-->

Materi Alat Ukur Panjang Jangka Sorong

Materi Alat Ukur Panjang Jangka Sorong ~ Dalam ilmu fisika berbagai standar pengukuran yang dilakukan. Misalkan saja pengukuran volume, pengukuran massa, pengukuran panjang, dan pengukuran-pengukuran lainnya. Semua jenis pengukuran tersebut mempunyai teknik, Tutorial, dan alat yang berbeda-beda untuk membantunya. seakan-akan halnya untuk pengukuran standar panjang dalam fisika. Terdapat aneka macam alat ukur panjang yang mempunyai teknik, Tutorial, pembacaan yang berbeda-beda. Dan dari perbedaan tersebut diperoleh pula hasil yang mampu berbeda lantaran beberapa keadaan. Pada kesempatan kali ini, kami bermaksud untuk mengulas mengenai salah satu alat ukur panjang dalam ilmu fisika. Dan bahan alat ukur panjang ini pun dipelajari pada mata pelajaran  fisika kelas X Sekolah Menengan Atas/MA.

Pengertian Jangka Sorong

Alat ukur panjang yang akan dibahas kali ini yaitu Jangka Sorong. Jangka Sorong yaitu salah satu alat ukur panjang yang mempunyai tingkat ketelitian sangat tinggi. Bahkan dapat dituliskan mengenai tingkat ketelitian pengukuran yang dihasilkan oleh Jangka Sorong mencapai seperseratus milimeter, sebuah angkat untuk tingkat ketelitian yang mempunyai keakuratan tinggi. Pada penggunaan alat ukur Jangka Sorong, terdapat dua kondisi ketelitian yang dihasilkan. Pada jangka sorong di bawah 30 cm, ketelitian yang sanggup dihasilkan yaitu 0.05 milimeter dan pada jangka sorong lebih dari 30 cm mempunyai tingkat ketelitian 0.01 milimeter. semenjak pertama dibuat, jangka sorong mempunyai 2 organ penting. Organ penting tersebut yang membantu alat ukur panjang ini menemukan hasil pengukuran yang akurat. penggalan pertama adalah cuilan rahang tanam (rahang membisu), yaitu cuilan jangka sorong yang letaknya permanen dan tidak sanggup digerakkan. penggalan yang kedua yaitu belahan rahang sorong/dinamis (bergerak), yaitu cuilan jangka sorong yang sanggup digerakan ke depan dan ke belakang untuk melaksanakan jarak pengukuran terhadap benda. Perhatikan gamabr di bawah ini untuk lebih terang mengenai penggalan-bagian Jangka Sorong.

Bagian-Bagian Jangka Sorong
Bagian-Bagian Jangka Sorong

Kegunaan Jangka Sorong

Setiap alat diciptakan niscaya mempunyai  kegunaan. Kegunaan tersebutlah yang akan berguna untuk membantu kerja manusia dalam hal tertentu sesuai dengan bidang alat yang diciptakan. Kegunaan dari alat ukur panjang Jangka Sorong secara umum ada 3 kegunaan, yaitu:
  • Untuk mengukur ketebalan/panjang suatu benda.
  • Untuk mengukur diameter/sisi dalam suatu benda.
  • Dan untuk mengukur kedalaman suatu lubang benda.

Ketiga kegunaan tersebut menggunakan fungsi dari cuilan jangka sorong yang berbeda. Pada gambar di atas sanggup dilihat ada 3 serpihan yang akan dipakai untuk mengukur 3 kegunaan tersebut.
  • Pada kepingan 1 digunakan untuk mengukur diameter sebuah lubang.
  • Pada belahan 2 dipakai untuk mengukur panjang atau ketebalan sebuah benda.
  • Pada potongan 3 dipakai untuk mengukur kedalaman sebuah lubang.

Setelah melihat gambar tersebut dan penjelasannya, tentu kita sudah sanggup memahami fungsi dari potongan-bagian yang lebih spesifik. Alat ukur panjang Jangka Sorong kini ini telah tersedia dalam bentuk digital dan analog.

Demikian ulasan singkat mengenai Materi Alat Ukur Panjang Jangka Sorong. supaya ulasan ini mampu menambah pengetahuan kita mengenai alat ukur panjang Jangka Sorong.

0 Response to "Materi Alat Ukur Panjang Jangka Sorong"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel