-->

Perbedaan Teks Laporan dan Teks Deskripsi Beserta misalnya

Perbedaan Teks Laporan dan Teks Deskripsi Beserta teladannya - Dalam mata pelajaran bahasa dan Sastra Indonesia, tentu kita mengenal wacana teks. Khusus pada bahasan kali ini kita akan membahas ihwal perbedaan teks laporan dan teks deskripsi. Sebelum kita memulai identifikasi letak perbedaan pada kedua teks tersebut, sebaiknya kita pelajari terlebih dahulu wacana pengertian dan rujukan teks laporan serta teks deskripsi.

a. Teks Laporan


Teks laporan yaitu teks yang berisikan penjabaran yang bersifat umum tentang sesuatu berdasarkan hasil observasi tertentu. Teks laporan juga  bisa dikatakan sebagai teks pembagian terstruktur mengenai yang memuat pengelompokan terhadap sesuatu di pada teks. Struktur teks laporan terdiri atas pernyataan pembagian terstruktur mengenai  dan aspek yang dilaporkan. Teks ini lebih menekankan pada pengkasifikasian suatu hal sehingga terbagi ke dalam jenis-jenis sesuai dengan konsepnya. 

Contoh :

Berita (News)

Berita yaitu sesuatu hal yang menarik untuk dikonsumsi / diketahui oleh masyarakat. warta juga mampu diartikan sebagai upaya untuk merekonstruksi sebuah tragedi ke dalam bentuk goresan pena maupun siaran. Jenis-jenis warta diantaranya yaitu:

1. Hard news, yaitu warta wacana sebuah bencana atau konflik yang baru saja terjadi atau diprediksi akan terjadi kembali, misalnya warta wacana kejahatan, kebakaran, kecelakaan dan lain-lain. Disebut hard lantaran sifatnya yang lugas dan segera. Bentuk-bentuk dari warta hard yaitu :

- Straight News adalah warta yang bersifat eksklusif  yang  memperhatikan efisiensi kata dan kalimat. 
- Breaking news yaitu warta yang terjadi pada waktu yang relatif sama, beberapa saat sehabis terjadinya kejadian / tragedi. 

2. Soft News, yaitu warta yang bersifat menghibur, humanis dan informatif. Disebut soft  karena sifatnya yang tidak lugas. Bentuk umum soft news yaitu feature. Dalam feature , sebuah fakta ditulis berdasarkan kejadian, latar belakang, dan nuansa kontekstual di sekitarnya. 

Sumber:

(LJSF Modul Kursus Jurnalistik Kehumasan)

Advertisement

b. Teks Deskripsi


Teks deskripsi ialah teks yang berisikan ihwal ilustrasi keadaan berupa sifat, bentuk ,ukuran, warna terhadap suatu objek. Struktur dari teks deskripsi yaitu sesuatu hal yang di deskripsikan, selanjutnya diikuti oleh belahan-bagian lain dari teks yang di deskripsikan.

Contoh : 

Pantai

Sore itu langit begitu indah berwarna kemerahan terpancar dari keanggunan matahari senja. Air maritim pun ikut merubah warna dirinya yang semula berwarna biru menjadi kemerahan. Burung-burung camar sibuk mengikuti kapal-kapal nelayan dengan cita-cita ikan-ikan kecil yang terbawa arus kapal. belum dewasa bermain dan merasa gembira dengan istana pasir yang telah susah payah dibuatnya semenjak siang tadi. Mereka harus rela meninggalkan maha karya tersebut lantaran hari sudah senja, mereka harus segera pulang. Sungguh indah pemandangan di pantai ini, admin pun bernegoisasi dengan diri-sendiri dan memperoleh janji yang berupa “aku akan pulang 10 menit lagi.”

C. Perbedaan Teks Deskripsi dan Teks Laporan


Berdasarkan penjabaran dan contoh wacana teks laporan dan teks deskripsi di atas, kita dapat memulai identifikasi perbedaan dari keduanya sebagai berikut!

• Teks Laporan 

- Teks laporan bersifat universal dan general
- Teks laporan lebih menekankan pada pengelompokan terhadap suatu hal yang dibahas.
- Teks laporan memiliki relasi yang berjenjang antara suatu hal yang di bahas  dengan penjabarannya  yang ada pada teks.
- Teks laporan lebih menekankan pada pengelompokan banyak sekali hal ke dalam jenis-jenis sesuai dengan ciri-ciri setiap jenis pada umumnya.

• Teks Deskripsi

- Teks deskripsi mempunyai karakteristik individual dan unik
- Teks deskripsi menekankan pada uraian bentuk, karakteristik, dan gambaran sesuatu yang dideskripsikan.
- Teks deskripsi akrab kaitannya dengan kekerabatan antara keseluruhan dan penggalan-bagiannya.

Penjelasan di atas merupakan identifikasi dari perbedaan antara teks laporan dan teks deskripsi. praktis-mudahan mampu menjadi rujukan yang baik bagi pembelajaran. semoga bermanfaat dan selamat berguru!

0 Response to "Perbedaan Teks Laporan dan Teks Deskripsi Beserta misalnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel