-->

Rumus Luas Persegi dan Rumus Keliling Persegi Beserta tumpuan Soal

Rumus Luas Persegi dan Rumus Keliling Persegi Beserta pola Soal ~ Persegi yaitu salah satu bangun datar yang terkenal dikenalkan kepada peserta asuh, terutama belum akil balig cukup akal SD pada kala pengenalan bangun datar. Persegi memang salah satu berdiri datar yang mempunyai korelasi paling banyak dalam dunia nyata. Perhitungan yang ada dalam rumus persegi digunakan untuk menentukan ukuran benda-benda kebutuhan insan sehari-hari. Ambil contoh saja rumus persegi banyak dipakai untuk perhitungan dikala akan menciptakan bangkitan sisi rumah, kolam mandi, meja, dan lain-lain. Rumus persegi sangat membantu sekali dalam perhitungan menentukan ukuran benda-benda tersebut.

Pada kesempatan kali ini aku ingin mengulas mengenai rumus luas persegi dan rumus keliling persegi yang dulu pernah dipelajari pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Kedua rumus tersebut akan diulas dalam sebuah pola soal penereapan. Makara untuk mempelajarinya akan terasa lebih Praktis lantaran langsung ada teladan praktik soalnya.

Rumus Luas Persegi

Persegi merupakan berdiri datar yang mempunyai panjang semua sisinya sama. Jadi rumus luas persegi sanggup ditentukan dengan Praktis lantaran panjang sisinya sama panjang. Luas persegi sanggup ditemukan dengan Cara mengalikan sisi bawah dengan sisi tingginya. Atau dapat juga dikatakan rumus luas persegi dapat dicari dengan Cara mengalikan sisi dengan sisi lainnya. Secara matematis, rumus luas persegi mampu dituliskan seperti di bawah ini:
L = S x S
atau
L = S2
Keterangan:
L = Luas persegi
S = Panjang sisi persegi

Contoh Soal
Ada sebuah balok kayu yang akan dibentuk meja. Balok kayu tersebut berbentuk persegi dengan panjang sisinya 70 cm. Berapa luas balok kayu tersebut?
Diketahui : Balok kayu berbentuk persegi, S = 70 cm
Ditanya : L = ...?
Jawab :
L = S x S
L = 70 x 70
L = 4900 cm

Jadi luas balok yang berbentuk persegi tersebut ialah 4900 cm.

Rumus Luas Persegi dan Rumus Keliling Persegi Beserta teladan Soal

Rumus Keliling Persegi

Persegi mempunyai 4 rusuk yang membentuknya dan rusuk tersebut yang disebut dengan sisi dalam persegi. Dan untuk mencari keliling persegi tinggal menjumlahkan panjang ke-empat rusuknya tersebut. lantaran setiap rusuk mempunyai panjang yang sama, kelilingnya juga sanggup dicari dengan Cara mengalikan rusuk dengan jikalaungan 4. Secara matematis, rumus keliling persegi mampu dituliskan sebagai berikut:
K = 4 x S
Keterangan :
K = Keliling persegi
S = Sisi / rusuk

Contoh Soal
Ada sebuah balok kayu yang akan dibuat meja. Balok kayu tersebut berbentuk persegi dengan panjang sisinya 70 cm. Berapa luas balok kayu tersebut?
Diketahui : Balok kayu berbentuk persegi, S = 70 cm
Ditanya : L = ...?
Jawab :
K = 4 x S
K = 4 x 70
K = 280 cm

Jadi keliling balok persegi tersebut yaitu 280 cm.

Mudah bukan cara menghitung luas persegi dan keliling persegi memakai rumus luas persegi dan rumus keliling persegi tersebut. jikalau ada kesulitan, silahkan tuliskan kesulitan adik-adik di komentar ya.

Demikian pembahasan mengenai Rumus Luas Persegi dan Rumus Keliling Persegi Beserta teladan Soal. semoga ulasan ini mampu mempermudah adik-adik dalam mempelajari bahan rumus persegi yang ada di sekolah.

0 Response to "Rumus Luas Persegi dan Rumus Keliling Persegi Beserta tumpuan Soal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel