-->

Syarat-Syarat Paragraf yang Baik dan misalnya

Syarat-Syarat Paragraf yang Baik - Paragraf yaitu kumpulan kalimat yang saling berangkai nan padu yang membentuk suatu gagasan utama yang ingin disampaikan oleh pembacanya. Suatu paragraf yang baik harus meliputi beberapa persyaratan sebagai berikut:

1. Kelengkapan (Completeness)


Paragraf yang baik harus memiliki unsur – unsur paragraf yang lengkap diantaranya yaitu:

Gagasan utama

Gagasan utama ialah topik utama atau permasalahan yang sedang dibahas dalam suatu paragraf.

Kalimat utama

Kalimat utama yaitu kalimat yang mengandung gagasan utama. Kalimat ini memaparkan apa yang akan dibahas pada paragraf tersebut. Letak kalimat utama di dalam sebuah paragraf bervariasi ada yang terletak di awal yang disebut dengan paragraf deduktif, di akibat yang disebut paragraf induktif maupun di awal dan akhir yang disebut paragraf campuran.

Kalimat penjelas

Kalimat penjelas ialah kalimat – kalimat yang mendukung gagasan utama. Kalimat penjelas perlu untuk ditulis lantaran kalimat inilah yang akan memberikan alasan yang besar lengan berkuasa pada gagasan utama. Kalimat – kalimat ini harus mengandung data berupa fakta, teladan maupun alasan yang jelas.

2. Kesatuan (Unity)


Suatu paragraf yang baik juga harus memiliki syarat kesatuan atau unity. Yang dimaksud dengan kesatuan yaitu suatu  paragraf harus mempunyai satu kesatuan gagasan utama beserta dengan gagasan – gagasan penjelas lainnya. Gagasan – gagasan tersebut dikembangkan dengan saling menghubungkannya satu sama lain dengan suatu kesatuan yang utuh sehingga tidak menyebabakan kalimat sumbang di dalam paragraf.

Dengan kata lain, syarat kesatuan akan terpenuhi kalau gagasan utama di dalam paragraf terjalin sangat baik dengan gagasan – gagasan penejelas lainnya dan saling mendukung satu sama lain.  kalau tidak adanya kesatuan di dalam paragraf, maka mampu dipastikan paragraf tersebut tidaklah baik.

3. Kepaduan (Coherence)


Paragraf yang baik harus mempunyai unsur kepaduan di dalamnya. Yang dimaksud dengan kepaduan ialah kalimat – kalimat di dalam paragraf terjalin atau terangkai dengan logis dan harmonis. Syarat kepaduan di dalam suatu paragraf terpenuhi dengan memakai konjungsi sehingga kalimat – kalimat tersebut menjadi saling berkaitan.

Ada dua macam konjungsi yang mampu digunakan di dalam suatu paragraf, diantaranya yaitu konjungsi intrakalimat, yaitu konjungsi yang menghubungkan anak kalimat dengan induk kalimat seperti : sehingga, tetapi, lantaran, agar, dan sebagainya. Serta konjungsi antar kalimat, yaitu konjungsi yang menghubungkan antara kalimat yang satu dengan kalimat lainnya, seolah-olah : oleh lantaran itu, namun, disamping, bahkan, Jadi, kemudian, dan sebagainnya.

Syarat – syarat di atas penting untuk dipenuhi supaya suatu paragraf menjadi baik sehingga para pembacanya Mudah memahami apa yang sedang dibicarakan atau dibahas dalam paragraf tersebut.
Advertisement

Contoh Paragraf


Di bawah ini ialah teladan paragraf yang tidak memenuhi kaidah dan pola paragraf yang memenuhi kaidah:

Contoh:

Nasi ialah makanan pokok masyarakat Indonesia. Hampir di setiap tempat di Indonesia mengkonsumsi nasi sebagai makanan sehari – hari. Masyarakat Indonesia kepingan timur berbeda. Mereka masih mengkonsumsi sagu sebagai materi pokoknya. Penggunaan nasi sebagai bahan makanan pokok lantaran proses penanamannya yang simpel dan cepat. Para petani membutuhkan sawah dan merawatnya selama 6 bulan untuk menghasilkan beras yang akan menjadi nasi. Sekali panen, biasanya petani akan menghasilkan beras yang sangat banyak. Proses penanamannya yang cepat dan Mudah, nasi juga memiliki kandungan karbohidrat yang lebih tinggi dibandingkan dengan makanan lainnya. Nasi sangat cocok untuk orang Indonesia yang sangat membutuhkan energi yang banyak untuk mendukung aktivitsnya sehari – hari. 

Paragraf di atas bukanlah paragraf yang baik lantaran tidak mengandung syarat – syarat yang telah disebutkan di atas.

Kelengkapan : Unsur ini tidak terpenuhi lantaran mempunyai dua gagasan utama yang saling bertolak belakang yang pertama yaitu nasi menjadi materi makanan pokok bagi hampir seluruh masyarakat Indonesia. Yang kedua yaitu masyarakat Indonesia serpihan barat mengkonsumsi sagu.
Kesatuan : Gagasan – gasan utama pada paragraf di atas tidak terjalin dengan sangat baik sehingga pembacanya bingung dengan apa yang menjadi topik pembicaraannya. Gagasan – gagasan paragraf di atas juga tidak saling mendukung.
Kepaduan : Kalimat – kalimat di dalam paragraf di atas tidaklah padu lantaran tidak menggunakan konjungsi sehigga susunannya menjadi tidak logis.

Pada kalimat terakhir seharusnya ditambah konjungsi antar kalimat “oleh lantaran itu” semoga menajdi lebih padu.

Setelah memperhatikan paragraf yang jelek di atas, berikut ini ialah paragraf baik yang memenuhi kaidah:

Contoh:

Nasi yaitu kuliner pokok masyarakat Indonesia. Hampir di setiap tempat di Indonesia mengkonsumsi nasi sebagai makanan sehari – hari. Penggunaan nasi sebagai materi makanan pokok karena proses penanamannya yang simpel dan cepat. Para petani hanya membutuhkan sawah dan merawatnya selama 6 bulan untuk menghasilkan beras yang akan menjadi nasi. Sekali abad panen, para petani bisa menghasilkan puluhan kwintal beras. Di samping proses penanamannya yang cepat dan Mudah, nasi juga memiliki kandungan karbohidrat yang lebih tinggi dibandingkan dengan bahan makanan lainnya. Karbohidrat inilah yang menjadi sumber energi bagi kita. Oleh lantaran itu, nasi sangatlah cocok untuk orang Indonesia yang sangat membutuhkan energi yang banyak untuk mendukung aktivitsnya sehari – hari. 

0 Response to "Syarat-Syarat Paragraf yang Baik dan misalnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel