Cara membuat Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang Baik
Cara
Membuat Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang Baik
Pelaksanaan
suatu pembelajaran di kelas tidak akan berjalan dengan baik dan efektif tanpa
adanya RPP. RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran) sangat membantu para guru
dalam melakukan pengajaran di kelas. lalu apakah RPP itu? Bagaimanakah Tutorial
membuat RPP? Berikut adalah Tutorial membuat Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) yang baik.
A. Pengertian Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
RPP
(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) ialah planning kegiatan pembelajaran tatap
muka untuk satu pertemuan atau lebih
yang dikembangkan berdasarkan silabus. RPP digunakan untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran
peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).
B. Prinsip Penyusunan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Dalam
menyusun RPP, terdapat beberapa prinsip yang harus diperhatikan yaitu sebagai
berikut.
1.
Partisipasi aktif para peserta asuh.
2.
Perbedaan individual peserta bimbing seolah-olah tingkat
intelektual, kemampuan awal, bakat, minat, potensi, kemampuan sosial, motivasi
belajar, emosi, kebutuhan khusus, gaya berguru, latar belakang budaya,
kecepatan mencar ilmu, norma, nilai, dan/ atau lingkungan para akseptor ajar.
3.
Berpusat pada peserta bimbing supaya semangat mencar ilmu,
motivasi, minat berguru, inisiatif, pandangan baru, kreativitas, kemandirian, dan penemuan
mereka semakin meningkat.
4.
Pengembangan budaya membaca dan menulis peserta bimbing
dirancang guna menyebarkan kegemaran membaca para peserta latih, pemahaman
mereka terhadap beragam bacaan, dan membuatkan lisan mereka yang
dituangkan dalam berbagai bentuk ukiran pena.
5.
Penerapan teknologi isu dan komunikasi secara
sistematis, efektif, dan terintegrasi yang sesuai dengan situasi dan konsidi.
6.
Kompetensi dasar, kegiatan pembelajaran, indikator
pencapaian kompetensi, materi pembelajaran, sumber mencar ilmu, dan penilaian harus
ditekankan dalam hal keterkaitan dan keterpaduannya dalam satu keutuhan
pengalaman mencar ilmu.
7.
Mengakomodasi/ menyesuaikan keterpaduan lintas mata
pelajaran, pembelajaran tematik-terpadu, lintas aspek mencar ilmu, dan keragaman
budaya.
8.
Rancangan kegiatan derma umpan balik faktual,
penguatan, pengayaan, dan remedi yang dimuat dalam umpan balik dan tindak
lanjut rencana pelaksanan pembelajaran (RPP).
C. Komponen-Komponen Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Komponen-komponen
RPP yang baik dan benar ialah sebagai berikut.
1.
Identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
2.
Identitas mata pelajaran atau tema/ subtema;
3.
Kelas/ semester;
4.
Materi pokok;
5.
Alokasi waktu;
(diatur dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang
tersedia dalam silabus dan kompetensi dasar yang harus dicapai sesuai dengan
keperluan untuk pencapaian kompetensi dasar dan beban mencar ilmu)
6.
Tujuan pembelajaran;
(menggunakan kata kerja operasional yang mampu diamati
dan diukur dan dirumuskan menurut kompetensi dasar, yang mencakup sikap,
pengetahuan, dan keterampilan)
7.
Kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
8.
Materi pembelajaran;
(ditulis dalam bentuk butir – butir sesuai dengan rumusan
indikator ketercapaian kompetensi yang memuat konsep, fakta, mekanisme yang
relevan, dan prinsip)
9.
Metode pembelajaran;
(disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan
kompetensi dasar yang akan dicapai guna mewujudkan suasana mencar ilmu dan proses
pembelajaran yang efektif biar peserta asuh mencapai kompetensi dasar)
10.
Media pembelajaran;
(merupakan alat bantu proses pembelajaran untuk
menyampaikan materi pelajaran)
11.
Sumber mencar ilmu;
(berupa buku, media cetak, dan elektro, alam sekitar,
atau sumber berguru lain yang relevan dengan materi yang diajarkan)
12.
Langkah – langkah pembelajaran;
(dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan
penutup)
13.
Penilaian hasil pembelajaran.
D. Format Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Berdasarkan
komponen RPP yang telah disebutkan di atas, format RPP sanggup ditulis sebagai
beikut.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP ...)
Sekolah :
Mata
Pelajaran :
Kelas/
Semester :
Materi
Pokok :
Alokasi
Waktu :
A. Kompetensi Inti
(Tulislah keempat Kompetensi Inti)
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
(Rumuskan dua atau lebih indikator pencapaian kompetensi
untuk setiap KD)
C. Tujuan Pembelajaran
(Rumuskan satu atau lebih tujuan pembelajaran untuk
setiap indikator pencapaian kompetensi)
D. Materi Pembelajaran
(Tulislah butir – butir materi, seolah-olah tema/ sub-tema,
atau jenis teks yang dicakup untuk materi pembelajaran reguler, pengayaan, dan
remedial)
1.
Materi Pembelajaran Reguler
2.
Materi Pembelajaran Pengayaan
3.
Materi Pembelajaran Remedial
E. Metode Pembelajaran
(Tulis satu atau lebih metode pembelaaran aktif yang
efektif dan efisien yang akan diterapkan untuk memfasilitasi para peserta bimbing
mencapai indikator KD)
F. Media dan materi
(Media: Tulislah jenis - jenis media pembelajaran yang
dipakai ketika pembelajaran berlangsung, seakan-akan video/ film, rekaman audio,
model, chart, gambar, realia, dsb).
(Bahan: Tulishlah spesifikasi semua materi yang
diperlukan, contohnya nama, jumlah, atau ukuran materi)
G. Sumber mencar ilmu
(Tulislah spesifikasi semua sumber berguru, contohnya buku
referensi, buku siswa, koran, majalah, narasumber, situs internet, lingkungan
sekitar, dsb).
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama
a.
Kegiatan Pendahuluan
b.
Kegiatan Inti
c.
Kegiatan epilog
2.
Pertemuan Kedua
a.
Kegiatan Pendahuluan
b.
Kegiatan Inti
c.
Kegiatan penutup
3.
Pertemuan Ketiga
d.
Kegiatan Pendahuluan
e.
Kegiatan Inti
f.
Kegiatan epilog
...
(Dan seterusnya sesuai dengan jumlah pertemuan yang telah
ditetapkan dalam silabus).
I. penilaian
1.
Teknik penilaian
a.
Sikap Spiritual
b.
Sikap Sosial
c.
Pengetahuan
d.
Keterampilan
2.
Pembelajaran Remedial
3.
Pembelajaran Pengayaan
Jakarta, ......... , ....................................
Mengetahui,
Kepala
Sekolah ... Guru Bahasa Inggris
NIP.
... NIP. ...
Demikianlah
cara membuat Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang baik. Semoga
penjelasan singkat tersebut sanggup bermanfaat. Terima kasih.
0 Response to "Cara membuat Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang Baik"
Post a Comment