-->

Soal Ulangan Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 1

Soal Ulangan Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 1 - Terdapat soal-soal Bahasa Indonesia yang sanggup Anda pelajari dan gunakan sebagai latihan.

Bacalah teks di bawah ini

Kancil dan Buaya
Pada zaman dahulu hidup Sang Kancil yang merupakan binatang yang paling berilmu di dalam hutan. Banyak binatang-binatang di dalam hutan tiba kepadanya untuk meminta pertolongan apabila mereka menghadapi perkara. Walaupun ia menjadi daerah acuan binatang- hewan di dalam hutan, ia tidak memperlihatkan sikap yang sombong dan selalu bersedia membantu.
Suatu hari Sang Kancil berjalan-jalan di dalam hutan untuk mencari kuliner. karena makanan di sekitar daerah kediamannya telah berkurangan, Sang Kancil berinisiatif untuk mencari di luar tempat kediamannya. Cuaca pada hari itu sangat panas dan membuat Sang Kancil haus lantaran terlalu usang berjalan. Sang Kancil kemudian berusaha mencari sungai yang terdekat. sehabis berkeliling hutan jadinya kancil menemui sebuah sungai yang sangat jernih airnya. Sang Kancil lalu minum sepuas-puasnya. kesegaran air sungai tersebut telah menghilangkan rasa dahaga Sang Kancil.
Kancil terus berjalan menyusuri tebing sungai. ketika lelah berjalan, dia istirahat sebentar di bawah pohon beringin yang sangat rindang di sekitar kawasan tersebut. Kancil berkata di dalam hatinya, “Aku harus bersabar bila ingin mendapat makanan yang lezat”. sehabis lelahnya hilang, Sang Kancil menyusuri tebing sungai tersebut sambil memakan daun yang terdapat disekitarnya. dikala asik mengunyah daun, Sang Kancil melihat kebun buah-buahan yang sedang erak dan ranum di seberang sungai.”Alangkah enaknya kalau saya sanggup menyeberangi sungai ini dan mampu menikmati buah-buahan tersebut,” pikir Sang Kancil.
Sang Kancil kemudian mencari budi untuk menyeberangi sungai yang sangat dalam dan deras arusnya. tiba-tiba Sang Kacil melihat Sang Buaya yang sedang asyik berjemur di tebing sungai. dikala hari panas buaya suka berjemur untuk mendapat cahaya matahari. Kancil kemudian menghampiri buaya yang sedang berjemur dan berkata, ” Hai sabahatku Sang Buaya, apa kabar kau pada hari ini?” Buaya yang sedang asyik menikmati cahaya matahari membuka mata dan melihat sang kancil yang menegurnya tadi. “Kabar baik sahabatku Sang Kancil” sahut Buaya. “Apakah yang mengakibatkan kamu datang ke mari?” tanya Buaya.  Kancil menjawab, “Aku membawa khabar bangga untuk kamu.” Mendengar kata-kata Sang Kacil, Sang Buaya tidak sabar ingin mendengar kabar yang dibawa oleh Sang Kancil. dia kemudian berkata “Ceritakan kepadaku apa yang hendak kau sampaikan”.
....
http://www.pendongeng.com/fabel-indonesia/289-kancil-dan-buaya


1. Jenis kisah tersebut menurut bentuk penokohan dalam kisah yaitu . . . .
A. ramayana
B. kolosal
C. ajaib
D. fabel

2. Sifat kancil yang digambarkan pada kisah tersebut yaitu . . . .
A. cerdik
B. pemalas
C. penakut
D. pemberani

3. Kata “dahaga” bersinonim dengan kata . . . .
A. lelah
B. haus
C. lapar
D. lemas

4.  “Sang Kancil kemudian berusaha mencari sungai yang terdekat.”
Pola kalimat tersebut yaitu . . . .
A. K S P
B. S P K
C. S P O
D. K S P O

5. Pernyataan berikut sesuai dengan isi teks Kancil dan Buaya , kecuali . . . .
A. Kancil ketakutan dikala bertemu buaya.
B. Kancil kehausan ketika berjalan di hutan.
C. Buaya yaitu binatang yang suka berjemur.
D. Kancil ingin menyebrangi sungai untuk mengambil buah-buahan.

Bacalah teks di bawah ini

Advertisement
Goenawan Mohamad
Goenawan Soesatyo Mohamad lahir di Batang, Jawa Tengah pada 29 Juli 1941. Goenawan Mohamad yaitu seorang jurnalis dan sastrawan yang kritis dan berwawasan luas. ia juga dikenal sebagai penyair, penulis lakon, esesis. Goenawan Moehamad menikah dengan Widarti Djajadisastra dan memiliki dua anak, Hidayat Jati dan Paramita Mohamad. Dua cucu: Kiara dan Isaia.
Masa SD Goenawan Mohamad  diselesaikan di sekolah rakyat Negeri Parakan Batang, tahun 1953, kemudian melanjutkan  ke SMP Negeri II Pekalongan dan lulus tahun 1956. sehabis lulus Sekolah Menengah Pertama Goenawan melanjutkan pendidikannya di SMA Negeri Pekalongan dan lulus tahun 1959. Selepas SMA Goenawan mempelajari psikologi di Universitas Indonesia, mempelajari ilmu politik di Belgia dan menjadi Nieman Fellow di Harvard University, Amerika Serikat.
Karir Goenawan Mohamad, dimulai dari Redaktur Harian admin (1969-1970), Redaktur Majalah Horison (1969-1974), Pemimpin Redaksi Majalah Ekspres (1970-1971), Pemimpin Redaksi Majalah Swasembada (1985). Dan sejak 1971, Goenawan bersama rekan-rekannya mendirikan majalah Mingguan Tempo. Jiwa kritisnya membawanya untuk mengkritik rezim Soehart. Tempo dianggap sebagai oposisi yang merugikan kepentingan pemerintah sehingga dihentikan penerbitannya pada 1994.
Selama kurang lebih 30 tahun menekuni dunia pers, Goenawan menghasilkan aneka macam karya yang sudah diterbitkan di antaranya kumpulan puisi dalam Parikesit (1969) dan Interlude (1971), yang diterjemahkan ke bahasa Belanda, Inggris, Jepang, dan Prancis. Sebagian eseinya terhimpun dalam Potret Seorang penyair Muda Sebagai Si Malin Kundang (1972), Sek*, Sastra, dan Kita (1980), dan Catatan Pinggir (1982).
Selama perannya di dunia jurnalis dan sastra, Goenawan Mohammad mendapat beberapa penghargaan. diantaranya yaitu Anugerah Hamengku Buwono IX bidang kebudayaan dari Universitas Gadjah Mada, Penghargaan Professor Teeuw dari Leiden University Belanda (1992), Louis Lyons dari Harvard University Amerika Serikat (1997), Internasional Editor (International Editor of the Year Award) dari World Press Review, Amerika Serikat (Mei 1999), Internasional dalam Kebebasan Pers (International Press Freedom Award) oleh Komite Pelindung Jurnalis (Committee to Protect Journalists) (1998), Wertheim Award (2005), dan Anugerah sastra Dan David Prize (2006)
Sebagai  jurnalis dan sastrawan yang kritis dan berwawasan luas Goenawan Mohamad tanpa lelah memperjuangkan kebebasan berbicara dan berpikir melalui aneka macam gesekan pena dan organisasi yang didirikannya. ukiran penanya banyak mengangkat tema HAM, agama, demokrasi, korupsi, dan sebagainya.
Sumber: http://www.mikirbae.com/2015/08/teks-biografi-tokoh-sastra-indonesia


6. berdasarkan isi teks, teks tersebut yaitu teks . . . .
A. editorial
B. biografi
C. cerpen
D. jurnal

7. Perjalanan karir Goenawan Mohamad diceritakan pada paragraf . . . .
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat

8. Berikut ini adalah judul karya Goenawan Mohamad, kecuali . . . .
A. Kita
B. Parikesit
C. Bumi insan
D. Catatan Pinggir

9. “Selama perannya di dunia jurnalis dan sastra, Goenawan Mohammad mendapat beberapa penghargaan.”
Pola kalimat tersebut ialah . . . .
A. K S P O
B. S P O K
C. S P O
D. K S P

10. informasi ihwal Goenawan Mohamad yang terdapat pada teks tersebut antara lain . . . .
A. kawasan dan tanggal lahir, nama orangtua dan saudara kandung, riwayat pendidikan, nama perusahaan yang dipimpin, dan penghargaan
B. daerah dan tanggal lahir riwayat pendidikan, judul karya, nama orangtua dan saudara, dan penghargaan
C. profesi, riwayat pendidikan, penghargaan, negara-negara yang pernah dikunjungi, dan judul  karya
D. nama istri dan anak, riwayat pendidikan, profesi,  judul karya, dan penghargaan

Bacalah teks di bawah ini

Teknik Cuffing
Saat membeli celana jeans atau celana berbahan denim Anda biasanya akan mengalami kasus untuk panjang celana tersebut. Produsen celana biasanya memang memberi panjang yang agak dilebihkan untuk mencegah celana Anda kependekkan. Untuk mengatasi celana jeans yang kepanjangan, kita punya dua Tutorial untuk menyelesaikan perkara tersebut. Tutorial pertama ialah dengan Tutorial memotongnya ke tukang jahit dan Cara kedua yaitu dengan melipat. Tutorial yang akan kita bahas dikala ini yaitu yang Tutorial ke dua, yaitu dengan melaksanakan cuffing pada celana Anda.
Cuffing ialah usaha yang kita lakukan untuk memperoleh panjang celana yang kita inginkan dengan tidak memotong celana tersebut. Makara teknik cuffing dilakukan tanpa harus melaksanakan pemotongan pada celana yang kepanjangan. kini ini cuffing bukan sekedar menyulap panjang celana saja, tetapi juga sanggup menambah style Anda dalam memakai celana panjang. Jenis-jenis cuffing juga majemuk, dari 1 lipatan, 2 lipatan dan sebagainya.
Cuffing 1 lipatan atau single cuff merupakan Tutorial paling sederhana dalam mengatasi celana Anda yang kepanjangan. Yaitu dengan Tutorial melipat celana Anda keluar sekali lipatan saja. Jenis cuffing 1 lipatan ini sanggup lipatan kecil, sedang, atau besar tergantung dengan selera Anda dalam melipatnya. Biasanya kecil besarnya cuffing juga diadaptasi dengan sepatu yang Anda pakai dan tinggi pendeknya ukuran kaki Anda. Untuk Anda yang memiliki kaki pendek disarankan tidak melaksanakan cuffing yang terlalu tinggi atau besar, karna sanggup membuat Anda makin terlihat pendek.
Double Cuff atau Cuffing dengan 2 lipatan merupakan jalan masuk dari single cuff yang melipat sekali lagi cuffing Anda untuk ke dua kalinya. Double cuff akan menciptakan tampilan cuffing Anda lebih rapih dibanding single cuff Double cuffing tidak menunjukkan line benang pada ujung celana Anda. Untuk double cuff sanggup Anda lakukan juga dengan lipatan kecil atau besar tergantung dengan selera Anda.
Sumber: http://mallonlineindonesia.com/mengatasi-celana-jeans-yang-kepanjangan/


11. Jenis busana yang menjadi objek pembicaraan pada teks tersebut yaitu . . . .
A. celana panjang
B. celana pendek
C. baju lengan panjang
D. baju lengan pendek

12. Pernyataan berikut sesuai dengan isi teks ihwal teknik cuffing, kecuali . . . .
A. Anda mampu melaksanakan teknik cuffing dengan menggulung ujung celana sebanyak dua kali.
B. Teknik cuffing dipakai untuk memendekkan celana Anda yang terlalu panjang. 
C. Teknik cuffing sanggup dilakukan dengan Tutorial menggulung ujung celana satu kali.
D. Anda harus memotong celana Anda untuk melaksanakan teknik cuffing.

13. Kata “panjang” dan “pendek” mempunyai hubungan . . . .
A. sinonim
B. antonim
C. kata ganti
D. persamaan

14. “Cuffing ( ... ) perjuangan yang kita lakukan untuk memperoleh panjang celana yang kita inginkan ( ... ) tidak memotong celana tersebut.”
Kata yang tepat untuk mengisi belahan yang rumpang yaitu  . . . .
A. yaitu dan dengan
B. dengan dan namun
C. apabila dan namun
D. namun dan yaitu

15. penjabaran perihal Tutorial melakukan teknik cuffing terdapat pada paagraf . . . .
A. pertama dan kedua
B. kedua dan ketiga
C. ketiga dan keempat
D. keempat dan kelima

1. D
2. A
3. B
4. C
5. A
6. B
7. C
8. C
9. A
10. D
11. A
12. D
13. B
14. A
15. C

0 Response to "Soal Ulangan Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 1"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel