-->

Contoh Paragraf Persuasi Beserta Pengertian dan Ciri-Cirinya

Contoh Paragraf Persuasi Beserta Pengertian dan Ciri-Cirinya - Paragraf persuasi yaitu paragraf yang tujuan utamanya mengajak seseorang untuk melakukan atau mempercayai sesuatu hal seakan-akan apa yang disampaikan oleh penulis dalam tulisannya. Paragraf ini bersifat subjektif yaitu berupa pandangan atau pendapat penulis eksklusif perihal suatu masalah yang ingin disampaikan. Oleh lantaran itu, untuk menyakinkan para pembacanya, paragraf ini harus disertai dengan data – data pendukung seperti fakta, tumpuan, dan lain – lain. Bentuk – bentuk paragraf persuasi ialah slogan, himbaun, dan lain – lain.

Ciri – Ciri Paragraf Persuasi

Sebelum mempelajari ciri – ciri paragraf persuasi, perhatikanlah referensi paragraf persuasi berikut ini terlebih dahulu.

Ayo menabung!

Menabung atu menyimpan uang yaitu perilaku yang patut kita tanam di dalam diri kita sendiri. Dengan menabung, kita mampu mempersiapkan segala kemungkinan yang akan terjadi di lalu hari seolah-olah sakit, dan untuk keperluan mendadak lainnya. Tak hanya itu dengan menabung atau menyisihkan sedikit uang bisa membentuk langsung yang irit. Bahkan dengan menabung kita juga mampu menjalani hidup mampu berdiri diatas kaki sendiri dan terlepas dari tanggungan orang kedaluwarsa tanah. Oleh lantaran itu, marilah kita menanamkan budaya menabung di dalam diri kita sehingga. Sisihkanlah uang kita walaupun sedikit dan berhematlah karena kita tidak mengetahui apa yang akan terjadi di lalu hari.

Setelah membaca paragraf persuasi di atas, sudahkan terbayang ciri – ciri dari pargaraf persuasi? bila kita perhatikan, paragraf persuasi mempunyai ciri – ciri sebagai berikut:

1. Merupakan jenis paragraf adonan yang mempunyai dua kalimat utama pada penggalan awal dan akibat paragraf.
2. Paragraf persuasi bersifat mengajak pembacanya untuk melakukan apa yang dikatakan oleh penulis di dalam tulisannya.
3. agar pembaca mau mengikuti apa yang dikatakan oleh penulisnya, paragraf ini menyajikan alasan – alasan pendukung berupa fakta, maupun opini yang meyakinkan.
4. Di dalam paragraf banyak terkandung kalimat – kalimat usul berupa “ayo”, “mari”, dan imbuhan –lah seakan-akan “lakukanlah”, “tanamkanlah”  dan lain – lain.

Advertisement
Macam – Macam Paragraf Persuasi

Paragraf persuasi sendiri banyak digunakan dalam bidang pendidikan, periklanan, maupun politik.

1. Paragaraf Persuasi Pendidikan

Jenis paragraf persuasi banyak dipakai dalam dunia pendidikan. lantaran sifatnya yang mengajak, sasaran pembacanya merupakan siswa – siswa maupun pihak – pihak yang terlibat di dalam dunia pendidikan.

Tuntulah Ilmu Setinggi Mungkin!

Ilmu adalah sesuatu yang sangat berharga di dunia ini. Bahkan ilmu sanggup mengangkat derajat insan baik di dunia maupun di akherat. Ilmu mampu membantu kita untuk mewujudkan cita – cita di dunia dan dengan ilmu juga kita bisa bermanfaat bagi seluruh makhluk hidup di dunia ini. Bahkan nabi Muhammad SAW sendiri pun menganjurkan untuk menuntu ilmu sepanjang hidup kita dari lahir hingga liang lahat. Oleh karena itu, marilah kita menuntut limu setinggi mungkin supaya kita sanggup membuatkan manfaat bagi seluruh kehidupan di dunia ini. Tuntutlah ilmu dan jadikanlah diri dan sikap kita sebagai orang yang pintar lantaran orang yang pandai mempunyai pandangan yang lebih di mata Allah SWT.

2. Paragraf Persuasi Periklanan

Paragraf ini biasa dipakai untuk keperluan periklanan yang dibentuk untuk mensugesti konsumen membeli produk yang diiklankan.

Anda sering merasa lelah dan tak bersemangat menjalani hari? Itu tandanya anda menderita kekurangan darah merah sehingga terhambatnya pembentukan energy di dalam badan Anda.

Oleh lantaran itu, segeralah minum Hemoglobin Pil untuk menambah sel darah merah di dalam tubuh Anda. Rasakanlah manfaat yang akan Anda dapatkan dan Raihlah mimpi Anda dengan bersemangat!

3. Paragraf Persuasi Politik

Paragraf ini dibuat untuk kepentingan politik yang digunakan untuk mempengaruhi pembacanya supaya mempunyai pandangan yang sama dengan penulisnya.

Mari sukseskan pemilu 2015

Pemilihan umum akan segera dilaksanakan, marilah kita sukseskan pemilu ini dengan menentukan pemimpin yang adil dan berjiwa besar. Janganlah menjadi golput dengan menyia – nyiakan hak bunyi Anda lantaran nasib bangsa kita lima tahun ke depan berada di tangan Anda. Luangkanlah 5 menit waktu Anda atau Anda akah hidup dengan menderita 5 tahun ke depan!  Ayo pilih pemimpin yang baik!

0 Response to "Contoh Paragraf Persuasi Beserta Pengertian dan Ciri-Cirinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel