-->

5 Jenis paragraf dan contohnya Lengkap

Jenis-Jenis paragraf dan teladannya Lengkap - Paragaf adalah rangkaian kalimat yang memliki suatu gagasan utama. Dalam bahasa Indonesia, Paragraf dikelompokan menurut bentuk dan fungsinya. menurut bentuknya paragraf dibedakan menjadi paragraf deduktif, induktif, dan gabungan.

Sedangkan berdasarakan tujuannya, paragraf dibedakan menjadi paragraf narasi, argumentasi, eksposisi, deskripsi, dan persuasi. Pada artikel sebelumnya telah dibahas jenis paragraf berdasarkan bentuknya, kali ini akan dibahas pargaraf menurut fungsinya secara terperinci dan lengkap.

 

1. Paragraf Narasi


Paragraf narasi yaitu sebuah paragraf yang menceritakan suatu peristiwa tertentu yang disusun secara urut. Paragraf ini berfungsi untuk menghibur para pembacanya.

Ciri – ciri

1. mempunyai tokoh, konflik, dan setting.
2. memiliki alur yang diceritakan secara urut.
3. mempunyai sudut pandang.

Contoh:

Ketika admin sedang dalam perjalanan menuju ke sekolah, saya melihat akal yang sedang berjalan dengan sangat cepat. dia terlihat seolah – olah dikejar sesuatu, padahal waktu itu jam masih membuktikan pukul 7. karena merasa ingin tau, admin mengikutinya dari belakang. Akan tetapi saya begitu terkejut karena budi tidak menuju ke sekolah. aku pun merasa curiga dengan sikapnya. kemudian kami memanggilnya, dan benar saja wajah kebijaksanaan terlihat sangat gugup dan ketakutan. Ternyata beliau ingin membolos waktu itu, untungnya saya mengetahui rencananya itu sehingga ia membatalkannya.

 

2. Paragraf Argumentasi


Paragraf argumentasi yaitu sebuah paragraf isinya berupa pendapat – pendapat yang diungkapkan oleh penulisnya. Paragraf ini bertujuan untuk memberikan sebuah pandangan terhadap suatu permasalahan kepada pembaca.

Ciri – ciri

1. Paragraf ini merupakan goresan pena nonfiksi atau ilmiah.
2. Mengikut sertakan alasan – alsan yang kuat berupa data maupun fakta biar pembaca mempercayainya.
3. memiliki kesimpulan di balasan paragraf sebagai penguat dari pendapat – pendapat yang telah dipaparkan sebelumnya.

Contoh

Setelah Lulus dari SMA, langkah selanjutnya yaitu menuju dunia perkuliahan. Di sana Anda akan memilih satu konsentrasi study atau jurusan. Tetapi menentukan jurusan perkuliahan tidaklah semudah yang dibayangkan, perlu beberapa pertimbangan semoga Anda tidak salah dalam memilihnya. menentukan jurusan haruslah sesuai dengan minat dan bakat karena bila salah dalam mengambil jurusan, maka kehidupan kampus akan terasa sangat sulit. Disamping itu, pilihlah jurusan yang mempunyai prospek yang cerah. kalau memilih jurusan yang prospeknya cerah, maka Anda tidak akan kesulitan dalam hal mencari pekerjaan sehabis lulus. Oleh karena itu, sebelum menentukan jurusan, pertimbangkanlah dengan sangat matang supaya tidak salah dalam menentukan.   
Advertisement

 

3. Paragraf Eksposisi


Paragraf eksposisi adalah sebuah paragraf yang berisi wacana informasi – berita yang berupa pengetahuan atau berita. Paragraf ini bertujauan untuk menyampaikan informasi yang sangat terperinci kepada para pembacanya tentang topik yang disampaikan.

Ciri – ciri

1. Bersifat ilmiah atau non fiksi.
2. memiliki tujuan informative.
3. Ditulis dengan menurut fakta atuapun hasil dari sebuah penelitian.
4. Menyertakan bukti – bukti berupa data, seprti contoh, table, grafik, dan sumber data lainya.
5. Tidak berusaha mempengaruhi pembacanya.

Contoh:

Susu yaitu minuman yang sangat bermanfaat bagi badan. Hal ini dikarenakan susu banyak mengandung vitamin dan mineral yang sangat memiliki kegunaan. Kandungan yang paling banyak di dalam susu adalah kalsium. Zat inilah yang akan membuat tubuh dan tulang kita menjadi kuat. Bahkan susu juga mampu membantu pertumbuhan tulang biar menjadi lebih tinggi. Selain kalsium, susu juga memiliki kandungan protein. Zat ini sangat dibutuhkan untuk membangun sel – sel di dalam tubuh. Terlebih lagi susu juga mempunyai lemak, lemak inilah yang akan digunakan sebagai sumber energi di dalam badan. Oleh lantaran itu, meminum susu sangat baik untuk tubuh kita. 

 

4. Paragraf Deskripsi


Paragraf deskripsi adalah sebuah paragraf yang berisi ihwal gambaran – gambaran suatu benda atau objek. Paragarf ini bertujuan untuk memberkan gambaran secara terang wacana suatu benda atau objek lainnya seolah – olah pembacanya mencicipi, atau melihat sendiri objek tersebut.

Ciri – ciri

1. Penggambaran benda atau objek dengan melibatakan panca indera seperti, bentuk, rasa, warna, suara, dan lain – lain.
2. Menggambarkan suatu benda atau objek dengan sangat terang.
3. Banyak ditemukan kata – kata sifat, misalanya tinggi, rendah, baik, jahat, dan lain – lain.

Contoh:

Tempat tinggalku tidaklah begitu besar. Runahku hanya memiliki luas sekitar 68 m2. Dengan luas seolah-olah itu, aku hanya mempunyai 3 kamar tidur, satu kamar mandi, ruang tamu, keluarga dan dapur. Ruang tidur utamanya terletak di samping ruamg tamu. Sedangkan ruang tidur lainnya berdekatan di akrab ruang keluarga. Sementara itu, dapur rumahku tidak begitu lebar, luasnya hanya sekitar 10 m2. sempurna di tengah – tengah dapurku terdapat meja makan yang terbuat dari kayu. Kamar mandi kami yang hanya satu terletak di samping dapur akrab pintu menuju halaman luar. Meskipun tidak begitu besar, rumahku sangatlah nyaman untuk ditempati.

 

5. Paragraf Persuasi


Paragraf persuasi yaitu sebuah paragraf yang berisi undangan atau himbauan yang ditujuakan kepada para pembacanya. Paragraf ini bertujuan untuk menghipnotis pembacanya semoga mempercayai atau melakukan apa yang disampaikan oleh penulis di dalam tulisannya.

Ciri – ciri

1. memakai bahasa – bahasa yang menarik untuk mempengarui pembacanya.
2. menggunakan kata – kata ajakan, misalnya “ayo”, “marilah”, “laksanakanlah”, dan lain – lain.
3. mempunyai fakta – fakta biar pembacanya memepercayai apa yang disampaikan.

Contoh

Sampah yang menumpuk ialah sesuatu yang menjijikan. Tumpukan sampah ini bahkan mampu menimbulkan bau yang tidak sedap. Selain itu, tumpukan sampah juga mampu menjadi sarang penyakit. aneka macam penyakit yang mampu ditimbulkan dari sampah – sampah yang menumpuk, diantaranya ialah beliaure, demam berdarah, dan masih banyak lagi. Oleh lantaran itu, marilah kita bersama – sama membersihkan sampah yang berserakan semoga tidak menumpuk sehingga kita semu mampu terbebabas dari bahaya sampah yang mampu ditimbulkan.

0 Response to "5 Jenis paragraf dan contohnya Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel