-->

7 pola Paragraf Induktif Generalisasi

Contoh Paragraf Induktif Generalisasi - Paragraf generalisasi adalah paragaf yang menggunkana pengembangan pola induktif, yaitu dengan menempatkan gagasan utamanya pada kalimat utama di akibat paragaraf. Paragraf ini menarik sebuah kesimpulan umum menurut data – data yang telah dijabarkan sebelumnya. Data tersebut adalah pernyataan – pernyataan yang berupa hal – hal khusus.

Berikut ini ialah acuan – teladan paragraf generalisai

Contoh 1

Sehabis pulang sekolah Shinta mengerjakan Pr nya, kemudian dia membantu ibunya untuk menyiapkan makan siang. sesudah makan siang, Shinta akan selalu merapaikan meja makan dan membantu ibunya untuk mencuci piring. Sehabis mencuci piring Shinta menjaga adiknya selagi ibunya sedang berisitirahat. Ketika hari sudah sore, Shinta akan memandikan adiknya dan membawanya untuk mengaji ke rumah pak Sholeh. Begitulah acara sehari – hari Shinta sepulang dari sekolah. ia tidak pernah menghabiskan waktunya tanpa melakukan hal yang berguna. Shinta memangalah anak yang berbakti kepada ibunya.

Contoh 2

Setelah hasil ulangan umum dibagikan, Adi mendapatkan nilai IPS sebesar 80. Nilai itu yaitu nilai yang paling besar di kelasnya. Begitu juga dengan nilai bahasa Indonesia, ia mendapatkan nilai 90. Tidak hanya itu, nilai IPAnya pun merupakan nilai yang terbaik di kelas, yaitu 85. Disamping itu, nilai matematikanya tak kalah andal, ia menapat nilai 95, padahal matematika merupakan pelajaran yang paling sulit. Namun, Adi mampu menguasainya dengan sangat baik. Semua teman – sahabatya merasa kagum dengan apa yang telah dicapai oleh Andi. Tak heran Adi memang anak yang sangat pintar.

Contoh 3

Indonesia mempunyai ratusan ribu pulau yang tersebar dari sabang sampai merauke. Pulau – pulau tersebut terdiri dari ribuan pualu kecil dan 5 buah pulau besar. Di antara pulau – pulau tersebut, ada yang sudah memiliki nama, dan ada juga yang belum memiliki nama atau bahkan belum berpenghuni. Indonesia memiliki 5 buah pulau besar, yaitu pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, dan Papu. Pulau – pulau tersebut sangatlah besar, bahkan pulau Kalimantan dan Sumatera masuk ke dalam pulau yang paling terbesar di dunia. Oleh alasannya itu, Indonesia disebut dengan Negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau.

Advertisement
Contoh 4

Sapi berkambang biak dengan Cara melahirkan, mereka melahirkan anaknya sehabis mengandung di dalam perut. Demikian pula dengan kambing, mereka juga berkembang biak dengan Tutorial melahirkan. Berbeda dengan sapi, kambing mempunyai massa untuk mengandung anak yang lebih singkat daripada sapi. Tidak hanya sapi dan kambing, kerbau pun melahirkan anak – anaknya. Hal ini dikarenakan meraka memiliki kelenjar susu yang ada pada badan serpihan bawah mereka. Oleh karena itu, semua hewan mamalia berkaki empat mempunyai kalenjar susu pada penggalan badannya.  

Contoh 5

Kemarin hujan turun dengan sangat deras. Padahal lusa juga hujan turun dengan deras pula. Hal ini dikarenakan bulan ini merupakan puncaknya animo hujan lantaran angina kencang masih selalu bertiup dengan membawa awan – awan dari tempat yang mempunyai ketinggian yang lebih tinggi. Disamping itu, cuaca balasan – akhir ini juga sangat hambar. Bahkan BMKG telah memprediksikan hujan akan terus berlangsung hingga sebulan ke depan. Oleh karena itu, mampu dipastkan bahwa hari ini juga akan turun hujan yang sangat deras.

Contoh 6

Para koruptor tidaklah memiliki hati. Mereka dengan seenaknya memanfaatkan posisi atau jabatan mereka demi laba priabadi dan kelompoknya. Mereka tidak mengerti atau seakan tidak peduli bahwa perbuatan tersebut merupakan perbuatan dosa. Bahkan telah terang dikatan bahwa mencuri atau memakan uang yang bukan miliknya merupakan perbuatan haram. Padahal mereka telah beliaujari ilmu agama baik di sekolah maupun di lingkungan keluarganya. Mereka pun tahu bahwa mereka akan mendapat sanksi dari perbuatanny tersebut. Kaprikornus bisa dipasatikan bahwa para koruptor merupakan orang – orang yang tidak takut dengan tuhan yang menciptakannya.

Contoh 7

Sebelum menjadi milyader yang populer ketika ini Mark Zukerbeg adalah orang biasa. ia adalah salah seorang mahasiswa yang hampir drop ut. Begitu pula dengan Bill Gates, Sang pendiri Microsoft ini pun tidak selesai dalam kuliahnya. beliau terpksa tidak melanjutkan pendidikannya karena suatu permasalahan. TIdak hanya Bill Gates, Steve Jobs, orang yang mendirikan perusahaan Apple juga harus keluar dari kuliahnya. Oleh karena itu, bisa dipastikan bahwa orang – orang sukses memiliki sifat tidak simpel berputus asa.  

0 Response to "7 pola Paragraf Induktif Generalisasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel