-->

Kisah Legenda Nyi Roro Kidul Secara Singkat dan terang

Kisah Legenda Nyi Roro Kidul Secara Singkat dan terang - Nyi Roro Kidul ialah sebuah legenda yang begitu terkenal dan terus diceritakan hingga dikala ini. Yuk kita baca dongeng berikut ini. :)

Nyi Roro Kidul

Alkisah pada zaman dahulu, ada seorang putri yang sangat bagus jelita laksana bidadari dari khayangan yang berjulukan Dewi Kadita. dia merupakan putri kesayangan dari Raja Padjajaran, Munding bau. Selain mempunyai paras yang sangat anggun, Dewi Kadita juga sangatlah baik. ia sangat baik dan ramah kepada semua orang. Kecantikan paras dan keelokan tubuhnya pun telah tersebar ke seluruh penjuru negeri.

Meskipun sang raja memiliki putri yang sangat manis, dia tidak merasa bahagia. Raja sedih karena hingga ketika ini belum dikaruniai oleh anak laki-laki sebagai putra mahkota sebagai penerus tahtanya. kesannya sang raja tetapkan untuk menikahi lagi dengan Dewi Mutiara biar menerima anak laki-laki yang gagah perkasa sebagai penerus tahta.

Pada awalnya, Dewi Mutiara sangat baik kepada Dewi Kadita untuk menerima cinta ayahnya. Namun setelah menikah, Dewi Mutiara menandakan sifat aslinya. Terlebih lagi ketika Dewi Mutiara dikaruniai oleh seorang anak laki-laki. Dewi Mutiara pun semakin jahat kepada Dewi Kadita. dia takut jika Dewi Kadita akan menjadi penghalang bagi anaknya untuk menjadi penerus tahta. Hari demi hari Dewi Mutiara semakin khawatir, bahkan ia mulai berani meminta pribadi kepada raja untuk mengasingkan Dewi Kadita dari istana. “Tuanku, saya ingin kau mengasingkan Dewi Kadita dari istana ini,” pinta istrinya. Mendengar ajakan itu, Raja Munding amis menjadi marah. dia menolak dan memarahi istrinya tersebut.

Dewi Mutiara pun semakin dendam kepada anak tirinya tersebut. ia terus memutar otak untuk mengusir Dewi Kadita. Hingga pada akibatnya, ia memutuskan untuk pergi menemui seorang dukun untuk mencelakai Dewi Kadita. “Aku ingin kamu mencelakai Dewi Kadita hingga ia terusir dari istana ini,” perintah Dewi Mutiara. Sang dukun pun menyanggupi usul dirinya. kemudian dukun itu menyanggupinya lantaran dirinya dijanjikan  untuk diberikan hadiah jikalau berhasil.
Advertisement

Setelah beberapa hari, dukun itu mulai menjalankan aksinya. dia mulai mengguna-guna Dewi Kadita dengan mengirimkan sebuah angin yang telah diberi mantra olehnya. Ketika Dewi Kadita sedang tertidur, angin itu masuk dan mengenai tubuhnya. Keesokan paginya ketika dia terbangun, betapa terkejutnya ia melihat dirinya di cermin. Semua tubuhnya dipenuhi oleh koreng dan bisul yang berbau bau. Sudah berapa banyak tabib istana yang tiba untuk mengobatinya, namun tetap juga gagal. Mereka mengatakan bahwa penyakit itu bukanlah penyakit biasa melainkan sebuah guna-guna.

Hari demi hari penyakit Dewi Kadita semakin parah dan mulai mengeluarkan basi busuk. ia pun sudah mulai putus asa dengan keadaan dirinya. sehabis melihat kesempatan ini, Dewi Mutiara merasa senang. ia mulai menghasut raja untuk mengasingkan anak kesayangannya itu dari istana. beliau mengatakan bahwa penyakit tersebut akan mengakibatkan imbas jelek terhadap anak laki-laki mereka dan kerajaan.

Pada awalnya sang raja tetap menolaknya, namun setelah didesak oleh istrinya tersebut sang raja pun luluh juga. Dewi Kadita yang mengetahui tersebut merasa sangat sedih dan beliau pun pergi meninggalkan istana dengan sendirinya. ia pergi dari kerajaan itu dan terus berjalan sangat jauh. Mengetahui anak tirinya telah pergi dari istana, Dewi Mutiara bahagia bukan kepalang. dia pun merasa lega lantaran rencananya akan berjalan dengan mulus. Namun, sang raja tetap merasa duka lantaran kehilangan putri kesayangannya itu.

Siang malam Dewi Kadita berjalan di seluruh negeri. Kecantikan paras dan keelokan tubuhnya telah mengilang. Tak jarang ia selalu menerima penolakan dan hinaan selama perjalanannya. Semakin jauh ia berjalan, hingga kesudahannya ia hingga di sebuh tebing yang berbatasan pribadi dengan lautan. Dewi Kadita pun bengong memandangi baharian yang luas itu. setelah beberapa dikala, Dewi Kadita mendengar bisikan suara yang menyuruhnya untuk terjun ke maritim. lantaran merasa frustasi, Dewi Kadita pun melompat ke arah maritiman.

Setelah melompat, keajaiban pun terjadi tubuhnya yang penuh koreng dan bisul kembali menjadi bersih dan bagus. Hingga jadinya Dewi Kadita berubah wujud menjadi penguasa maritiman itu. dia pun menguasai seluruh maritim Selatan dan mendirikan kerajaan ghaib di sana. Hingga kini kerajaan tersebut dipercayai masih ada dan Dewi Kadita itu pun dikenal sebagai Ratu Kidul atau Ratu Pantai Selatan.

***

Kisah Nyi Roro Kidul ini termasuk ke dalam cerita legenda dan masih dipercayai oleh sebagian masyarakat Indonesia. Bahkan ada beberapa versi yang menceritakan perihal asal-usul Nyi Roro Kidul. kisah-cerita tersebut ada yang berupa versi jawa, versi sunda dan bahkan versi batak. Dongeng di atas yaitu salah satu kisah Nyi Roro Kidul versi Sunda sebagai materi rujukan Anda.

0 Response to "Kisah Legenda Nyi Roro Kidul Secara Singkat dan terang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel