-->

Cara membuat Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang Baik


Cara Membuat Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang Baik

Pelaksanaan suatu pembelajaran di kelas tidak akan berjalan dengan baik dan efektif tanpa adanya RPP. RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran) sangat membantu para guru dalam melakukan pengajaran di kelas. lalu apakah RPP itu? Bagaimanakah Tutorial membuat RPP? Berikut adalah Tutorial membuat Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang baik.


A. Pengertian Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) ialah planning kegiatan pembelajaran tatap muka  untuk satu pertemuan atau lebih yang dikembangkan berdasarkan silabus. RPP digunakan  untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).


B. Prinsip Penyusunan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Dalam menyusun RPP, terdapat beberapa prinsip yang harus diperhatikan yaitu sebagai berikut.
1.      Partisipasi aktif para peserta asuh.
2.      Perbedaan individual peserta bimbing seolah-olah tingkat intelektual, kemampuan awal, bakat, minat, potensi, kemampuan sosial, motivasi belajar, emosi, kebutuhan khusus, gaya berguru, latar belakang budaya, kecepatan mencar ilmu, norma, nilai, dan/ atau lingkungan para akseptor ajar.
3.      Berpusat pada peserta bimbing supaya semangat mencar ilmu, motivasi, minat berguru, inisiatif, pandangan baru, kreativitas, kemandirian, dan penemuan mereka semakin meningkat.
4.      Pengembangan budaya membaca dan menulis peserta bimbing dirancang guna menyebarkan kegemaran membaca para peserta latih, pemahaman mereka terhadap beragam bacaan, dan membuatkan lisan mereka yang dituangkan dalam berbagai bentuk ukiran pena.
5.      Penerapan teknologi isu dan komunikasi secara sistematis, efektif, dan terintegrasi yang sesuai dengan situasi dan konsidi.
6.      Kompetensi dasar, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran, sumber mencar ilmu, dan penilaian harus ditekankan dalam hal keterkaitan dan keterpaduannya dalam satu keutuhan pengalaman mencar ilmu.
7.      Mengakomodasi/ menyesuaikan keterpaduan lintas mata pelajaran, pembelajaran tematik-terpadu, lintas aspek mencar ilmu, dan keragaman budaya.
8.      Rancangan kegiatan derma umpan balik faktual, penguatan, pengayaan, dan remedi yang dimuat dalam umpan balik dan tindak lanjut rencana pelaksanan pembelajaran (RPP).



C. Komponen-Komponen Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Komponen-komponen RPP yang baik dan benar ialah sebagai berikut.
1.      Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
2.      Identitas mata pelajaran atau tema/ subtema;
3.      Kelas/ semester;
4.      Materi pokok;
5.      Alokasi waktu;
(diatur dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan kompetensi dasar yang harus dicapai sesuai dengan keperluan untuk pencapaian kompetensi dasar dan beban mencar ilmu)
6.      Tujuan pembelajaran;
(menggunakan kata kerja operasional yang mampu diamati dan diukur dan dirumuskan menurut kompetensi dasar, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan)
7.      Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
8.      Materi pembelajaran;
(ditulis dalam bentuk butir – butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi yang memuat konsep, fakta, mekanisme yang relevan, dan prinsip)
9.      Metode pembelajaran;
(disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan kompetensi dasar yang akan dicapai guna mewujudkan suasana mencar ilmu dan proses pembelajaran yang efektif biar peserta asuh mencapai kompetensi dasar)
10.  Media pembelajaran;
(merupakan alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran)
11.  Sumber mencar ilmu;
(berupa buku, media cetak, dan elektro, alam sekitar, atau sumber berguru lain yang relevan dengan materi yang diajarkan)
12.  Langkah – langkah pembelajaran;
(dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup)
13.  Penilaian hasil pembelajaran.

Advertisement

D. Format Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Berdasarkan komponen RPP yang telah disebutkan di atas, format RPP sanggup ditulis sebagai beikut.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP ...)

Sekolah                       :
Mata Pelajaran            :
Kelas/ Semester          :
Materi Pokok              :
Alokasi Waktu            :

A. Kompetensi Inti
(Tulislah keempat Kompetensi Inti)

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
(Rumuskan dua atau lebih indikator pencapaian kompetensi untuk setiap KD)

C. Tujuan Pembelajaran
(Rumuskan satu atau lebih tujuan pembelajaran untuk setiap indikator pencapaian kompetensi)

D. Materi Pembelajaran
(Tulislah butir – butir materi, seolah-olah tema/ sub-tema, atau jenis teks yang dicakup untuk materi pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial)
1.      Materi Pembelajaran Reguler
2.      Materi Pembelajaran Pengayaan
3.      Materi Pembelajaran Remedial

E. Metode Pembelajaran
(Tulis satu atau lebih metode pembelaaran aktif yang efektif dan efisien yang akan diterapkan untuk memfasilitasi para peserta bimbing mencapai indikator KD)

F. Media dan materi
(Media: Tulislah jenis - jenis media pembelajaran yang dipakai ketika pembelajaran berlangsung, seakan-akan video/ film, rekaman audio, model, chart, gambar, realia, dsb).
(Bahan: Tulishlah spesifikasi semua materi yang diperlukan, contohnya nama, jumlah, atau ukuran materi)

G. Sumber mencar ilmu
(Tulislah spesifikasi semua sumber berguru, contohnya buku referensi, buku siswa, koran, majalah, narasumber, situs internet, lingkungan sekitar, dsb).

H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.      Pertemuan Pertama
a.       Kegiatan Pendahuluan
b.      Kegiatan Inti
c.       Kegiatan epilog
2.      Pertemuan Kedua
a.       Kegiatan Pendahuluan
b.      Kegiatan Inti
c.       Kegiatan penutup
3.      Pertemuan Ketiga
d.      Kegiatan Pendahuluan
e.       Kegiatan Inti
f.        Kegiatan epilog
...
(Dan seterusnya sesuai dengan jumlah pertemuan yang telah ditetapkan dalam silabus).

I. penilaian
1.      Teknik penilaian
a.       Sikap Spiritual
b.      Sikap Sosial
c.       Pengetahuan
d.      Keterampilan
2.      Pembelajaran Remedial
3.      Pembelajaran Pengayaan


Jakarta, ......... , ....................................

Mengetahui,
Kepala Sekolah ...                                                             Guru Bahasa Inggris




NIP. ...                                                                               NIP. ...



Demikianlah cara membuat Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang baik. Semoga penjelasan singkat tersebut sanggup bermanfaat. Terima kasih.

0 Response to "Cara membuat Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang Baik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel