Unsur-Unsur Iklan Baris dalam Bahasa Indonesia
Unsur-Unsur Iklan Baris dalam Bahasa Indonesia
Definisi Iklan Baris
Iklan baris merupakan sebuah iklan yang mempunyai ruang terbatas. Bentuknya berbaris-baris mempunyai Panjang minimal dua baris dan maksimal 10 baris. karena ruang yang diberikan tidak terlalu besar, maka iklan baris ini memiliki banyak penyingkatan kata. acuannya sebagai berikut,
1. MBL = mobil
2. LB = Luas Bangunan
3. LT = Luas Tanah
4. HM = Hak Milik
5. Ush = usaha
6. Ktr = Kantor
7. Pddkn = Pendidikan
8. Wlyh = Wilayah
9. Llsn = Lulusan
10. Mmbthkn = Membutuhkan
11. Dtng = datang
12. Brpnglmn = Berpengalaman
13. Fas = kemudahan
14. Lmrn = Lamaran
15. Dkrm = Dikirim
16. Min, Max = Minimal, Maksimal
17. Jl ry = Jalan Raya
Meskipun sebuah iklan, namun iklan baris tidak semuanya berbentuk fakta, lantaran iklan baris juga mampu mempunyai bentuk opini.
Iklan baris yang berbentuk fakta merupakan hal yang ditawarkan kepada orang lain mengenai informasi yang pasti, misalkan Luas Tanah & Luas Bangunan dalam iklan rumah, Tahun Pembuatan kendaraan beroda empat dalam iklan kendaraan beroda empat, dan Penawaran Besaran gaji dalam iklan lowongan pekerjaan.
Namun iklan yang berbentuk opini misalkan sebuah rumah yang dikatakan mempunyai “lokasi strategis”, nah strategis atau tidaknya sebuah lokasi untuk masing-masing orang berbeda-beda, maka inilah yang disebut dengan opini.
Unsur-Unsur Iklan Baris
1. Barang/Jasa/Informasi yang Ditawarkan atau Diumumkan
Unsur atau elemen pertama dalam iklan yaitu barang, jasa, atau warta apa yang ditawarkan di iklan tersebut. Apakah itu lowongan pekerjaan, kendaraan beroda empat yang dijual, rumah yang dijual atau disewakan, bahkan info kehilangan suatu benda yang lalu diumumkan melalui iklan baris.
2. informasi Mendalam Mengenai Objek yang ada di Dalam Iklan
Setelah ada barang, jasa, atau info lainnya yang menjadi objek dalam iklan, maka unsur selanjutnya ialah spesifikasi mengenai objek iklan tersebut. Hal ini ditujukan semoga pembaca atau calon konsumen memahami dengan baik sehingga tidak ada kesalahpahaman informasi saat mereka membeli atau meminati iklan kita. Kedepannya, tidak ada penipuan yang mampu merugikan konsumen.
Beberapa info atau spesifikasi yang ditampilkan dalam iklan baris antara lain,
a. Kondisi
Misalkan ada seseorang mengiklankan sebuah kendaraan beroda empat, maka informasi yang harus ia berikan apakah mobil tersebut baru atau bekas. Untuk iklan rumah, maka harus ada info kondisi rumah apakah ada bagian yang rusak atau tidak, apakah atapnya bocor, dinding yang retak, dan sebagainya.
Kondisi suatu barang atau jasa yang ditawarkan harus terang kondisinya sehingga tidak ada kesalahpahaman warta ke pembeli.
b. Harga
Harga juga merupakan elemen utama dalam informasi barang atau jasa. Satu hal yang harus diperhatikan yaitu penjual sebaiknya tidak menyampaikan info harga yang menyesatkan.
Misalkan ada smartphone yang dijual dengan harga Rp 1 jutaan. Maka ada baiknya harganya memang berkisar antara 1 juta sampai maksimal 1,5 juta, bukan pada 1,99 juta. jikalau hargamya 1,99 juta, maka tawarkan dengan harga yang tepat bukan dengan menyebut 1 jutaan.
c. Lokasi
Lokasi yaitu informasi penting dalam spesifikasi iklan. Misalkan iklan properti, maka lokasi bisa memilih harga dari properti tersebut, semakin lokasi berada di kota, atau lokasi tersebut strategis maka harga akan semakin tinggi bukan?
d. Posisi Pekerjaan & Syarat Pendidikan
Tentu saja, ini merupakan iklan lowongan pekerjaan dimana untuk mengatakan lowongan yang terperinci sehingga perusahaan menerima karyawan yang sesuai, maka harus dicantumkan posisi pekerjaan apa yang dibutuhkan dan apa syarat Pendidikan minimal yang harus dipenuhi oleh pelamar.
e. Info/Syarat Lain
Misalkan dalam menjual sebuah kendaraan beroda empat, ada info mengenai pemanis variasi atau upgrade fitur apa yang telah dilakukan terhadap kendaraan beroda empat tersebut. kemudian jikalau iklan properti berupa kredit rumah, maka diperlukan gosip lainnya seperti bagaimana syarat-syarat kredit rumah tersebut, dan sebagainya.
Pada pada dasarnya, informasi atau syarat lain ini bersifat penunjang untuk menampilkan iklan supaya lebih terperinci dan lebih memikat.
Baiklah, iatas yaitu artikel mengenai unsur iklan baris di dalam penggunaan Bahasa Indonesia, supaya bermanfaat. jikalau Anda ingin mencari pola iklan baris, maka silakan klik link ini.
0 Response to "Unsur-Unsur Iklan Baris dalam Bahasa Indonesia"
Post a Comment