-->

Penjelasan Singkat wacana Memo beserta contohnya

Penjelasan Singkat wacana Memo beserta teladannya - Teks singkat dalam bahasa Indonesia mampu berbentuk teks pesan, teks pengumuman, teks iklan, teks memo, dan sebagainya. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai memo. Apakah sahabat – sahabat sudah familiar dengan kata tersebut? Memo biasanya sanggup ditemukan di area sekolah atau pun perkantoran. semoga lebih jelasnya, berikut ialah klarifikasi singkat wacana memo beserta teladannya.

A. Definisi Memo


Memo merupakan sebuah pesan singkat yang ditulis dengan bahasa yang sederhana dan simpel dipahami. Memo biasanya ditujukan kepada seseorang ataupun orang banyak, seperti seluruh pegawai di sebuah perusahaan.

B. bagian – potongan Memo


Memo umumnya terdiri dari beberapa kepingan, yaitu sebagai berikut:

• Kepada: (nama orang yang dituju)
• Dari: (nama orang yang mengirim memo)
• Tanggal: (hari dan tanggal pelaksanaan)
• Subjek / hal: (hal atau pokok pembahasan)
• Konten / isi: (isi memo yang akan disampaikan)

C. referensi Penulisan Memo


Contoh 1

MEMO

Kepada : Seluruh Manajer Pemasaran di Kantor pusat dan Kantor Cabang
Dari  : eksekutif Utama
Tanggal : 08 Januari 2018
Subjek  : Pemasaran Produk gres

Seluruh manajer pemasaran baik di kantor sentra dan kantor cabang diharapkan untuk sanggup menghadiri rapat pada tanggal 08 Januari 2018 pukul 10:00 di Ruang Rapat Gedung A. Kita akan membahas perihal pemasaran sebuah produk gres kita. Mohon seluruh manajer untuk sanggup tiba sempurna waktu. Terima kasih.

Contoh 2

MEMO

Kepada : Jenny Sintia, S. Pd
Dari  : Dedi Kurniawan, M. Pd
Tanggal : 10 Maret 2017
Subjek  : ajuan Konferensi Pendidikan Internasional

Jenny, bulan ini kita mengadakan sebuah aktivitas besar. Kita akan mengadakan konferensi bertema Konferensi Pendidikan Internasional selama satu bulan terhitung mulai tanggal 01 April 2017. Konferensi ini akan dihadiri oleh 37 perwakilan dari 17 negara. Konferensi ini akan membahas ihwal pendeatan dan metode pengajaran berbasis teknologi terbaru. Konferensi ini juga mengadaan training bagi para guru terpilih. Mohon kirimkan proposal terkait dengan kegiatan ini ke ruangan admin esok siang sesegera mungkin. Terima kasih.

Advertisement
Contoh 3

PEMERINTAH KOTA JAKARTA
PT. AFFORTEE

MEMO
23 Juni 2017

Dari : Staf Divisi Humas (Human Resources)
Kepada: Manajer Pemasaran

Pertemuan rutin 3 bulan sekali untuk penggalan pemasaran (sales) akan diadakan pada tanggal 12 September 2017 di pusat Kota Radisson. Dengan hormat kami mengundang Anda untuk ikut berpartisipasi dalam sesi interaktif pada jam 10 pagi. banyak sekali masukan dari Anda akan sangat berharga bagi tim pemasaran (sales) dalam membuat planning kerja untuk tahun depan.
Tolong konfirmasi kehadiran Anda pada hari Jumat dengan menelpon/ mengirimkan sms kepada kami di 6373920 atau dengan mengirimkan email kepada admin di affortee@goodtobegreen.com.

Terima kasih banyak atas partisipasinya.

Staf Divisi Humas

Jeremy Houston

Contoh 4

MEMO

Dari  : Rikkard Ambrose
Kepada : Linton Wallace
Tanggal : 15 Februari 2018
Perihal  : Rapat Penting

Rapat penting tentang penilaian pengenalan produk gres akan diadakan hari ini jam 2 siang. Tolong bawa beberapa file terkait produk gres tersebut ke kantor admin segera. Selain itu, Anda dibutuhkan sanggup menghadiri rapat tersebut. Sebelum rapat dimulai, tolong siapkan file yang diharapkan dan tiba tepat waktu. Terima kasih.

Contoh 5

MEMO

Dari  : Mira Triasih
Kepada : Joko Friansyah
Tanggal : 22 Juli 2017
Subjek  : bantuan kepada anak - anak di tempat pesisir

Anak – anak di tempat pesisir di tempat kita sangatlah memprihatinkan. kami telah melihat belum dewasa di sana tidak menerima kesehatan dan terutama pendidikan yang layak. admin merasa kasihan pada mereka. Mereka mempunyai semangat yang tinggi untuk berguru, namun tidak mempunyai banyak buku untuk dibaca. Kondisi sekolah di kawasan ini pun sangat kurang baik. saya rasa kmonutisa kita sanggup membantu mereka dengan menciptakan rumah baca. saya akan membutuhkan persetujuan dan kontribusi dari anggota lain. sanggupkah Anda mengirim pesan ke seluruh anggota di komunitas kita untuk menghadiri pertemuan pada tanggal 22 Juli terkait hal ini? Terima kasih.

Contoh 6

PEMERINTAH KOTA BANDAR LAMPUNG
MENTERI PEMERINTAH serpihan PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS LAMPUNG

MEMO
20 Agustus 2017

Dari : Staf Divisi penggalan Humas (Human Resources)
Kepada: Kepala tubuh administrator Mahasiswa (BEM) Universitas Lampung

Badan eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Lampung akan mengadakan sebuah seminar pada hari Selasa, 07 September 2017. berdasarkan admin, seminar ini cocok untuk para mahasiswa baru di universitas kita, terutama para anggota gres di BEM. Tolong undang beberapa mahasiswa gres dan 5 anggota gres BEM untuk mengikuti seminar tersebut. Biaya untuk satu akseptor seminar yaitu Rp 50.000. kalau kamu menyetujiunya, tolong hubungi admin segera sehingga kami sanggup membuat proposalnya. Terima kasih.

Staf Divisi penggalan Humas (Human Resources)

Joko Widyatmoko

Contoh 7

MEMO

Kepada : Seluruh Karyawan
Dari  : Malik Wibowo, Manajer Umum
Tanggal : 21 Agustus 2018
Perihal  : HUT Perusahaan

Perusahaan akan menyelenggarakan sebuah kegiatan untuk merayakan ulang tahun perusahaan ahad depan. aktivitas ini akan diselenggarakan pada hari Selasa, 28 Agustus 2018 pukul 9 pagi. Akan ada banyak kegiatan, bazaar, dan doorprize untuk beberapa karyawan yang beruntung. Seluruh karyawan diperlukan sanggup ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini dan hadir tepat pada waktunya. Terima kasih.

Demikianlah penjelasan singkat tentang memo beserta teladannya. Dalam menulis memo, penggalan – serpihan memo haruslah diperhatikan dengan baik supaya memo sanggup dipahami dengan baik oleh si pembacanya. agar bermanfaat!

0 Response to "Penjelasan Singkat wacana Memo beserta contohnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel