-->

Contoh Soal Try Out SMP Bahasa Indonesia beserta tanggapan

Para siswa biasanya akan melakukan ujian try out sebagai persiapan menjelang ujian nasional. Oleh lantaran itu, soal – soal yang dibahas dalam ujian try out pun hampir sama dengan soal – soal yang tertera dalam UN. Berikut yaitu referensi soal Try Out SMP Bahasa Indonesia beserta kunci tanggapan.

Pilihlah salah satu tanggapan yang paling tepat!

1. Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
(1) Pada hari-hari biasa toko-toko buku sepi pembeli. (2) Perpustakaan-perpustakaan jarang didatangi pengunjung. (3) Setiap tahun buku baru yang terbit amat sedikit. (4) Keadaan ini memperlihatkan rendahnya minat baca bangsa kita.

Kalimat topik paragraf tersebut ditandai nomor ...

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

2. Perhatikan paragraf berikut!

Kerusakan hutan yang banyak terjadi di kawasan di Indonesia, khususnya di kawasan Pulau Jawa, telah mengakibatkan bencana banjir dan tanah longsor. Kerusakan hutan tersebut disebabkan oleh banyaknya pihak-pihak yang melakukan penebangan liar yang menyebabkan menurunnya fungsi hutan sebagai resapan air. Selain itu, kerusakan hutan disebabkan oleh pemilik HPH (Hak Pengusahaan Hutan) dalam pelaksanaan reboisasi.

Ringkasan isi paragraf tersebut adalah ...

A. Penyebab kerusakan hutan di Indonesia.
B. petaka yang disebabkan oleh kerusakan hutan.
C. Maraknya penebangan liar membuat kerusakan hutan.
D. Lalainya pemilik HPH dalam melakukan reboisasi.

3. Perhatikan laporan kegiatan berikut!

Kepala penyelenggara kegiatan perkemahan Sabtu dan minggu (Persami) segera menyampaikan laporan kepada ketua RW sehabis acara tersebut akibat dengan rincian sebagai berikut.

(1) Dana untuk keseluruhan kegiatan Persami didapat dari iuran peserta.
(2) Jumlah akseptor Persami 75 orang.
(3) Rangkaian kegiatan yang dilakukan selama Persami yaitu melaksanakan salat berjamaah, mendirikan tenda, , membuat api unggun, memasak sarapan sendiri, serta berlatih baris-berbaris.
(4) Perkemahan Sabtu dan ahad (Persami) dimulai pada hari Sabtu, pukul 10.00 dan berakhir pada hari minggu, pukul 15.00.

Urutan yang tepat untuk laporan kegiatan tersebut ialah ...

A. (4), (2), (3), (1)
B. (2), (4), (1), (3)
C. (4), (2), (1), (3)
D. (2), (4), (3), (1)

4. Bacalah paragraf berikut dengan seksama!

Belajar adalah kegiatan siswa yang pokok dan pertama. perihal peran pelajar atau siswa, apapun system yang diterapkan oleh pemerintah, kiprah pokok siswa tetap sama yaitu mencar ilmu secara efektip. Kreativitas siswa sangat dibutuhkan untuk menuju sukses.

Kesalahan penulisan dalam paragraf tersebut  terdapat pada kata ...

A. Diterapkan, kreativitas
B. System, efektip
C. Kreativitas, sukses
D. Diterapkan, sukses

5. Kata kerja berpartikel yang benar penggunaannya terdapat pada kalimat ...

A. ia menceritakan ihwal pengalamannya.
B. Badri terkenang kepada desanya.
C. Buku ini terdiri atas 200 halaman.
D. Tindakannya sudah sesuai pada peraturan.

6. Bacalah paragraf berikut dengan seksama!

Menjelang pukul 17.00 penghitungan bunyi di kawasan-tempat pemungutan bunyi akhir, lalu dibuatkan warta acara. Pak Camat mengumumkan akhirnya. Deni, yang bertanda gambar padi, memperoleh 789 bunyi, disusul Ranto bertanda gambar ketela dengan 535 bunyi, dan Toni bertanda gambar jangung dengan 396 bunyi. bunyi tidak sah sebanyak 42.

Kesimpulan isi warta pada paragraf di atas yaitu ...

Advertisement
A. Penghitungan suara dilakukan menjelang pukul 17.00.
B. Penghitungan bunyi dilakukan di empat tempat pemungutan bunyi.
C. Pak Camat mengumumkan Deni bertanda gambar padi, Ranto ketela, dan Toni jagung.
D. Pak Camat mengumumkan hasil pemungutan bunyi.

7. Perhatikan gambaran berikut!

Kurniawan menjadi juara pertama lomba baca puisi tingkat SMP sekabupaten. Kusumadewi ingin menjadi juara seakan-akan Kurniawan. Oleh karena itu, ia akan mewawancarai Kurniawan.

Pertanyaan Kusumadewi yang tepat untuk mewujudkan cita-cita tersebut ialah ...

A. Mengapa kau sanggup menjadi juara lomba baca puisi?
B. Bagaimana Caramu berlatih membaca puisi selama ini?
C. semenjak kapan kamu sanggup membaca puisi dengan baik?
D. Apa yang mendorongmu memgikuti lomba baca puisi?

8. Perhatikan laporan kegiatan berikut!

(1) Tujuan kegiatan
(2) Waktu dan daerah pelaksanaan kegiatan
(3) Nama dan jenis kegiatan
(4) Keuangan atau biaya kegiatan
(5) Hasil pelaksanaan kegiatan
(6) Kesimpulan dan penutup

Susunan laporan kegiatan yang tepat berdasarkan hal-hal tersebut yaitu ...

A. (1), (2), (3), (4), (5), (6)
B. (3), (1), (2), (5), (4), (6)
C. (1), (3), (4), (5), (2), (6)
D. (3), (2), (1), (4), (5), (6)

9. Kalimat yang tepat dipakai oleh seorang pembawa kegiatan untuk menyilakan pengisi kegiatan yaitu ...

A. kegiatan selanjutnya, sambutan kepala desa. Untuk itu, waktu dan kawasan saya persilakan.
B. Untuk memanfaatkan waktu, kita minta Bapak Kepala Desa memberi sambutan. Silakan, Pak!
C. aktivitas selanjutnya, sambutan kepala desa. Yang terhormat Bapak Abdul Muid admin persilakan. 
D. Untuk mempersingkat waktu, kita dengarkan sambutan kepala desa. Kepada Bapak Abdul Muid kami persilakan.

10. Paragraf berikut yang menggunakan pola hubungan alasannya jawaban yaitu ...

A. Tingkah laku Tomi yang tak senonoh membuat orang tidak bahagia padanya. Istrinya, oang yang seharusnya erat dengan Tomi tidak menyukainya. Tetangga bersahabat jarang yang mau bersahabat denga  Tomi. sahabat kantor, sahabat sekerja hanya mau berhubungan bila tidak sanggup mengelak lagi.
B. Semua mata pelajaran diikuti dan diperhatikan Yayak dengan seksama. bila ada hal-hal yang belum jelas atau belum dipahaminya, Yayak tidak segan-segan bertanya kepada sahabat sekelas dan kepada guru. Hal itu dilakukannya biar dapat bersaing memasuki SMA negeri favorit di kotanya.
C. Ica anak yang rajin dan pintar, setiap ulangan nilainya selalu baik. Tak ada sau mata pelajaran pun yang tidak disukainya. Namun, ia tidak pernah menyombongkan diri.
D. Ani anak yang bertabiat baik. Anaknya pintar, supel, dan memiliki banyak sahabat. orang rentanya sangat sayang kepadanya. Ani sangat berbakti kepada orang basi tanahnya. Alangkah senangnya jikalau semua orang bau tanah mempunyai anak seakan-akan Ani.

Kunci tanggapan:

1. D
2. A
3. A
4. B
5. C
6. D
7. B
8. D
9. C
10. A

Demikianlah pola soal Try Out SMP Bahasa Indonesia beserta jawabannya. Banyak Cara dalam mempersiapkan diri menjelang UN dan salah satunya dengan banyak berlatih soal. Semoga artikel ini bermanfaat!

0 Response to "Contoh Soal Try Out SMP Bahasa Indonesia beserta tanggapan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel