-->

5 contoh Paragraf Eksposisi warta

Contoh Paragraf Eksposisi berita - Eksposisi berita adalah salah satu bentuk pengembangan paragraf eksposisi yang menyajikan, atau memaparkan info wacana suatu tragedi yang telah terjadi atau hasil dari sebuah penelitian.

Sama seolah-olah paragraf eksposisi lainnya, eksposisi ini menyajikan topiknya dengan menyampaikan data – data yang lengkap baik berupa fakta, rujukan, table, grafik, atau bentuk data – data lainnya. Hal ini bertujuan untuk menyampaikan alasan yang kuat pada topik yang disampaikan.

Contoh – tumpuan paragraf eksposisi warta

Contoh 1

Bencana longsor yang terjadi di kampung Cibitung, Kecamatan Panggelangan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada hari selasa, 12 April 2015, pukul 14.00 wib menyebabkan kerusakan yang sangat parah. Longsor tersebut telah menimbun ratusan rumah dan perkebunan yang ada di sana. Longsor ini terjadi akibat dari hujan deras yang terjadi selama 4 hari sebelumnya. Hujan deras itu menyebabkan tanah di perbukitan ikut tergerus dan longsor. Nahasnya, ribuan kubik tanah yang longsor itu meluncur menghantam pipa panas bumi Star Energi panas bumi sehingga menyebabkan ledakan yang sangat keras. akibatnya, 4 korban meninggal dunia, 14 orang menghilang dan diperkirakan masih tertimbun di dalam tanah, dan ratusan orang mengalami luka ringan dan berat. Korban luka tersebut telah dirawat di rumah sakit setempat. sampai dikala ini team penyelamatan sedang mencari korban yang masih hilang dengan Tutorial menggali tempat-tempat yang diyakini masih terdapat korban. sebetulnya, bencana ini sudah diperkirakan sebelumnya. Pemerintah pun telah merencanakan untuk merelokasi warga sekitar. Namun, rencana ini batal balasan dari ketiadaan kawasan untuk menampung warga sekitar sehingga terjadilah bencana yang sangat mengerikan ini.

Contoh 2

Penyu (Chelonia Mydass) akan selalu kembali ke kawasan asalnya dimana beliau dilahirkan untuk bertelur. perilaku ajaib ini telah diteliti oleh beberapa ilmuan. Mereka menghabisakan waktu beberapa tahun untuk menemukan alasan yang kuat dari sikap aneh ini. setelah diteliti, perilaku bertelur penyu ini ternyata merupakan sebuah tradisi yang telah mereka lakukan selama beberapa ribu tahun yang lalu. Penyu – penyu itu selalu kembali ke daerah asalnya lantaran mereka merasa tempat itu sebagi kawasan yang sangat aman untuk menaruh telur - telurnya. setelah menetas, anak - anak penyu akan pribadi menuju lautan dan ketika akan berenang mereka akan selalu menoleh ke belakang untuk mengingat daerah mereka dilahirkan tersebut. Hal inilah yang menciptakan mereka akan selau kembali ke kawasan mereka dilahirkan untuk bertelur.
Advertisement

Contoh 3

Tahun ini pemerintah akan mengganti materi bakar premium dengan pertalite per bulan maret 2015. Penggantian ini telah disetujui oleh menteri SDM dan pihak pertamina. Mereka beralasan bahwa penggunaan pertalite jauh lebih efisien dan ramah lingkungan kalau dibandingkan dengan penggunaan premium. Hal ini dikarenakan pertalite mengandung kadar Ron yang lebih baik. Tak hanya itu, pertalite juga mempunyai kadar oktan yang berkisar antara 90 hingga 91, atau berada beliauntara produk premium yang mempunyai kadar oktan 88 dan pertamax di level 92. Hal ini akan menghasilkan pembakaran yang tepat pada kinerja mesin mobil, sehingga mesin akan menjadi optimal dan kekal. Sayangnya, pemerintah hingga sekarang masih resah dalam menentukan margin keuntungan dalam penjualan pertalite ini. Diperkirakan margin keuntungannya akan mendekati margin keuntungan pada pertamax, yaitu di kisaran Rp 375 per liter. rencananya pemerintah akan mengganti semua premium dengan Tutorial bertahap, dikala ini mereka telah melaksanakan uji coba di wilayah Jawa, 
Madura, dan Bali. Direncanakan tahun depan pertalite telah digunakan oleh konsumen di seluruh wilayah Indonesia.    

Contoh 4

Tumbuhan kunyit sangat bermanfaat bagi kehidupan insan. tumbuhan ini sering digunakan sebagai bumbu atau rempah yang digunakan sebagai penyedap rasa alami dalam makanan. Selain itu, kunyit juga mampu dipakai sebagai tumbuhan obat. tumbuhan ini telah terbukti sanggup digunakan untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit seolah-olah, kanker, gangguan pencernaan, dan lain – lain. Bahkan kunyit, mampu juga dipakai untuk mengurangi resiko penyakit diabetes, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk orang – orang yang memiliki gen beliaubetes. Selain sebagai penyedap dan obat, kunyit juga mampu digunakan sebagai bahan pewarna kuning alami, sehingga kunyit sering digunakan sebagai pewarna makanan – makanan karena tidak menyebabakan dampak samping yang berbahaya.  

Contoh 5

Warga Negara Indonesia yang hilang di Nepal akibat gempa pada tanggal 1 April 2015 belum ditemukan. Mereka adalah para pendaki anggota Taruna Hiking Club atau THC Bandung, yaitu Jeroen Hehuwat, 39 tahun; Kadek Andana, 26 tahun; dan Alma Parahita, 31 tahun. dikala gempa berlangsung, mereka kehilangan kontak dengan teman – sahabat mereka yang ada di sana. Namun, diperkirakan para pendaki ini berada di kawasan Langtang. Berbekal info itu, pemerintah segera mengutus BASARNAS dan Tentara Nasional Indonesia untuk melakukan penyelamatan. 

0 Response to "5 contoh Paragraf Eksposisi warta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel