-->

Mengenal Lebih Dalam tentang Puisi usang Dalam Bahasa Indonesia

Mengenal Lebih Dalam ihwal Puisi lama Dalam Bahasa Indonesia ~ Puisi usang merupakan salah satu kekayaan penggunaan Bahasa Indonesia. Puisi lama memiliki konsep yang unik dan bentuknya juga sangat berbeda dengan model puisi yang kita kenal sat ini. Puisi usang dibuat oleh orang-orang terdahulu, atau nenek moyang bangsa Indonesia yang kebanyakan tidak dikenal namanya. Jarang sekali dalam sebuah karya yang disebut dengan puisi lama dicantumkan nama pengarangnya. Hal ini disebabkan lantaran masih kurangnya media untuk mendokumentasikan karya tersebut. Puisi lama sangat kental sekali dengan hukum-aturan penyusunannya, mulai dari aturan baris per baitnya, aturan penggunaan suku kata, sampai dengan penggunaan rima yang sesuai. Dan puisi usang merupakan puisi yang berhubungat erat dengan keadaan rakyat dan kehidupan sosialnya, sehingga penyampaiannya kebanyakan memakai media eksklusif verbal ke verbal. Oleh lantaran itu, pusi lama disebut juga dengan model sastra ekspresi.

Pengertian Puisi lama

Puisi usang ialah puisi yang penyusunannya sangat terikat pada aturan baris, bait, rima dan irama. Puisi usang belum terpengaruh dari model santra abnormal dan puisi lama identik dengan kehidupan rakyat jaman dahulu di Indonesia. Sebaigian besar hasil karya puisi lama disampaikan secara ekspresi oleh rakyat dalam kehidupan sosial sehari-hari. lantaran proses penyampaian dan hukum-aturan yang melekat dekat pada puisi lama tersebut, maka jenis puisi usang sangat banyak dijumpai berdasarkan ciri khususnya tersebut.

Mengenal Lebih Dalam wacana Puisi usang Dalam Bahasa Indonesia

Jenis-Jenis Puisi lama

Ada berbagai jenis puisi lama yang telah diketahui dalam Bahasa Indonesia. informasi ini juga dimasukkan ke dalam materi mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dipelajari di sekola-sekolah. Dan yang termasuk ke dalam jenis-jenis puisi usang ialah sebagai berikut:
  • Mantra,
  • Pantun,
  • Karmina,
  • Seloka,
  • Gurindam,
  • Syair, dan
  • Talibun
Untuk pengertian masing-masing jenis puisi lama dan teladannya sanggup Anda lihat dalam dokumen yang kami lampirkan di bawah ini. Dokumen tersebut berisi uraian mengenai jenis-jenis puisi lama dan teladan puisi usang dari masing-masing poin yang admin sebutkan di atas. Dokumen mampu Anda download melalui link di bawah ini:
Demikian ulasan kali ini mengenai puisi lama dalam judul Mengenal Lebih Dalam perihal Puisi lama Dalam Bahasa Indonesia. biar ulasan kali ini mampu menambah pengetahuan Anda perihal puisi lama yang ada di Indonesia.

0 Response to "Mengenal Lebih Dalam tentang Puisi usang Dalam Bahasa Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel