yang tidak akan kembali lagi kepada Induknya. Kita harus selalu mengingat jasa – jasa yang telah mereka berikan kepada kita. Oleh lantaran itu, kehidupan seorang anak insan sama halnya dengan kehidupan anak burung yang selalu tergantung kepada induknya.     

Contoh paragraf analogi antara kasih sayang ibu dengan matahari

Matahari tak pernah berhenti memberikan kehidupan kepada semua makhluk hidup di bumi ini. dia selalu menyinari dunia ini, bahkan dunia pun tidak akan mampu terus berlangsung tanpa adanya matahari. Begitu juga dengan kasih sayang seorang ibu yang tak pernah habis untuk anak – anaknya. Ibu selalu merawat kita hingga kita tumbuh sampaumur, tanpa kasih sayang seorang ibu kita tak mungkin sanggup hidup di dunia ini. Dengan kasih sayang seorang ibu juga, kita akan tumbuh menajadi eksklusif yang besar lengan berkuasa. Oleh karena itu, kasih sayang seorang ibu seakan-akan sebuah matahari yang tak pernah berhenti menyinari dunia ini. 

0 Response to "Contoh Paragraf Induktif Analogi Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel