-->

Contoh Teks Naratif dengan Tema Legenda dan Mitos

Contoh Teks Naratif dengan Tema Legenda dan Mitos - Terdapat aneka macam macam jenis teks dalam bahasa Indonesia, salah satunya yaitu teks naratif / narasi. Jenis teks ini memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan jenis teks yang lain, salah satunya yaitu mempunyai alur kisah dan pesan watak. Teks naratif ini biasanya tidak kasatmata. Oeh lantaran itu, banyak jenis dongeng naratif yang bertema legenda dan mitos. Berikut ini yaitu teladan teks naratif dengan tema legenda dan mitos.

Contoh 1


Legenda Malin Kundang

Dahulu periode, di sebuah desa kecil dekat pantai di Sumatera Barat, tinggal seorang perempuan dan putranya, Malin Kundang. Ayah Malin Kundang telah meninggal saat ia masih bayi, dan ia harus menjalani kehidupan yang keras dengan ibunya.

Malin yaitu seorang anak yang kuat, rajin, dan sehat. ia biasanya pergi ke laut untuk menangkap ikan, dan membawanya ke ibunya, atau menjualnya di kota.

Suatu hari, dikala Malin Kundang berlayar seolah-olah biasa, ia melihat kapal dagang yang sedang diserbu sekelompok kecil perompak. Dengan keberanian dan kekuatannya, Malin Kundang menyerahkan perompak. Sang pedagang pun bahagia dengan keberanian Malin dan memintanya untuk berlayar bersamanya. Malin Kundang setuju.

Bertahun-tahun lalu, Malin Kundang menjadi pedagang kaya, dengan kapal besar, banyak barang dagangan, banyak awak kapal, dan istri yang manis. Dalam perjalanannya, kapalnya mendarat di pantai. Penduduk desa mengenalinya, dan berita itu menyebar dengan cepat di kota: Malin Kundang menjadi orang kaya dan pada dikala itu ia ada di desa itu. Ibunya, dalam kesedihan mendalam setelah bertahun-tahun kesepian, berlari ke pantai untuk bertemu kembali dengan putranya tercinta.

Ketika sang ibu tiba, Malin Kundang, di depan istrinya yang berpakaian anggun, anak buahnya, dan kemuliaannya sendiri, membantah bertemu dengan perempuan kedaluwarsa tanah, miskin dan kotor itu. Selama tiga kali ibu nya memohon kepada Malin Kundang dan tiga kali berteriak padanya. risikonya Malin Kundang berkata kepadanya, "Cukup, wanita busuk tanah! kami tidak pernah punya ibu seolah-olahmu, petani yang kotor dan jelek!" lalu dia memerintahkan anak buahnya untuk berlayar.

Ibu nya pun menjadi marah. dia berkata bahwa ia akan mengutuk Malin Kundang menjadi batu jika dia tidak meminta maaf. Malin Kundang hanya tertawa dan berlayar. Di maritim yang tenang, tiba-tiba tornado tiba. Kapalnya yang besar hancur dan sudah terlambat bagi Malin Kundang untuk meminta maaf. ia terlempar oleh gelombang keluar dari kapalnya, jatuh di sebuah pulau kecil, dan tiba-tiba berkembang menjadi watu.

Advertisement

Contoh 2


Thor yang Perkasa dan Palu absurd

Thor, yang kuasa Petir, tiba berlari ke desa. "Aku kehilangan palu perkasaku!" teriaknya. Palu Thor adalah sihir. Palunya mampu membunuh pasukan dengan satu pukulan! Palunya pun sanggup membawa kedamaian bagi dunia!

Ayah Thor, Odin, Raja para dewa berseru, "Kita harus menerima palu itu kembali!" Semua orang mencari palu Thor - tetapi tidak ada yang mampu menemukannya. Tiba-tiba, seorang pelayan berlari masuk. "Raksasa Frost, Thrym mempunyai palu tersebut!".

“Tapi Thrym itu jahat! dia tidak akan pernah mengembalikannya. Apa yang harus kita lakukan? ”Teriak Odin. Thor meraung, “Aku akan menemukan Thrym dan membunuhnya! Saya harus menerima palu saya kembali. ” Tetapi Thrym yaitu raksasa yang sangat besar lengan berkuasa sehingga Odin memberi tahu Thor bahwa ia seharusnya tidak melawannya. Mereka ingin mencari tahu mengapa Thrym mempunyai palu Thor. Mereka mengirim Loki, yang kuasa Mischief, untuk menemukan Thrym.

Loki menemukan Thrym dan berkata, "Thrym, Odin telah mengirim saya untuk meminta Anda mengembalikan palunya."

"Ha ha ha! Saya tidak akan mengembalikannya! ”Teriak Thrym." admin ingin Freya, Dewi Cinta, menjadi istriku. Beri admin Freya dan kami akan menyampaikan palu Thor, " teriak Thrym.

Ketika Loki kembali, ia memberi tahu Thor apa yang diinginkan oleh Thrym. Odin marah. “Thrym menginginkan Freya kita yang manis? Tidak pernah! ”Tetapi Odin tahu ia harus melakukan sesuatu, Kaprikornus ia memanggil Freya. dikala Freya mendengar apa yang diinginkan Thrym, beliau berteriak, "Aku lebih baik mati daripada menikahinya!"

Loki berteriak, “Aku punya planning! saya punya rencana! Thrym menginginkan Freya - Kaprikornus kami akan mengatakan apa yang ia inginkan! ”

"Bagaimana kita mampu? ia tidak akan pergi!" kata Odin. Loki berkata, "Freya tidak akan pergi. Tapi Thor sanggup berpakaian seperti dia!"

"Siapa? saya? Tapi admin yaitu ilahi! saya tidak sanggup berpakaian seolah-olah seorang gadis! "Teriaknya. Tapi, lantarannya dia mengalah. Freya datang dan menciptakan Thor mengenakan  gaun dan wig dan memberinya kalung khusus." Thrym akan mengenali kalung itu," kata Freya. risikonya, Thor sudah siap.

Ketika mereka tiba, Thrym menyapa mereka. "Oh, Freya yang elok! Saya tidak berpikir kau akan tiba! "

"Yah, ini ia - kini beri kami palu itu!" Kata Loki. Tapi Thrym bukan orang udik. ia ingin berbicara dengan Freya terlebih dahulu.

"Ayo, biarkan saya menciummu." Thyrm berbisik pada Thor. Thor mulai menjauh. "Tidak, tidak, belum - tunggu hingga kau menikah! Pertama, kau harus memberi kami palu itu!" teriak Loki. Tapi Thrym tidak sanggup menunggu. dia ingin mencium Freya sekarang. Thrym menyampaikan palu perkasa itu kepada Thor.

"Sekarang Freya-ku yang manis, kau harus berterima kasih kepadaku dengan ciuman," kata Thrym dengan manis.

Thor menjawab dengan cepat, “Aku akan. . . tapi tidak dengan ciuman. . . sayaLAH THOR YANG Perkasa! kau MEMBERIKU PALU MILIKKU DAN admin TIDAK AKAN mengatakanNYA KEPADAMU KEMBALI! ”Thor memukul kepala Thrym dengan palu dengan semua kekuatannya. "Lari. . . . . “Teriak Loki kepada Thor.

Thor dan Loki berlari kembali ke Odin. Palu itu kembali ke tempatnya. Thrym kesudahannya menyerah lantaran kepalanya yang sangat sakit. Dan Thor tidak pernah harus mengenakan gaun lagi!

Demikianlah pola teks naratif dengan tema legenda dan mitos. supaya beberapa acuan teks di atas sanggup bermanfaat bagi sahabat – sahabat semua. Terima kasih.

0 Response to "Contoh Teks Naratif dengan Tema Legenda dan Mitos"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel