Contoh Soal Ujian Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 1
Contoh Soal Ujian Bahasa
Indonesia Kelas 9 Semester 1
Bacalah teks di bawah ini.
Toni the Rossi
Suatu sore
menjelang malam di pinggiran
“Cepat sekali
kamu datang, Ton,” ujar seorang paman pemilik counter hape, Paman Ijul. Sambil
terkekeh, Toni menanggapi Paman Ijul, “Hehehe, gimana tidak cepat?
Setelah
mendapat hape yang diinginkan, Toni pamit pulang. Paman Ijul tidak
lupa mengingatkan Toni untuk tidak ngebut di jalan. “Ton, kamu
Toni pun pulang.
dia melaju dengan kecepatan normal. Namun di tengah jalan, ia berpikir, “Kalau
admin hingga lebih cepat, admin punya waktu lebih banyak untuk ngotak-ngatik dan
main hape baru. pasti asyik nih.” dia pun menambah kecepatan motornya.
Toni melaju
dengan kencang. mobil, motor, bus, dan truk ia balap layaknya balapan di
sirkuit. “Hehehe, ini lebih praktis daripada ketika bertanding beneran,” pikir
Toni sambil terus menambah kecepatan motornya. dia tampak sangat percaya diri.
Namun, insiden
tak terduga menimpa Toni. lantaran hari sudah gelap dan dia melaju dengan
kecepatan tinggi, Toni tidak melihat lubang yang ada di depannya. Kecelakaan
tunggal tak mampu terelakkan. Toni terpental. Motornya ringsek. Hape barunya
pun rusak.
Kisah Toni the
Rossi ini mampu menjadi pelajaran bagi kita. Toni yang tidak mengindahkan
peringatan Paman Ijul lantaran merasa jago jawabannya menderita kecelakaan.
Andai saja Toni tidak ngembut di jalan, ia akan hingga di rumah dengan
selamat dan mampu menikmati hape baru idamannya. Oleh lantaran itu, kita harus
menuruti nasehat orang yang lebih basi tanah dari kita apabila nasehatnya baik. Kita
juga tidak boleh sombong walaupun kita dialah seorang juara.
|
1. Berikut ini yaitu struktur dari teks eksemplum, kecuali
. . . .
A. penegasan ulang
B. interpretasi
C. orientasi
D. bencana
2. kejadian yang terdapat pada teks “Toni the Rossi” ialah
. . . .
A. Hape gres yang
diidam-idamkan Toni sedang diskon.
B. Paman Ijul membuka konter
hape sampai malam hari.
C. Toni menjadi juara turnamen
amatir empat kali berturut-turut.
D. Toni menderita kecelakaan
tunggal karena ngebut dikala mengendarai motor.
3. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks Toni the Rossi
adalah . . . .
A. Paman Ijul menasehati Toni
sebelum Toni pulang.
B. Toni pernah menjuarai
turnamen Moto GP.
C. Motor milik Toni yaitu
motor matic.
D. Toni membeli hape pada siang
hari.
4. Kata “melaju” mempunyai arti . . . .
A. berlari
B. berputar arah
C. berjalan dengan cepat
D. mundur dengan perlahan
5. “Toni yang tidak mengindahkan peringatan Paman Ijul
karena merasa mahir jawabannya menderita kecelakaan.”
Pola kalimat tersebut yaitu .
. . .
A. S-P-O-K
B. S-P-O
C. S-P-K
D. K-S-P
Bacalah teks di bawah ini.
...
Itulah jawaban dari kebohongan
Dolby si gembala. lantaran Dolby kerap berbohong, orang-orang tidak
mempercayainya lagi saat beliau berbicara benar ( ... ) tak ada yang menolong
ketika domba-dombanya dimangsa serigala. supaya kita tidak kehilangan doktrin
orang-orang terdekat kita, kita dilarang berbohong seperti Dolby si
gembala. Dengan bicara jujur, relasi kita ( ... ) orang lain akan tetap
terjaga dan kita akan selalu dipercaya dikala kita berbicara.
|
6. cuilan teks tersebut ialah salah satu struktur teks
eksemplum yang disebut . . . .
A. Interpetrasi
B. Orientasi
C. evaluasi
D. tragedi
7. Antonim dari kata “kerap” ialah . . . .
A. selalu
B. sering
C. jarang
D. pernah
8. Pernyataan yang tidak sesuai dengan teks tersebut yaitu
. . . .
A. Domba Dolby dimangsa
harimau.
B. Dolby dialah orang yang
tidak jujur.
C. Dolby tidak mempunyai domba
pada balasan kisah.
D. Tidak ada orang yang
menolong Dolby saat dia meminta tolong.
9. Kata hubung yang tepat untuk mengisi serpihan yang rumpang
pada teks tersebut yaitu . . . .
A. akan tetapi dan dengan
B. sehingga dan dengan
C. supaya dan akan tetapi
D. semoga dan namun
10. Kata “kita” pada teks tersebut merujuk pada . . . .
A. Dolby si gembala
B. Dolby dan penulis
C. penulis dan pembaca
D. sahabat dan tetangga Dolby
Bacalah teks di bawah ini.
Lanjutkan Pendidikan ke SMA
atau SMK?
Bagi siswa-siswi
SMP, khususnya murid kelas IX, pasti sudah mempunyai rencana untuk
melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. saat ini ada dua lembaga
pendidikan yang sanggup dipilih oleh siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama untuk melanjutkan
pendidikan, yaitu SMA dan SMK. Kedua lembaga pendidikan tersebut mempunyai
kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh lantaran itu, siswa-siswi SMP
perlu mengetahui lebih lanjut tentang Sekolah Menengan Atas dan SMK semoga sanggup melanjutkan
pendidikan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
SMA mempunyai
beberapa kelebihan dan kekurangan bila dibandingkan dengan SMK. Salah satu
kelebihan SMA yaitu jurusan di SMA bersifat lebih umum dibanding SMK. Hal
tersebut membuat murid Sekolah Menengan Atas lebih bebas menentukan jurusan ketika kuliah sesuai
dengan keinginan murid. Namun, lantaran jurusan di SMA bersifat umum, murid SMA
tidak menguasai suatu bidang ilmu secara spesifik dan tidak dituntut untuk
melakukan praktik kerja pada bidang pelajaran yang dipelajari. Hal tersebut
membuat murid SMA belum mempunyai keahlian khusus untuk bekerja.
Sama seperti
SMA, SMK pun mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kelebihan SMK yang sangat
menonjol kalau dibandingkan dengan SMA yaitu murid SMK dididik untuk siap
menghadapi dunia kerja. Mata pelajaran yang dipelajari di SMK lebih spesifik
dibanding dengan mata pelajaran SMA yang umum. Hal tersebut membuat murid SMK
menguasai suatu bidang secara mendalam, baik dalam teori maupun praktik.
Namun, pembelajaran yang fokus pada suatu bidang membuat siswa SMK tidak
leluasa memilih jurusan ketika ingin melanjutkan pendidikan ke universitas.
lantaran bidang pelajaran yang dipelajari ketika SMK bersifat khusus, pilihan
yang “aman” untuk diambil siswa SMK cenderung terbatas.
Dari pembagian terstruktur mengenai
tersebut sanggup kita lihat bahwa siswa Sekolah Menengan Atas lebih diuntungkan dalam menentukan
jurusan di perguruan tinggi tinggi tinggi tinggi dan siswa SMK lebih diuntungkan dalam menghadapi
dunia kerja. Dengan kelebihan dan kekurangan SMA dan SMK, siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama
mampu menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, apakah ingin lebih bebas
menentukan jurusan di universitas atau ingin siap kerja dalam satu jurusan
tertentu. Apa pun pilihan para siswa-siswi , yang paling penting ialah
kesungguhan dalam menjalani pilihan itu. Dengan sungguh-sungguh, semua
harapan siswa-siswi akan tercapai.
|
11. Kepanjangan dari SMK yaitu . . . .
A. Sekolah Menuju Kemenangan
B. SMK
C. Sekolah Menengah ke Atas
D. Sekolah Menuju Kerja
12. Struktur yang terdapat pada teks tanggapan kritis
tersebut dialah . . . .
A. paparan, gawatan, dan
leraian
B. orientasi, komplikasi,
resolusi, dan koda
C. penilaian, deskripsi teks,
dan penegasan ulang
D. latar belakang, rumusan
masalah, dan penyelesaian
13. “Dengan sungguh-sungguh, semua harapan siswa-siswi
akan tercapai.”
Pola kalimat tersebut yaitu .
. . .
A. K-S-P
B. S-P-K
C. S-P-O
D. S-P-O-K
14. Sinonim kata “jenjang” pada teks tersebut ialah . . .
.
A. indah
B. tingkat
C. panjang
D. pendidikan
15. Pernyataan yang tidak sesuai dengan teks tersebut
adalah . . .
A. Siswa SMK dididik untuk siap
kerja.
B. Siswa SMA sanggup melanjutkan
kuliah.
C. Siswa SMK tidak sanggup
melanjutkan kuliah.
D. Siswa Sekolah Menengan Atas tidak mendapat
pendidikan khusus untuk bekerja.
Kunci jawaban:
- A
- D
- A
- C
- B
- A
- C
- A
- B
- C
- B
- C
- A
- B
- C
0 Response to "Contoh Soal Ujian Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 1"
Post a Comment