-->

Rangkuman materi Bahasa Indonesia Kelas 4 SD/MI Semester 1/2

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 4 SD/MI Semester 1/2 - Bagi adik-adik yang dikala ini sedang duduk di kelas 4 Sekolah Dasar/MI ayo lebih giat lagi belajarnya biar menjadi anak yang memiliki kegunaan bagi nusa bangsa dan yang paling penting mampu membanggakan kedua orang renta kita. Pada kelas 4 ini kalian tentu bertemu kembali dengan pelajaran bahasa indonesia.
Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 4 Sekolah Dasar/MI Semester 1/2
Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 4 - Nah pada kesempatan kali ini akan saya bagikan rangkuman materi bahasa indonesia untuk kalian akan lebih praktis dalam berguru. Berikut ini rangkuman selengkapnya.
Bab 1 Menemukan inspirasi Pokok dalam Paragaf
  • Ide pokok paragraf ialah pikiran utama dalam suatu paragraf. pandangan baru pokok paragraf bisa juga berarti inti bahasan dari suatu paragraf.
  • Meringkas berarti menulis kembali bacaan asli secara singkat. Meringkas tetap harus memerhatikan urutan isi dan sudut pandang penulisnya.
  • Hal-hal yang harus diperhatikan dalam meringkas bacaan yaitu sebagai berikut. 
    • a. Bacalah bacaan asli secara saksama. 
    • b. Pahamilah bacaan tersebut. 
    • c. Carilah pokok pikiran yang ada pada tiap-tiap paragraf. 
    • d. Segeralah untuk meringkas.
  • Manfaat bercakap-cakap atau berkomunikasi dengan orang lain adalah sebagai berikut. 
    • a. mampu bertukar isu dengan orang lain. 
    • b. Menambah gosip atau pengetahuan perihal suatu hal. 
    • c. Kita mampu menyalurkan gagasan atau pendapat wacana suatu hal kepada orang lain. 
    • d. sahabat kita menjadi bertambah. 
    • e. Kita akan semakin erat dengan teman. 
  • Tanda petik digunakan/dipakai dalam hal berikut 
    • a. Tanda petik digunakan untuk mengapit petikan pribadi yang berasal dari pembicaraan, naskah, maupun bahan tertulis lainnya. 
      • Contoh: 1) Kata Jono, “Ayo, kita segera berangkat!” 2) “Ada apa, Kak?” kata Bimo. 3) Pasal 29 ayat 1 Undang-Undang Dasar 1945 berbunyi, “Negara berdasarkan atas Ketuhanan Yang Mahaesa.” 
    • b. Tanda petik digunakan untuk mengapit judul syair, karangan, atau bagian dalam buku yang digunakan dalam kalimat. 
      • Contoh: 1) Boni menyanyikan lagu “Merah Putih” karya Ibu Sud. 2) Bacalah kisah rakyat “Terjadinya Gunung Batok” yang ada di dalam buku itu. 
    • c. Tanda petik digunakan untuk mengapit istilah ilmiah yang kurang dikenal atau kata yang mempunyai arti khusus. 
      • Contoh: 1) Pekerjaan itu harus dilaksanakan dengan Cara “coba dan ralat”. 2) Darius selalu mendapat nilai jelek pada mata pelajaran Matematika. Oleh karena itu, beliau menyebut Matematika sebagai pelajaran “seram”.

Bab 2 Cara Menulis Surat Pribadi dan Petunjuk Penggunaan Alat
  • Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis surat pribadi adalah: 
    • a. Mencantumkan nama dan alamat pengirim. 
    • b. Mencantumkan nama dan alamat tujuan. 
    • c. Isi surat tidak sulit untuk dipahami. 
    • d. Isi surat mampu berisi tentang pengalaman atau harapan. 
    • e. Surat ditulis dengan memakai ejaan yang benar.
  • Hal yang harus diungkapkan dalam menjelaskan kembali simbol kawasan kawasan atau lambang korps yaitu: 
    • a. Terdiri atas gambar apa saja simbol/lambang tersebut. 
    • b. Apa arti atau makna gambar tersebut. 
    • c. Apa makna secara keseluruhan simbol atau lambang tersebut. 
  • Gambar dalam simbol wilayah/lambang korps harus memiliki kesesuaian dengan makna yang diperlukan. 
  • Ketika kita membaca kaus atau ensiklopedi, teknik membaca yang sempurna kita gunakan yaitu teknik membaca memindai. 
  • Kata atau istilah dalam kamus/ensiklopedi disusun menurut urutan huruf. 
  • Dalam melakukan acara menjelaskan kembali petunjuk penggunaan suatu alat secara mulut, hal yang harus dikuasai terlebih dahulu yaitu pemahaman terhadap petunjuk penggunaan tersebut.

Bab 3 Tutorial Menemukan pandangan baru Pokok Teks yang Panjang
  • Tujuan membaca sekilas yaitu untuk menerima pokok-pokok pikiran yang terdapat dalam bacaan ataupun tiap-tiap paragraf secara cepat. 
  • Agar kita lancar dalam menceritakan bacaan yang kita baca, maka kita harus terlebih dahulu mengetahui pikiran pokok tiap-tiap paragraf 
  • Cara melengkapi percakapan adalah dengan memerhatikan kasus atau hal yang sedang dibicarakan. 
  • Kemampuan menjelaskan bagan sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, berlatihlah membaca dan menjelaskannya kepada sahabat atau saudara-saudaramu! 
  • Cara melengkapi paragraf atau kisah yang masih rumpang ialah dengan memerhatikan perkara atau hal yang ada dalam cerita. Selain itu, perhatikan gagasan pokok paragraf sebelum dan sehabisnya. 
  • Setiap kawasan mempunyai lambang atau simbol sendiri-sendiri. Lambang tersebut memiliki arti-arti khusus.

Bab 4 Tutorial Menulis Pentunjuk dan Tutorial melaksanakan Sesuatu Sesuai Petunjuk
  • Dalam mempraktikkan petunjuk pemakaian suatu alat, terlebih dahulu yang harus kita lakukan yaitu memahami petunjuk tersebut. 
  • Melalui petunjuk pemakaian suatu alat, kita dapat mengetahui sesuatu yang dilakukan diri kita sendiri maupun orang lain telah benar atau salah. 
  • Setelah kita memahami dan mempraktikkan petunjuk pemakaian suatu alat, langkah selanjutnya adalah menjelaskannya secara lisan kepada orang lain dengan bahasa yang baik dan benar. 
  • Bahasa yang baik dan benar mencakup hal-hal berikut. a. menggunakan bahasa Indonesia dan menghindari penggunaan bahasa tempat. b. Mengurangi penggunaan bahasa asing. c. menggunakan kalimat yang padat dan tidak berbelit-belit. d. memakai pilihan kata yang mudah dipahami. 
  • Dalam membuat penjelasan tentang Tutorial menciptakan sesuatu, hendaknya dilengkapi dengan gambar atau gambaran untuk mempermudah pembaca. 
  • Dalam membuat sebuah sketsa, hendaknya: a. dilengkapi dengan arah mata angin, dan b. tidak memakai ukuran skala.

Bab 5 Tutorial Membaca simbol lambang/gambar
  • Kegiatan membaca sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, marilah selalu kita asah kemampuan membaca kita. 
  • Keterampilan berbahasa ada empat, yaitu membaca, mendengarkan, berbicara, dan menulis. 
  • Usahakan selalu berbicara dengan bahasa yang santun. 
  • Setiap lambang atau simbol pasti mempunyai makna yang terkandung di dalamnya. 
  • Tanda baca titik dua (:) dipakai dalam teks drama setelah kata yang memperlihatkan pelaku dalam percakapan.
Bab 6 menciptakan gambar/denah sesuai isu yang di dengar
  • Membaca memindai yaitu Tutorial atau teknik membaca untuk menerima info yang diinginkan secara langsung. 
  • Berikut ini langkah-langkah mencari makna kata dalam kamus. 
    • a.  Perhatikan huruf awal kata yang akan dicari maknanya. 
    • b. Carilah huruf awal kata yang akan dicari tersebut di dalam kaus. Biasanya terletak di sebelah kanan atas kaus. Huruf-huruf tersebut sudah disusun secara urut. 
    • c. Carilah huruf kedua, ketiga, dan seterusnya hingga kata yang dicari tersebut ditemukan. 
    • d. jika kata yang dicari telah ditemukan, carilah makna katanya. Biasanya terletak di sebelah kanan kata tersebut. kalau maknanya lebih dari satu, ambillah makna kata yang sesuai dengan kalimatnya. 
  • Sebuah pengalaman perjalanan, mampu dibentuk sketsa. 
  • Apabila menjelaskan gambar haruslah dengan memakai kalimat yang runtut dan praktis dipahami. 
  • Dalam melengkapi cerita, harus ada kaitan antara dongeng yang ada dan dongeng yang akan ditulis. 

Bab 7 Menemukan Kalimat Utama pada Setiap Paragaf
  • Transportasi merupakan suatu sistem pengangkutan barang maupun manusia dari tempat satu ke tempat lain dengan menggunakan berbagai jenis kendaraan sesuai dengan kemajuan teknologi. 
  • Teknik membaca intensif adalah teknik membaca yang menitikberatkan pada dilema pemahaman yang mendalam hingga hal-hal yang rinci. 
  • Paragraf yang baik minimal terdiri atas dua kalimat. Satu kalimat sebagai kalimat utama dan satu kalimat sebagai kalimat penjelas. 
  • Kalimat utama merupakan kalimat inti dari suatu paragraf. Kalimat utama mampu berada pada awal paragraf, balasan paragraf, maupun awal dan akibat paragraf. 
  • Penulisan di sebagai awalan ditulis secara dirangkai atau tidak dipisah dengan kata yang mengikutinya. Adapun di sebagai kata depan penulisannya harus dipisah dari kata yang mengikutinya. Kata depan di berfungsi untuk menunjukkan tempat. 
  • Cara bertelepon yang menyenangkan sangat berpengaruh terhadap orang lain. Oleh lantaran itu, sikap ramah dan hormat dalam bertelepon harus kita perhatikan. kalau berbicara melalui telepon, hendaknya memakai tutur kata dan nada bunyi yang sopan serta ramah sebagaimana halnya kita bertamu atau mendapat tamu. 
  • Pantun ialah salah satu jenis puisi usang Indonesia. Pantun merupakan sastra verbal yang berkembang di aneka macam tempat di Indonesia. 
  • Ciri-ciri pantun yaitu sebagai berikut. 
    • a. Pantun terdiri atas empat baris. 
    • b. Baris pertama dan kedua disebut sampiran. 
    • c. Baris ketiga dan keempat disebut isi. 
    • d. Antara sampiran dan isi tidak ada hubungannya. 
    • e. Pantun bersajak a b a b.

Bab 8 menciptakan Pengumuman dan pantun
  • Pengumuman yaitu pemberitahuan mengenai suatu hal kepada khalayak ramai (orang banyak). 
  • Agar pengumuman dapat dengan simpel dipahami oleh pembaca, kita harus memerhatikan hal-hal berikut: 
    • a. Isi pengumuman harus terperinci. 
    • b. Kepada siapa pengumuman itu ditujukan. 
    • c. Kapan dan di mana aktivitas yang diumumkan itu dilaksanakan. 
    • d. Harus ada siapa yang membuat pengumuman tersebut. 
  • Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membaca pengumuman: 
    • a. dihentikan malu dan harus percaya diri ketika membacanya, 
    • b. jangan membacanya terlalu cepat ataupun terlalu lambat (intonasi pembacaan harus sempurna), dan 
    • c. bacalah dengan lafal yang keras dan terperinci. 
  • Topik atau tema yaitu pokok pembicaraan atau maksud yang ingin disampaikan penulis dari sebuah kisah. 
  • Langkah-langkah sebelum membuat dongeng atau karangan adalah 
    • a. memilih tema atau topik kisah, 
    • b. memilih gagasan pokok tiap paragraf, 
    • c. menciptakan kerangka karangan, dan 
    • d. mengembangkan kerangka karangan dengan menciptakan kalimat utama dan beberapa kalimat penjelas. 
  • Kata di mana merupakan kata tanya yang digunakan untuk menanyakan tempat pada sebuah kalimat tanya atau sebagai kata penghubung yang menyatakan tempat. 
    • Contoh: a. saat ini kau sedang ada di mana? b. Kitalah yang harus memilih di mana rapat itu diselenggarakan. 
  • Kata yang mana digunakan untuk bertanya atau menciptakan pernyataan yang mengandung pilihan. 
    • Contoh: a. Kelompok kerja Anda yang mana? b. Di antara dua pilihan itu, kamu pilih yang mana? 
  • Dalam berbalas pantun, kita harus mengucapkannya dengan lafal dan intonasi yang tepat supaya pantun yang kita ucapkan terasa enak didengar.

Bab 9 Tutorial Membaca nyaring suatu pengumuman dengan Intonasi yang tetap
  • Pengumuman adalah suatu pemberitahuan kepada umum wacana suatu hal yang bersifat umum. 
  • Hal yang diumumkan dalam pengumuman biasanya masalah yang sangat penting. 
  • Pengumuman dibagi menjadi dua, yaitu pengumuman formal dan pengumuman nonformal. 
  • Perbedaan pengumuman formal dan nonformal ialah terletak pada ada tidaknya kepala surat. Pada pengumuman formal terdapat kepala suratnya, sedangkan pada pengumuman nonformal tidak ada. 
  • Pantun adalah salah satu jenis puisi usang yang terdiri atas empat baris. Jenisnya antara lain pantun agama, jenaka, pesan tersirat, dll. 
  • Ciri-ciri pantun di antaranya bersajak a b a b, terdiri atas empat baris, baris pertama dan kedua disebut sampiran, baris ketiga dan keempat disebut isi.

Bab 10 Pantun dan penjelasannya
  • Pantun merupakan salah satu jenis puisi usang dalam beberapa bahasa nusantara yang terdiri atas empat baris. 
  • Semua jenis pantun terdiri atas empat baris, memiliki sajak a b a b, dan terdiri atas sampiran dan isi. 
  • Sebelum kita mengatakan pesan kepada seseorang, terlebih dahulu kita catat hal-hal penting pesan yang diterima. 
  • Dalam menyampaikan pesan harus menggunakan bahasa yang baik dan benar. 
  • Topik ialah pokok yang dibicarakan dalam sebuah karangan. 
  • Dalam kalimat tanda hubung dipakai untuk menyambung suku-suku kata dasar yang terpisah oleh pergantian baris.

Bab 11 mengatakan pesan melalui alat komunikasi
  • Telepon yaitu salah satu alat telekomunikasi modern. 
  • Pesan dalam percakapan telepon mampu disampaikan secara eksklusif maupun tidak langsung. 
  • Untuk menemukan pesan dalam sebuah percakapan di telepon, kamu harus menyimak percakapan tersebut dengan saksama. 
  • Pantun adalah salah satu alat komunikasi dalam masyarakat. 
  • Pantun terdiri atas cuilan sampiran dan penggalan isi. 
  • Dalam melaksanakan pembacaan maupun menirukan pembacaan pantun harus dilakukan dengan lafal dan intonasi yang sempurna. 
  • Lembaran pengumuman sering kita temukan di papan pengumuman atau di tempat- tempat umum. 
  • Bagian-bagian pengumuman, antara lain 
    • a. kepala pengumuman, 
    • b. goresan pena pengumuman, 
    • c. nomor pengumuman (jika ada), 
    • d. isi pengumuman, dan 
    • e. pihak yang membuat pengumuman.
Baca Juga : Rangkuman Materi PKn Kelas 4 SD Semester 1 dan 2
Semoga rangkuman atau ringkasan singkat materi bahasa indonesia kelas 4 Sekolah Dasar/MI ini mampu memberikan manfaat baik bagi penerima didik atau pendidik.

0 Response to "Rangkuman materi Bahasa Indonesia Kelas 4 SD/MI Semester 1/2"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel